Mengetahui Kode yang tertera pada Masker atau Respirator

Saat ini kebutuhan masker mulai banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Kebanyakan masyarakat menggunakan masker untuk melawan polusi udara, asap kebakaran dan mencegap penularan penyakit yang tersebar dari udara di tempat umum. Ada beberapa penamaan atau kode yang sering Anda temukan pada masker yang terkadang membingungkan, kami akan membahasnya di bawah sehingga Anda membeli sesui kebutuhan, Anda pasti pernah menemukan masker atau respirator dengan kode N95, R95, atau P95? Untuk para pengguna yang berkerja di industri tidaklah aneh karena ruang lingkup pekerjannya banyak beraktivitas di area dengan partikel dan asap yang berbahaya.

Respirator termasuk tipe disposable air-purifying respirator atau respirator dengan pemurni udara sekali pakai yang biasanya mempunyai kode filter N95, R95, P95, dan lainnya . Respirator ini mampu menyaring partikel berbahaya hingga ukuran 0,3 mikron, yang merupakan partikel yang tingkat penetrasinya paling tinggi atau paling sulit ditangkap.

Sebagai contoh, untuk respirator dengan kode filter N95 merupakan respirator tersebut memiliki efisiensi penyaring 95% terhadap partikel dengan ukuran 0,3 mikron dan  NIOSH (National Institute for Occupational Safety and Health) membagi tipe filter disposable respirator menjadi tiga jenis, yaitu :

  1. N Series (Not resistant to oil) : tidak dapat digunakan di lingkungan atau atmosfer yang mengandung oil aerosol atau hanya dapat digunakan di lingkungan yang bebas dari partikel minyak.
  2. R Series (Resistant oil) : dapat digunakan di lingkungan atau atmosfer yang mengandung partikel minyak dan partikel non minyak dengan batas waktu penggunaan ditentukan oleh NIOSH.
  3. P Series (Oil proof) : dapat digunakan di lingkungan atau atmosfer yang mengandung partikel minyak dan partikel non minyak dengan batas waktu penggunaan ditentukan oleh produsen.

Arti Kode Filter N Series, R Series, dan P Series Pada Disposable Respirator

Selain itu ada tujuh filter respirator yang tersertifikasi NIOSH saat ini. Angka yang tertera merupakan tingkat minimal penetrasi filter. Sebagai keterangan tambahan Filter N Series  hanya mampu menyaring partikel udara bersifat padat tetapi bila ada unsur minyak akan membuat filter tidak berfungsi dengan sebagai mana mestinya.

  • N95 : Mampu menyaring partikel berbahaya hingga 95% (efisiensi lebih besar atau sama dengan 95%), tidak tahan terhadap partikel yang mengandung minyak.
  • N99 : Mampu menyaring partikel berbahaya hingga 99% (efisiensi lebih besar atau sama dengan 99%), tidak tahan terhadap partikel yang mengandung minyak.
  • N100 : Mampu menyaring partikel berbahaya hingga 99,97% (efisiensi lebih besar atau sama dengan 99,97%), tidak tahan terhadap partikel yang mengandung minyak.
  • R95 : Mampu menyaring partikel berbahaya hingga 95% (efisiensi lebih besar atau sama dengan 95%), memiliki tingkat ketahanan sedang atau agak tahan terhadap partikel yang mengandung minyak.
  • R99 : Mampu menyaring partikel berbahaya hingga 99% (efisiensi lebih besar atau sama dengan 99%), memiliki tingkat ketahanan sedang atau agak tahan terhadap partikel yang mengandung minyak.
  • R100 : Mampu menyaring partikel berbahaya hingga 99,97% (efisiensi lebih besar atau sama dengan 99,97%), memiliki tingkat ketahanan sedang atau agak tahan terhadap partikel yang mengandung minyak.
  • P95 : Mampu menyaring partikel berbahaya hingga 95% (efisiensi lebih besar atau sama dengan 95%), memiliki tingkat ketahanan tinggi atau sangat tahan terhadap partikel yang mengandung minyak.
  • P99 : Mampu menyaring partikel berbahaya hingga 99% (efisiensi lebih besar atau sama dengan 99%), memiliki tingkat ketahanan tinggi atau sangat tahan terhadap partikel yang mengandung minyak.
  • P100 : Mampu menyaring partikel berbahaya hingga 99,97% (efisiensi lebih besar atau sama dengan 99,97%). memiliki tingkat ketahanan tinggi atau sangat tahan terhadap partikel yang mengandung minyak.

Peringatan dan aturan penggunaan disposable respirator :

  • Pengguna hanya diperbolehkan menggunakan respirator secara terus-menerus dalam kurun waktu 8 jam.
  • Tidak boleh dipergunakan bila atmosfer udara yang mengandung oksigen kurang dari 19,5%.
  • Tidak untuk digunakan pada atmosfer udara yang dapat langsung membahayakan kesehatan atau nyawa.
  • Jangan menggunakan respirator sekali pakai melebihi batas maksimum penggunaan yang ditetapkan standar.
  • Kegagalan menggunakan dan memelihara produk bisa mengakibatkan cedera atau kematian.
  • Semua respirator yang Anda gunakan, harus dipakai dan dipelihara sesuai aturan yang berlaku atau aturan produsen.
  • Dilarang mengganti, mengubah, menambah, atau menghilangkan komponen pada respirator. Bila terjadi kerusakan komponen, gunakan komponen pengganti yang sesuai aturan produsen.
  • Baca buku panduan  untuk informasi mengenai penggunaan dan pemeliharaan respirator.

Untuk masa penggunaan, respirator ditentukan berdasarkan keadaan udara tempat berkerja, Jika respirator mengalami kerusakan, kotor, atau membuat Anda sulit bernapas, respirator harus segera diganti. Respirator telah dirancang secara pas mengikuti bentuk wajah dan dilengkapi dengan alat untuk menyaring partikel berbahaya, bahkan partikel dengan ukuran kecil sekalipun. Jika digunakan dengan benar, respirator ini mampu menyaring partikel udara hingga 0,3 mikron yang mungkin mengandung virus dan bakteri serta menjaga mulut dan hidung Anda.

Lalu apa yang membedakan respirator dengan masker wajah berbahan kertas atau kain seperti yang biasa dikenakan oleh dokter, masker wajah biasanya terasa longgar dan tidak menempel di wajah saat digunakan sehingga terdapat ruang terbuka yang memungkinkan partikel udara masuk ke dalam, sedangkan respirator sangat pas di muka karena memang sudah di desain mengikuti bentuk muka.

Dapatkan berbagai produk masker atau respirator untuk berbagai keperluan personal atau bisnis  Anda hanya di Bhinneka.Com dengan harga terjangkau dan pastinya original dan #AsliBikinTenang.

 

 

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: