Pada pembahasan kali ini, kita akan mengajak Anda untuk lebih mengetahui perangkat atau tools yang banyak digunakan pada bidang otomotif dan pabrik serta atau juga digunakan di kalangan rumah sebagai alat penunjang perbaikan. Saat ini ada 2 alat bantu kerja yang digunakan, yaitu alat tangan dan alat mesin. kedua alat tersebut dibedakan atas tenaga penggeraknya di mana alat mesin untuk menggerakkannya menggunakan tenaga mesin, dan  alat tangan menggunakan tenaga manusia. Dengan kata lain alat tangan adalah alat bantu kerja yang penggunaannya selalu menggunakan tenaga tangan manusia.

Peralatan yang akan di bahas berikut ini termasuk dalam kategori alat-alat tangan (Hand Tools) kunci pas/wrench. Alat bantu ini  adalah alat yang terbuat dari baja yang dikeraskan dan dilapisi khrom  atau nikel  agar tidak mudah aus di mana fungsi kunci ini digunakan untuk memutar (mengencangkan dan melepas) baut / mur. Memasang dan melepas baut /mur, skrup, snapring adalah pekerjaan yang hampir selalu ada disetiap unit kompetensi perbaikan kendaraan otomotif.

Peralatan untuk memasang/ melepas baut (bolt) dan mur (nut) berdimensi segi enam (Hexagonal) disebut kunci pas/ ring/ kombinasi segi enam (Wrench Hexagonal) dan untuk kepala baut segi empat disebut Wrench Square. Kunci dibuat dengan berbagai bentuk untuk tujuan pemakaian pada berbagai kondisi, posisi dan dimensi baut/mur.

Kunci kombinasi sebenarnya merupakan penggabungan dari kunci pas dengan kunci ring. Sehingga kegunaan kunci kombinasi merupakan gabungan dari kunci pas an kunci ring pada masing-masing ujung dalam ukuran yang sama dan merupakan kunci yang saling mengisi kekurangan yang ada pada kunci pas dankunci ring. Kedua jenis kepala dengan ukuran segi enam yang sama bisa terdapat pada tangkai sebuah kunci pas. Jenis ini dikenal dengan kunci pas”kombinasi”. Ukurannya dicap timbul pada tangkanya berkisar antara 6mm sampai dengan 32 mm. Umumnya, baik offset ujung ring maupun ujung terbukanya disusun 15 derajat terhadap tangkainya. Combination Wrench/Kunci Kombinasi/Kunci Ring Pas adalah Kunci yang memiliki 2 ujung yang berbeda, yaitu Ring/End (Bulat) dan Pas/Open (U) tetapi keduanya memiliki ukuran yang sama.

Kunci pas (Open end wrench)

Kunci pas terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium, dengan tangkai (shank) membentuk sudut 15 derajat pada kedua ujung-ujungnya dan 90 derajat yang terdapat pada kunci pas khusus. Kunci pas umumnya dibuat menjadi dua kunci yang ukuran masing-masing berbeda. Misalnya; ukuran 6 mm dan 7 mm, dan seterusnya. Ukuran kunci menunjukkan lebar dari mulut kunci yang yang berati juga menunjukkan lebar kepala baut atau mur.

Satuan ukuran kunci pas terdiri dari ukuran metrik (mm) dan imperial (inch). Ukuran satuan metrik tersedia ukuran dari 4 mm sampai dengan ukuran 80 mm. Dan yang umum digunkan di bengkel otomotif adalah ukuran 6 mm dengan kenaikan setiap 1 mm hingga ukuran kunci 36 mm, kecuali ukuran 31 mm, 33 mm, 34 mm, dan 35 mm tidak disediakan.

Kunci ring (Box wrench)

Kunci ring juga terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium. Kunci ring berfungsi untuk memasang atau melepaskan kepala baut atau mur yang mempunyai momen pengencangan yang cukup besar dan memungkinkan dapat bekerja pada ruang yang terbatas.

Pada ujung-ujung kepala kunci ini, terdapat cincin yang berdimensi heksagonal atau lebih pada lubang diameter di dalamnya. Kunci ini lebih kuat dan ringan dari kunci pas dan memberikan cengkraman pada seluruh kepala baut atau mur. Kunci ring mempunyai tangkai lebih panjang dibandingkan dengan kunci pas, gaya tuasnya lebih besar bila dibandingkan dengan gaya tuas kunci pas.

Kunci kombinasi (Combination wrench)

Kegunaan kunci kombinasi merupakan gabungan dari kunci pas an kunci ring pada masing-masing ujung dalam ukuran yang sama dan merupakan kunci yang saling mengisi kekurangan yang ada pada kunci pas dan kunci ring, dan lebih simpel. Kunci ini sangat berguna saat menyetel pengikat (fastener) dengan ukuran yang sama pada posisi yang berbeda.

Kunci ini dengan jenis kepala bersegi 6 yang sama dan ukurannya berkisar antara 6 mm sampai dengan 32 mm. Kelemahan kunci pas dan kunci ring adalah tidak dapat menjangkau kepala baut dan mur yang letaknya tersembunyi dan momen atau torsi pengencangannya cukup kecil.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s