VESA atau dikenal dengan Video Electronics Standards Association, baru saja mengumumkankonektor DisplayPort versi 2.0. VESA menjelaskan bahwa DP 2.0 akan mampu menampilkan resolusi lebih tinggi dari 8K, dengan refresh rate yang lebih tinggi di resolusi 4K dan penggunaan aplikasi Virtual Reality. VESA mengatakan bahwa  DP 2.0 akan hadir pada akhir tahun 2020.

VESA  DP 2.0 memiliki kompatibilitas dengan versi DisplayPort yang sebelumnya, dan mendukung berbagai fitur yang terdapat di versi sebelumnya, seperti Display Stream Compression (DSC) dan Forward Error Correction (FEC), walaupun kecepatannya akan dilimitasi oleh antar muka yang digunakan. Perangkat display dapat disambungkan melalui konektor DP, ataupun USB Type-C melalui DisplayPort Alt Mode. DP 2.0 memanfaatkan lapisan antarmuka fisik (PHY) dari Thunderbolt 3, sehingga mampu mempertahankan bandwith data dari konektor ini.

DP 2.0 mampu memberikan data bandwith hingga 77,4 Gbps, hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan versi sebelumnya. DP 2.0 mampu memberikan resolusi 16K (15360 x 8460) di 60Hz dan 30 bpp dengan DSC aktif. Untuk konfigurasi dua display, DP 2.0 mampu memberikan resolusi 8K (7680 x 4320) dengan refresh rate hingga 120Hz. DP 2.0 menawarkan efisiensi tenaga yang lebih baik, karena telah memiliki kapabilitas Panel Replay dari VESA, yang mampu mengoptimalkan tenaga, performa serta temperatur pada perangkat yang lebih kecil. seperti AIO dan laptop.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s