Memulai Bisnis Photo Studio dengan Peralatan Lighting yang Tepat

Saat ini hobby photographer bisa menjadi penghasilan utama dan bahkan bisa menjadi penghasilan tambahan untukmu. Selain tentunya kamera, Anda juga memerlukan beberapa tambahan peralatan untuk mendapatkan hasil photo yang indah. Bila Anda mempunyai ruangan tidak terpakai maka Anda dapat membangun studio photographer kecil dan Anda bisa mulai bisnis Anda dari sana. Maraknya ecommerce juga mendorong masyarakat berjualan di platfor tersebut, untuk menarik pembeli, photo produk merupakan yang utama.

Photo produk bisa dikatakan tidak terlalu susah, Anda hanya memerlukan background dan beberapa property barang penunjang untuk mempercantik hasil photo tersebut, seperti peralatan lighting untuk mendapatkan hasil photo yang maksimal. Untuk memulai bisnis tersebut dan melengkapi studio photomu diperlukan beberapa peralatan dan nantinya dapat Anda kembangkan bersamaan dengan pesatnya bisnismu dan bila diperlukan.

Lalu apa saja yang diperlukan untuk melengkapi studio Anda selain background? Anda tentunya memerlukan pencahayaan yang tepat untuk mendapatkan detail dari produk yang Anda foto sehingga menarik.

  • Softbox


Berfungsi untuk merefleksikan cahaya dari lampu flash  sehingga cahaya akan lebih merata atau menyebar dan lebih soft tidak terlalu kuat ke satu arah. Softbox juga menghasilkan efek bayangan yang lebih lembut. Usahakan menggunakan Softbox yang memiliki ukuran minimal mendekati subjek/objek. Sebagai contoh untuk memotret makanan, anda cukup menggunakan softbox ukuran 60cm, sedangkan untuk memotret model ukuran penuh, anda bisa menggunakan softbox ukuran 180cm, jadi pilihlah sesuai kebutuhan dan ukuran ruangan yang Anda gunakan.

  • Reflektor


Reflektor merupakan pilihan berikutnya setelah Anda memiliki softbox. Fungsi dari reflektor ini adalah alat yang digunakan untuk memantulkan cahaya dari softbox dan dari berbagai sumber chaya lainnya ke subyek. Reflektor dapat digunakan dengan flash atau sebagai pengganti flash dengan menggunakan cahaya lain. Dengan adanya reflektor, Anda dapat memberikan cahaya tambahan pada objek untuk mengurangi bayangan.

  • Snoot


Snoot digunakan untuk mengarahkan pencahayaan ke bagian tertentu saja agar mendapatkan efek spot sehingga akan memberikan foto yang pencahayaan yang terfokus. Snoot juga bisa digunakan di diatas dan dibelakang objek untuk menyinari objek tertentu pada bagian belakang sehingga memberikan efek cahaya yang dramatis.

  • umbrella studio


Umbrella studio digunakan untuk menghasilkan efek bayangan yang lebih halus serta pancaran cahaya yang lebih luas di bandingkan dengan standar reflector. Alat ini sangat efektif digunakan pada pemotretan yang membutuhkan cakupan area cahaya yang luas, namun dibanding dengan standar reflector pancaran cahaya dari payung ini lebih sulit di arahkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: