Saat ini penggunaan social media sangat mudah di akses, Anda dapat menjangkaunya melalui gadget atau perangkat PC melalui akses internet yang juga semakin mudah. Dengan beragam kemudahan akses tersebut, bullying secara online juga semakin banyak hadir di beragam social media. Bullying walau tidak berbentuk fisik tapi cukup menggangu dan secara online juga dinilai berbahaya dan menjadi tantangan tersendiri bagi beragam pihak untuk bisa mencegahnya.

Baru-baru ini, platfor social media Instagram mengumumkan komitmen untuk melawan bullying online pada platform miliknya dengan menghadirkan fitur baru. Salah satu fitur yang dihadirkan oleh pihak Instagram untuk menanggulangi bullying online dengan menggunakan AI untuk memperingatkan penggunanya saat melakukan posting komentar pada foto atau video yang mengandung kata-kata yang tidak pantas untuk ditulis. Lewat fitur ini, secara otomatis Instagram akan mendeteksi komentar tersebut sebelum pengguna bisa mempostingnya secara langsung, sehingga si pengguna bisa menghapus komentarnya sendiri sebelum sempat terposting untuk dilihat oleh banyak orang.

Fitur lainnya yang diluncurkan Instagram untuk mencegah bullying adalah fitur Restrict, fitur ini akan membatasi pengguna yang telah dilabeli dengan Restrict untuk tidak dapat melihat aktivitas keseluruhan di pengguna yang melabelinya. Dengan fitur ini, pengguna dapat melindungi dirinya sendiri dari berbagai interaksi yang tidak diinginkan, dan mencegah si pengguna yang dinilai kerap melakukan bullying tersebut untuk tidak bisa memposting komentar secara langsung dan harus melewati penyaringan terlebih dahulu.

Kedua fitur tersebut masih dalam tahap uji coba, dan tidak semua pengguna Instagram telah mendapatkannya saat ini. Tapi ke depannya, kedua fitur yang diyakini bisa mencegah kasus bullying online pada platform ini akan dapat digunakan secara umum oleh para penggunanya.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s