Bhinneka, pionirnya e-commerce Indonesia tak henti melakukan manuver bisnis dengan masuk ke pasar gaming dan Performance PC, yang tumbuh secara signifikan di Indonesia, setidaknya dalam tiga tahun terakhir. Dikenal sebagai toko online yang menjadi pemimpin kategori 3Cs (Computer/IT, Communication Technology & Consumer Electronics), kini Bhinneka yang demografi pembelinya 70 persen laki-laki (25-34 tahun), menambah kategori produk untuk memenuhi gaya hidup segmen Gen Z; selain gaming sebagai penyumbang revenue terbesar di kategori tersebut, Bhinneka juga menyediakan produk-produk music, sports dan outdoor activity.

Dikutip dari Newzoo “Global Games Market Report” (April 2018), Indonesia menempati posisi ke-17 dengan jumlah gamers sebanyak 34 juta orang (semua platform) atau sekurang-kurangnya 40 persen dari pengguna internet Tanah Air dalam periode riset tersebut. Dari data lanjutannya, pasar video game di Indonesia mencapai USD941 juta atau sekitar Rp 13 triliun yang tentunya disusul dengan angka permintaan pada berbagai jenis perangkatnya (laptop, PC, tablet atau gadget, serta aksesori).

Begitu pula di Bhinneka, yang terus memperluas cakupan kategori produk, dan menghadirkan berbagai pilihan bagi para konsumen di setiap kanal pemasarannya. Baik online maupun offline. Hal inilah yang mendorong Bhinneka selaku pionir e-commerce di Indonesia agar kian fokus pada strategi bisnis di kategori-kategori terkait. Selain memperkuat products assortment (kelengkapan) dan products availability (ketersediaan), juga dengan menghadirkan zona-zona pengalaman di Bhinneka Store sebagai lini offline Bhinneka.

“Pertumbuhan bisnis gaming yang senada dengan lonjakan kategori ini di Bhinneka yang mendekati triple digit menjadi alasan kami untuk mengubah salah satu Bhinneka Store pertama dan terbesar kami di Mangga Dua Mall dengan desain yang lebih segar dan intuitif bagi para pengunjungnya, serta menyediakan gaming experience zone, menampilkan berbagai produk dari brand kelas dunia.” jelas Chief of Omni Channel Officer (COCO) Bhinneka, Vensia Tjhin.

Berlokasi di lantai 3 Mangga Dua Mall, Bhinneka Store M2M adalah toko offline pertama dari Bhinneka, yang dibuka mulai 2001 dan menjadi penanda utama implementasi online-to-offline (O2O) dalam strategi omni channel yang tengah menghangat akhir-akhir ini.  Menyusul Bhinneka Store M2M, sekarang telah ada total delapan toko offline Bhinneka tersebar di Jakarta (Ratu Plaza, Mal Ambasador, Cibubur Junction, Poins Square Lebak Bulus, Gunung Sahari), di area Bogor (Cibinong City Mall), dan Surabaya (WTC e-Mall Surabaya).

Secara khusus, gaming experience zone dihadirkan di Bhinneka Store M2M mengingat perilaku konsumen dan karakteristik dari kategori gaming itu sendiri. Transaksi atau pembelian memang bisa dilakukan secara online di Bhinneka.Com, maupun dibantu personal shopping assistant Bhinneka melalui 021-29292828 dan jalur media sosial, tetapi ada para gamers yang tetap memerlukan look and feel.

“Kami menyadari tren e-sports sejauh ini terus berkembang dinamis. Bukan sekadar permainan, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Sehingga para gamers banyak yang sangat berhati-hati dan cermat dalam memilih 2 perangkatnya. Apalagi dari segi harga, banyak produk gaming, seperti laptop yang bisa dibilang premium. Ini sudah soal hobi,” tambahnya.

Di sisi lain, penguatan pada sektor gaming ini juga diiringi dengan sektor-sektor sejenis, yaitu kategori hobi, dan outdoor activities yang kesemuanya identik dengan gaya hidup pria. Misalnya, mulai dari sepatu untuk olahraga lari (running shoes), sepeda dari berbagai kelas, peralatan hiking dan berkemah, serta lain sebagainya.

Sementara itu, seremoni peresmian wajah baru Bhinneka Store M2M sendiri bertajuk “Bhinneka Gaming Showcase” dan berlangsung pada Sabtu (31/8), dan dimeriahkan dengan berbagai acara. Beberapa di antaranya, gaming competition Tekken, gaming experience zone yang bisa dicoba secara gratis, lelang produk-produk pilihan, selfie competition, dan juga promo khusus. Langsung saja kunjungi Bhinneka Store M2M, lantai 3 Mangga Dua Mall, Jalan Mangga Dua Raya nomor 1, Jakarta Pusat.

Beberapa promonya meliputi; jajaran produk dengan harga di bawah Rp100.000 dan Rp500.000, cicilan tanpa kartu kredit, hemat hingga separuh harga dengan BNI Reward Point, dan juga potongan menggunakan Mandiri Fiestapoin. Acara ini juga didukung oleh MSI, Acer Predator, Asus ROG, Dell, HP, Lenovo Legion, Jabra, Fitbit, Garmin, Logitech G, Linksys, D-Link, Microsoft, Razer, Sandisk, Sades, Seagate, Soundmagic, Astrindo, Bitdefender, HM Engineer, Tixpro, BNI, Bank Mandiri, Kredit Plus, Home Credit.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s