Daftar Perlengkapan yang Harus Dibawa oleh Jemaah Umroh

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum berangkat umroh ke tanah suci. Salah satunya adalah memastikan Anda telah siap untuk membawa apa saja perlengkapan yang harus dibawa selama perjalanan umroh. Walaupun biasanya biro perjalanan umroh sudah memberikan list apa saja yang harus dibawa, namun banyak dari jemaah menyepelekan hal tersebut. Penting bagi Anda untuk menyempatkan waktu khusus mengemas perlengkapan – perlengkapan tersebut. Tentunya juga supaya konsentrasi Anda saat beribadah tidak terganggu karena adanya kelupaan bawa sesuatu dan lain hal.

Daftar perlengkapan yang bisa Anda persiapkan untuk dibawa dalam perjalanan ke tanah suci :

  1. Dokumen Penting

Hal paling penting yang harus dipersiapkan untuk berangkat umroh adalah dokumen – dokumen yang berkaitan dengan jemaah. Visa, Paspor, Tiket Perjalanan PP, Kartu Identitas, dan segala kelengkapan administratif yang diberikan oleh biro perjalanan umroh wajib untuk dibawa.

Kemas segala dokumen (kecuali kartu Identitas) dalam sebuah map agar mudah dicari. Dengan dokumen yang sudah tertata dengan baik, insyaAllah Anda akan lebih siap untuk menjalani ibadah umroh tersebut.

Oh ya, jangan lupa untuk selalu membawa uang untuk ditukarkan di money changer setempat. Biasanya perwakilan biro perjalanan umroh juga akan memandu Anda tentang bagaimana cara bertukar uang di sana.

  1. Jadwal dan Detail Kegiatan

Umumnya, calon jemaah akan mendapatkan schedule selama berada di tanah suci. Tujuannya supaya segala sesuatunya akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang direncanakan.

Untungnya nih, di era multimedia yang super canggih seperti ini, jadwal harian Anda bisa langsung di forward ke smartphone Anda masing – masing. Jadi gak perlu ribet bawa lembaran kertas yang lebih berpotensi untuk ketinggalan.

  1. Alat Komunikasi

Alat komunikasi ini bukan hanya smartphone saja, namun juga lengkap dengan kartu telepon yang bisa berfungsi dengan baik di sana. Sebenarnya menggunakan kartu telepon dari Indonesia juga bisa. Hanya saja, tarif roaming yang super mahal malah akan menyiksa.

Tentunya ada juga kemudahan yang bisa dimanfaatkan dalam memanfaatkan alat komunikasi. Biasanya di setiap tempat menyediakan WiFi. Jadi Anda juga bisa menghemat biaya untuk komunikasi dengan cara nebeng WiFi yang sudah tersedia.

Oh ya, ada baiknya jika Anda memiliki buku telepon yang berisikan nomor orang – orang terdekat dengan Anda, hanya sebagai antisipasi jika ponsel Anda rusak ataupun hilang selama menjalankan umroh.

Jangan lupa juga untuk mencatat nomor telepon teman jemaah yang sekamar dengan Anda, dan juga pemimpin rombongan. Jadi sewaktu – waktu Anda membutuhkan mereka, Anda bisa langsung menghubunginya.

  1. Perlengkapan Pribadi

Di antaranya ada pakaian, peralatan mandi, persiapan pakaian untuk malam hari, pakaian untuk siang hari, pembalut / pantyliner bagi jemaah wanita, dan berbagai kebutuhan harian yang biasanya Anda gunakan. Untuk menghemat tempat, shampoo, sabun, dan pasta gigi yang dibawa bisa menggunakan yang berukuran kecil. Toh ibadah umroh tidak selama haji. Bahkan akan lebih baik jika dalam kemasan sachet, walaupun biasanya juga sudah disediakan oleh pihak hotel.

Jika dirasa butuh, membawa perlengkapan tidur seperti selimut favorit juga bisa menjadi tambahan barang bawaan. Selain itu bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit tertentu bisa juga membawa obat – obatan pribadi dan juga berbagai suplemen kesehatan.

  1. Perlengkapan Ibadah

Tentunya yang gak boleh ketinggalan adalah perlengkapan ibadah Anda. Umumnya perlengkapan ibadah akan meliputi buku panduan doa dan dzikir umroh. Gunting kuku dan gunting kecil untuk persiapan ihram dan tahallul.

Untuk jemaah wanita, disarankan untuk membawa 2 set mukenah dan juga 2 set pakaian ihram. Begitu pula untuk jemaah pria. 2 Set kain ihram dan ikat pinggang wajib untuk dipersiapkan untuk pergi umroh.

Dan jangan lupa, peralatan yang tajam seperti gunting kuku dan gunting jangan dimasukkan kedalam kabin pesawat ya. Kemas benda tajam di dalam tas yang akan masuk ke dalam bagasi. Biasanya beberapa perlengkapan dasar dan koper ini sudah termasuk dalam biaya umroh. Jadi Anda tak usah khawatir untuk menambah biaya lagi.

Apakah sekarang Anda sudah mempunyai gambaran jelas tentang apa saja yang harus dibawa? Kalau iya, segera buat check list untuk mempermudah Anda mengatur barang – barang bawaan Anda.

Okay, kalau begitu selamat berumroh ya. Semoga perjalanan umroh Anda nanti lancar dan mendapatkan keberkahan. Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan ibadah umroh. Tunggu apa lagi? Yuk segera cek paket umroh murah terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: