University of Sydney dan Data61 dari CSIRO telah melakukan sebuah studi selama dua tahun dan melaporkan  bahwa 2.040 aplikasi di Google Play Store berbahaya dalam beberapa hal, seperti permintaan izin untuk meng akses smartphone yang berlebihan dan sementara yang lain merupakan sebuah malware. Penelitian ini mencakup sekitar 1 juta aplikasi di Google Play dan menemukan sejumlah besar aplikasi palsu bukan walware, tetapi meminta ijin untuk mengakses data yang tidak ada hubungannya bisnis mereka.

Untuk memproses 1 juta aplikasi, para peneliti menggunakan neural networks dan machine learning. Algoritma ini ditetapkan untuk mencari deskripsi teks yang sama dan ikon yang secara visual mirip dengan 10.000 aplikasi paling populer di app store dan algoritma ini menemukan 49.608 ancaman potensial. Sebanyak  7.246 aplikasi ditandai sebagai berbahaya dan 2.040 di antaranya palsu dan berisiko tinggi. Selain itu, 1.565 meminta setidaknya lima izin sensitif dan 1.407 menanamkan third-party ad libraries.

Aplikasi yangdilaporkan tersebut telah dihapus dan tim Google dan melaporkan bahwa jumlah pengiriman aplikasi yang ditolak telah meningkat lebih dari 55% dibandingkan tahun lalu dan penangguhan aplikasi telah meningkat menjadi 66%. Untuk Anda yang hobby mencoba aplikasi di Google Play, ada baiknya sebelum menanamkan aplikasi tersebut, membaca review user terlebih dahulu, melihat ijin yang diminta  dan membaca terms n agreement untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s