Sedia Generator Set sebelum Mati Lampu

Mati lampu yang terjadi beberapa waktu lalu cukup memberikan pelajaran bagi kita bagaimana rasanya hidup tanpa listrik, bila Anda tidak ingin kembali ke waktu tersebut, ada baiknya Anda mulai mempersiapkan Genset untuk mengantisipasi keadaan tersebut. Bhinneka selain menawarkan berbagai perangkat elektronik juga mempunyai kategori genset dengan harga dan promo menarik serta yang terpenting adalah Bhinneka memberikan garansi resmi yang #aslibikintenang.

Bila Anda masih bingung dengan yang namanya Genset, kami akan menerangkat mengenal Sejarah dan Kegunaannya dari benda tersebut

Apa itu Generator Set?
Genset, yah tentu saja alat yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Genset atau yang merupakan singkatan dari Generator Set ini adalah sebuah Perangkat yang mampu menghasilkan Daya Listrik. Genset ini merupakan seperangkat atau gabungan antara Generator atau Alternator dan Engine yang dapat digunakan sebagai Alat Pembangkit Listrik.

Sejarah Generator Set (Genset)
Sebelum Genset dikenal luas, Genset awalnya ditemukan oleh 2 orang, yang pertama adalah Michael Faraday dan juga Rudolph Diesel. Pada tahun 1831 Faraday menemukan induksi elektromagnetik yang kemudian berkembang menjadi Generator Modern, Michael Faraday sendiri saat ini merupakan sosok fisikawan yang sangat terkenal. Sedangkan kelanjutannya, Rudolph Diesel merupakan sosok penemu Generator Diesel itu sendiri, dimana ia mulai mengeluarkan hak paten mesin mesinnya pada tahun 1892.

Mengingat besarnya manfaat dari Generator Set itu sendiri, maka Mesin Penghasil Listrik ini kemudian dikembangkan dan diproduksi Massal sehingga saat ini dapat dengan mudah ditemui. Beberapa contoh tempat yang biasanya sangat membutuhkan Genset adalah Bank, Rumah Sakit, Supermarket, Hotel, Mall / Plaza, Kantor, Toko, bahkan tak jarang Rumah rumah pun menggunakan Genset ini untuk Tenaga Listrik Cadangan disaat dibutuhkan, terutama saat Listrik PLN padam.

Kegunaan Genset
Ketika berbicara mengenai Genset, maka hal yang terlintas pada Pikiran adalah Alat untuk menghidupkan lampu ketika Listrik Padam. Yah, benar sekali, meskipun tujuannya tak hanya berfokuskan hanya pada lampu atau penerangan saja, melainkan banyak hal lainnya yang membutuhkan daya listrik, seperti misalnya untuk Pengerjaan Luar Ruangan yang jauh dari sumber daya listrik. Genset sangat dikenal karena kegunaannya sebagai Tenaga Listrik yang bisa diandalkan cukup dengan menggunakan Bahan Bakar Bensin / Solar.

Dengan bantuan Genset, maka Perusahaan Perusahaan besar maupun kecil, seperti supermarket, toko, rumah sakit, dan sebagainya aktifitasnya tidak terganggu ketika listrik padam. Mereka tetap dapat menjalankan aktifitas seperti biasanya tanpa mengalami hambatan. Maka dari itu Genset merupakan Alat penting yang sangat dibutuhkan banyak kalangan, bahkan dapat digunakan secara perorangan untuk berbagai kegiatan yang memerlukan Konsumsi Daya Listrik.

Sistem Kerja Genset
Generator Set terdiri atas Mesin Engine (Motor Penggerak) dan juga Generator / Alternator, seperti yang telah di jelaskan sebelumnya. Mesin Engine yang satu ini menggunakan bahan bakar berupa Solar (Mesin Diesel) atau dapat juga menggunakan Bensin, sedangkan untuk Generatornya sendiri merupakan sebuah gulungan kawat yang di buat dari tembaga yang terdiri atas kumparan statis atau stator dan di lengkapi pula dengan kumparan berputar atau rotor.

Dalam proses kerjanya, menurut ilmu fisika, Engine memutar Rotor dalam sebuah Generator yang selanjutnya hal ini menimbulkan adanya Medan Magnet pada bagian kumparan Generator. Selanjutnya Medan Magnet ini kemudian akan melakukan interaksi dengan Rotor yang kemudian akan berputar dan akan menghasilkan sebuah arus listrik dimana hal ini sesuai dengan hukum Lorentz.

Pentingnya manfaat dari Mesin Generator Set ini menjadi salah satu alasan mengapa Generator Set atau Genset ini sangat di kenal oleh masyarakat luas, jadi apa bila Anda memiliki usaha yang membutuhkan Mesin Genset ini, jangan sampai mengabaikan Genset ini karena Mesin Generator Set ini dapat memperlancar usaha anda dan menjaga dari situasi yang tidak terduga.

Cara memilih Genset
Seperti diatas diterankan bahwa genset terdiri atas mesin yang digerakkan oleh bahan bakar, solar atau bensin. Untuk rumahan kami rekomendasikan Anda untuk memilih bensin karena pembelian bahan bakarnya lebih mudah di bandingkan solar yang mana Anda harus membeli dengan ijin kecuali untuk kendaraan bermotor. Pilih watt yang diperlukan, bila Anda memiliki rumah dengan besaran watt 2200watt, maka Anda dapat memilih generator dengan daya watt yang sama atau dibawahnya dengan konsekwensi tidak dapat menyalakan seluruh peralatan listrik di rumah.

Selain itu, genset juga terdiri dari open dan close, perbedaannya adalah bila open maka generator tidak dilengkapi dengan rumah sehingga suaranya akan terdengar keras, sedangkan close dilengkapi rumah sehingga suaranya relatif tidak terdengar, perbedaan keduanya juga cukup jauh.  Cara menyalakan genset juga mempengaruhi harga, bila dinyalakan secara manual dengan menarik tali, maka harganya akan lebih terjangkau karena tidak memerlukan mekanikal tambahan, sedangkan bila Anda memilih menyalakan secara otomatis dengan menekan tombol, maka harganya akan berbeda dengan secara manual.

Bila Anda masih bingung, Anda dapat menghubungi Sales Assistants Bhinneka untuk mendapatkan informasi yang lebih jauh, sehingga genset yang Anda perlukan sesuai dengan yang Anda perlukan.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: