Kemajuan smartphone saat ini semakin banyak berubah dengan cepatnya, mulai dari layar, dimensi, kamera dan lain sebagainya. Berbagai fitur baru ditawarkan oleh berbagai merek smartphone saat ini, salah satunya adalah beberapa vendor mulai membuat tombol navigasi fisik karena tidak jarang smartphone yang tidak membutuhkan tombol sama sekali dan hanya menggunakan gestur tangan untuk mengoperasikannya. Tapi, seberapa populernya kah pengoperasian smartphone ini dengan gestur saja? Pihak Google menyatakan bahwa pengguna masih menyukai tombol fisik ketimbang gestur.

Google melalui halaman blog resminya menyatakan bahwa pengguna tombol fisik seperti in display button yang terdiri dari tiga jenis tombol masih lebih disukai ketimbang mengoperasikan smartphone hanya menggunakan gestur tangan atau satu tangan. Pasalnya, dalam riset yang dilakukan oleh Google, mereka menemukan masih ada rating sebesar 5,78 untuk pengguna tombol ergonomis dibandingkan dengan gestur yang memiliki rating 5,39.

Rating tersebut didapatkan Google saat melakukan riset untuk pengembangan fungsi gestur pada Android Q,  di mana kini terdapat peningkatan untuk navigasi atau kontrol dibandingkan di OS Android sebelumnya. Riset yang dilakukan untuk mengetahui pola penggunaan smartphone Android oleh para penggunanya tersebut menemukan bahwa pengguna lebih menyukai “kenyamanan” dalam melakukan navigasi atau kontrol, terutama ketika mereka menggunakan smartphone dalam mode “one-hand”. Data yang disebut, menyebutkan pengguna lebih suka dengan tombol ergonomis, baik fisik maupun in-display, ketimbang mode one-hand atau gestur. Namun demikian, jika dibandingkan antar keduanya, pengguna akan lebih memilih gestur ketimbang mode one-hand dalam mengoperasikan smartphone. Oleh karena itu, Google akan mengembangkan fungsi gestur lebih baik lagi ke depannya lewat Android Q dan berikutnya demi kenyamanan penggunanya.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s