Cara Tepat Membersihkan Ruangan Agar Terhindar Dari Coronavirus

  • Mewabahnya coronavirus jenis SARS-CoV-2 membuat kebersihan, termasuk kebersihan dalam ruangan, menjadi hal yang penting.
  • Virus dapat hidup pada berbagai permukaan di dalam ruangan, terutama perabot dan benda yang sering disentuh.
  • Membersihkan dari kotoran dan disinfeksi kuman penyakit sangat dianjurkan untuk mencegah penularan virus. 
  • Gunakan kesempatan ini untuk lebih dekat dan akrab dengan anggota keluarga Anda.
  • Pembersih dengan teknologi uap (steam cleaner) merupakan pilihan tepat untuk membersihkan dan disinfeksi. 

Pandemi coronavirus meningkatkan kesadaran kita semua akan pentingnya kebersihan. Sebagai contohnya, mencuci tangan dengan benar pun menjadi populer, baik dengan menggunakan sabun maupun sanitizer.

Namun, selain kebersihan pribadi, kebersihan dalam ruangan juga layak diperhatikan, mengingat porsi waktu yang dihabiskan di dalam ruangan jauh lebih besar dibandingkan dari di luar ruangan.

Mungkin Anda membayangkan penularan hanya melalui udara, karena virus seringkali bersifat airborne. Tergantung suhu dan tingkat kelembaban udara, hal ini memang benar, akan tetapi pada waktunya, virus akan hinggap pada permukaan, sehingga Anda akan dapat terinfeksi jika tanpa sengaja menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah berkontak dengan permukaan tersebut.

Memakai alat pembersih udara memang memperkecil potensi infeksi dari udara, namun penting diketahui bahwa virus dan bakteri dapat bertahan hidup berhari-hari di atas permukaan. Sehingga dibutuhkan pembersihan secara lebih menyeluruh untuk mengurangi risiko penularan.

Bagaimana caranya? Mari simak beberapa fakta berikut.

Berapa lama coronavirus SARS-CoV-2 bisa bertahan pada perabot dan barang?

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah seberapa lama virus SARS-CoV-2 dapat hidup pada permukaan yang berbeda. Pada tembaga, SARS-CoV-2 dapat bertahan hingga 4 jam, 24 jam pada kotak kardus, dan tiga hari pada plastik dan stainless steel.

Seberapa lama virus dapat hidup tergantung pada suhu dan kelembaban udara. Virus pada umumnya dapat hidup pada suhu 4°C hingga 60°C, dan menyebar lebih pesat pada kelembaban udara rendah (RH <45%) dan tinggi (RH >65%).

Apakah membersihkan dengan cara biasa saja cukup untuk melenyapkan virus?

Tidak, membersihkan kotoran dan melenyapkan virus harus dilakukan dengan cara yang berbeda. Center of Disease Control (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan untuk melakukan cleaning (membersihkan kotoran) dan disinfecting (disinfeksi, membunuh virus dan bakteri), sehingga ruangan tidak hanya bersih, namun juga bebas dari bibit penyakit.

Jadi, keduanya sama penting untuk dilakukan. Namun, harap diingat, kotoran yang menempel harus dibersihkan terlebih dahulu. Penggunaan cairan untuk disinfeksi akan menjadi kurang efektif jika permukaan penuh dengan kotoran.

Barang atau tempat mana saja yang harus saya bersihkan?

Mulailah dari perabot dan barang yang sering digunakan atau disentuh. Gagang pintu, pegangan tangga, alat makan, remote control TV, dan keran air adalah contohnya. Ponsel dan keyboard komputer (termasuk komputer tablet), meskipun lebih bersifat personal, juga perlu dibersihkan mengingat frekuensi pemakaiannya cukup tinggi.

Selain pada barang-barang yang ada di atas, bibit penyakit lain seperti bakteri dan jamur tetap bisa berkembang di tempat lain, utamanya pada perabot berbahan kain seperti kasur, sofa, kursi, dan karpet. Pastikan untuk tetap membersihkan perabot-perabot tersNamun, menggunakan bahan kimia berpotensi menimbulkan efek samping dari segi kesehatan Anda maupun kondisi barang dan perabot, terutama yang berbahan sensitif seperti kain.

Alat pembersih berteknologi uap panas (steam cleaner) seperti Steamkleen merupakan alternatif tepat bagi Anda yang ingin rumah tetap bersih dengan cara praktis. Uap panas hingga 160°C yang dihasilkan tidak hanya ampuh melenyapkan kotoran, tetapi sekaligus membunuh virus dan bakteri, sehingga rumah bersih dan sebagian besar kuman mati, tanpa menggunakan bahan kimia.

Di tengah semakin mewabahnya coronavirus, baik kebersihan diri maupun kebersihan rumah menjadi begitu penting. Lingkungan yang sehat menolong Anda untuk mencegah infeksi virus, terutama di dalam rumah Anda.

Dapatkan berbagai produk Air Purifier Blueair, Stadler Form dan Boneco yang sudah terbukti ampuh untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan yang berimbas kepada kesehatan Anda baik di rumah maupun di ruangan kantor. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bhinneka.com dengan harga menarik, garansi resmi dan didukung dengan layanan purna jual.

3 komentar

  1. Betul banget, saya setiap harinya pasti membersihkan setiap sudut ruangan mulai dari pake alat steamkleen, dan selalu menanyakan pembersih udara, agar udara tetap segar, dan tentunya menjaga banget buat kesehatan saya sekeluarga.

    Suka

  2. selain memakai pembersih udara untuk membunuh virus yang bertebaran di udara,saya menggunakan pembersih uap untuk membersihkan perabotan perabotan yang ada di rumah agar virus yang menempel di perabotan rumah bebas dari virus,dan bakteri.

    Suka

  3. Saya juga menggunakan steamkleen karena bukan cuma untuk membunuh virus, bakteri dan kuman tapi juga membantu saya membersihkan permukaan yang berkerak yang susah dihilangkan dengan cara manual. Itu makanya saya pakai juga steamkleen.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: