Cara Membuat password yang kuat

Saat ini berbagai aktifitas berselancar secara online tidak terlepas dari registrasi yang memerlukan password bagi email, akun belanja, transaksi pembayaran perbankan dan online dan lain sebagainya. Pembuatan password bukanlah perkara mudah, karena harus kuat sehingga tidak mudah untuk diretas sehingga disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tidak dapat dipungkiri, lebih mudah untuk membuat dan mengingat password yang sederhana, tetapi ini beresiko pada keamanan online Anda. Idealnya adalah password yang Anda buat sebaiknya tidak sulit Anda ingat, namun sulit ditebak orang lain

Mengapa Anda membutuhkan password yang kuat ?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa saya membutuhkan password yang kuat? Saat ini mulai banyak pihak yang mencoba mencari keuntungan dengan mencoba mencuri akun Anda sehingga mereka dapat mengakses atau mencuri informasi-informasi Anda dan  tindakan ini umumnya dikenal sebagai hacking (meretas). Kata sandi yang kuat adalah salah satu cara untuk mempertahankan akun dan informasi pribadi Anda dari hacker.

Beberapa tips membuat password yang kuat

Membuat password yang kuat mutlak dilakukan saat ini untuk menghidari hacking mengambil alih akun Anda, beberapa hal penting untuk dipertimbangkan saat membuat password :

  • Jangan pernah menggunakan informasi pribadi Anda untuk membuat password. Seperti nama keluarga, ulang tahun anggota keluarga, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan data yang berbentuk cetak atau fisik, karena informasi ini umumnya dapat diakses publik, sehingga orang lain lebih mudah menebak password Anda.
  • Gunakan password yang panjang, minimal 6 digit, semakin panjang dan banyak kombinasi huruf, angka dan simbol, semakin susah ditebak password Anda.
  • Jangan menggunakan satu password untuk semua akun Anda. Jika haker bisa menemukan kata sandi pada satu akun Anda, maka akun-akun Anda lainnya akan dapat diambil.
  • Gunakan kombinasi angka, simbol, huruf kapital dan kecil dan minimal 10 kombinasi.
  • Usahakan tidak menggunakan kata-kata yang dapat ditemukan di dalam kamus. Misalnya, berenang1 merupakan password yang lemah.
  • Password dengan 10 kombinasi adalah password yang kuat, bila Anda mengalami kesulitan membuat password ini, maka Anda dapat menggunakan aplikasi password generator.

Beberapa kesalahan password pada umumnya

Biasanya, kebanyakan orang membuat password mengandung mengandung nama keluarga, tanggal kelahiran, hobi, alamat rumah dan lain sebagainya yang melekat pada dirinya. Password ini memang mudah diingat, tetapi kurang aman digunakan. Kita akan mempelajari beberapa kesalahan dalam membuat password pada umumnya.

Password : ono12ana05

Ini adalah kombinasi password dari panggilan nama Anak dan tanggal kelahirannya. kata sandi ini menggunakan informasi pribadi terlalu banyak yang melekat dengan Anda dan banyak diketahui pleh orang terdekat dan ditemukan pada social media Anda. Password ini akan mudah ditebak oleh para haker yang sudah biasa meretas akun.

Alternatif bila Anda menggunakanpassword ini dengan menambahkan simbol dan huruf kapital, seperti : oNo12@aNa05%

Password : k3m4n6

Password ini terlihat tidak mudah diretas, tetapi sebenarnya ini sangat mudah diretas karena masih menyangkut alamat jalan rumah tempat tinggal dengan kombinasi huruf dan simbol dan hanya terdiri dari 6 huruf password, Anda bisa bayangkan berapa banyak yang mengetahui Anda tinggal dan informasi ini diketahui beberapa orang melalui internet.

Anda dapat menggunakan pasword ini sebenarnya, tetapi dengan kombinasi yang lebih rumit dan menjadi 9 digit, seperti K3#m4$N6^

Password : 123abccba321

Pola seperti ini memang mudah diingat, namun mudah ditebak juga oleh hacker yang mencoba meretas akun Anda. Password ini menggunakan pola yang sederhana, sehingga mudah diingat dan diketik pada keyboard. Jangan menggunakan pola tersebut, gunakan angka acaak dan huruf acak, seperti : 1@3#qBp0)9(8*

Password : 1PassWordAkun

Menggunakan Password yang sama untuk semua akun saya, ini adalah cara yang salah. Memang memudahkan Anda mengingat satu password, tetapi bila satu akun Anda berhasil diretas, maka Akun Anda yang lainnya dalam bahaya. Gunakan paswoord berbeda-beda untuk setiap akun dan gunakan kombinasi password yang unik untuk setiap akun Anda.

Saat ini beberapa webside mulai menerapkan :

  • TwoFactor Authentication (2FA) adalah fitur keamanan akun online dimana kita akan melakukan verifikasi identitas sebanyak minimal 2 kali, ini biasanya dikombinasikan dengan password dan kode khusus melalui SMS.
  • OTP atau One-Time Password adalah kode verifikasi atau kata sandi sekali pakai yang terdiri dari 6 digit karakter (seringkali angka) unik dan rahasia yang umumnya dikirimkan melalui SMS atau e-mail.

Untuk dapat mengakses akun Anda dari perangkat lain selain smarphone dengan mengirim 2FA atau OTP kepada Anda untuk memastikan bahwa memang benar Anda sedang menggunakan perangkat selain smartphone Anda. Jangan pernah memberikan kode OTP kepada orang lain apapun yang terjadi atau memberikan akses  2FA yang muncul di smartphone Anda bila Anda tidak merasa membuka akun Anda selain di smartphone Anda.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: