6 Tips Agar Bekerja di Rumah Terasa Menyenangkan

Akibat coronavirus, hidup di sekeliling Anda mulai terasa ganjil. Social distancing, e-learning dan work from home bergaung di mana-mana, sehingga untuk sementara Anda tidak bisa nongkrong bersama teman atau menikmati film di bioskop. Bos menyuruh Anda bekerja dari rumah. Juga, seiring dengan diliburkannya sekolah-sekolah, Anda kini harus mengurus anak-anak.

Akan tetapi, terkurung di rumah tidaklah seburuk itu. Masih ada banyak hal yang bisa dilakukan agar hidup tetap seimbang, meskipun ada hal-hal tertentu yang perlu penyesuaian. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba agar waktu di rumah terus produktif dan menyenangkan.

1.Buat jadwal

Seperti di kantor, Anda tetap membutuhkan pembagian waktu untuk menentukan kapan saatnya bekerja, kapan waktunya bermain dengan anak, dan lain-lain. Buatlah jadwal harian agar hari-hari Anda menjadi terstruktur dan jelas, sehingga Anda mengetahui progres dari setiap pekerjaan dan aktivitas Anda. Hasilnya, Anda mampu mengelola waktu dengan maksimal, karena Anda mengetahui prioritas Anda. Pembagian waktu yang tepat akan menjadikan hari tetap terasa produktif dan bermanfaat.

2. Tetapkan batas bagi Anda dan anak-anak

Pada saat seperti ini Anda akan banyak berbagi tempat dengan anak Anda. Sebagai hasilnya, suka atau tidak, Anda memerlukan batasan bagi diri Anda sendiri. Ini penting agar semua tugas dapat selesai dengan baik dan tepat waktu. Anda bisa menjadikan satu ruangan atau tempat khusus di mana Anda dapat mengurus semua pekerjaan tanpa banyak gangguan.

Buat juga space tersendiri untuk anak di mana mereka bisa belajar atau bermain selama Anda bekerja. Dengan pembagian ruang dan batas yang jelas, Anda dapat bekerja tanpa banyak gangguan, dan anak pun tetap senang.

3. Bermain dan menghabiskan waktu bersama keluarga

Sisi baiknya, Anda punya lebih banyak kesempatan bersama keluarga. Jika Anda sudah berkeluarga dan energi dan waktu Anda habis karena pekerjaan, kini Anda dapat menciptakan lebih banyak kenangan manis bersama pasangan, anak, atau anggota keluarga lain. Lakukan apa saja – bermain video game, membaca buku, memasak, atau menonton film bersama di rumah. Hubungan Anda dan keluarga pun lebih dekat dan akrab. Tapi, jangan lupa mengarahkan anak untuk belajar, ya.

4. Bersosialisasi secara online

Social distancing dapat mendekatkan Anda dan keluarga, karena Anda lebih banyak tinggal di rumah. Tetapi bagaimana dengan teman-teman Anda? Jika Anda mencari rasticive dari berkumpul dan hang out, memanfaatkan teknologi bisa menjadi jawaban. Tersedia banyak aplikasi untuk memudahkan Anda dan berkomunikasi dengan teman dan sahabat, seperti Zoom, Google Hangout, Skype, dan lain-lain. Memang, beda rasanya dibandingkan dengan ngopi bersama atau berbagi makanan di atas satu meja, tetapi yakinlah bahwa kumpul-kumpul online pun bisa tetap fun.

5. Mencoba self-care

Tidak bisa dipungkiri, bekerja dari rumah tetap akan membuat Anda akan merasa jenuh. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa 41% orang yang bekerja secara remote melaporkan tingkat stres yang tinggi, sementara hanya 25% pekerja kantoran yang merasa demikian. Ini dikarenakan oleh tidak adanya batasan yang jelas antara pekerjaan dan hidup pribadi bagi mereka yang bekerja dari rumah.

Jika kejenuhan itu tiba, mungkin Anda perlu beristirahat. Take a break! Berhentilah sementara dari semua pekerjaan Anda. Menjauhlah sejenak dari media sosial dan internet. Cobalah bermeditasi, mendengarkan musik yang tenang, mewarnai buku bergambar, atau membaca. Dijamin, Anda pun akan lebih bertenaga dan termotivasi setelah beristirahat sejenak.

6. Menjaga kualitas udara di rumah

Sayangnya, bekerja dari rumah berarti terekspos dengan tingkat polusi yang lebih tinggi. Lho, kok bisa? Ternyata, udara di dalam rumah Anda bisa saja terpolusi 5 kali dibandingkan udara di luar rumah. Ini dikarenakan banyak rumah saat ini tidak dilengkapi dengan ventilasi yang memadai, sehingga udara terpolusi sulit untuk keluar. Belum lagi jika tingkat kelembaban tidak ideal (di antara 45% – 65%RH), tinggal di rumah bisa-bisa jadi tidak nyaman.

Pastikan udara di dalam rumah sehat dan bersih dengan Blueair, alat pembersih udara ternama dari Swedia. Didukung dengan teknologi HEPASilentTM, Blueair efektif menyaring berbagai macam polutan sehingga Anda dan keluarga tetap sehat dan aman.

Jika Anda sering menggunakan AC di dalam ruangan, tingkat kelembaban dapat turun secara drastis. Dengan alat pelembab udara Boneco, Anda dapat menikmati udara yang tidak hanya bersih, tetapi juga nyaman.

Masih Ada Harapan

Di balik semua itu, setidaknya masih ada hal-hal baik. Bekerja dari rumah berarti Anda tidak perlu bangun pagi-pagi untuk berangkat ke kantor. Anda jadi lebih dekat dengan orang-orang terkasih, utamanya si buah hati. Lebih banyak waktu di rumah juga adalah kesempatan baik untuk merenung dan refleksi diri, agar ke depannya bisa lebih baik lagi.

 Stay home, stay safe, and stay healthy.

Dapatkan berbagai perangkat Air Purifier ternama seperti Blueair dan Boneco hanya di Bhinneka.com dengan harga yang menarik dan pastinya bergaransi resmi yang dilengkapi dengan service center terpercaya.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: