Hewlett Packart Enterprise Akuisisi Salah Satu Perusahaan Superkomputer Terbesar di Dunia

Beberapa waktu lalu, Hewlett Packart Enterprise (HPE) memberikan pengumuman perusahaan superkomputer ini mengumumkan akan mengakuisisi Cray dengan harga sekitar USD 1,3 milyar yang juga merupakan salah satu pemain superkomputer, kesepakatan akuisisi ini telah dilakukan dan akan menjadi salah satu perusahaan superkomputer terbesar. Berdasarkan perjanjian yang telah disepakati, HPE akan membayar sebesar USD 35 setiap saham yang dimiliki oleh Cray, yang jika dijumlahkan menjadi sekitar USD 1,3 milyar. HPE berharap kesepakatan ini dapat ditutup pada kuartal pertama tahun 2020.

Cray merupakan perusahaan superkomputer yang telah berdiri sejak tahun 1972. Cray-1 adalah superkomputer pertama mereka yang merupakan komputer tercepat pada zamannya dan dibandrol dengan harga USD 8,8 juta. Saat ini, Cray bersama dengan AMD juga menandatangani kontrak dengan Departemen Energi Amerika Serikat untuk membuat Frontier, superkomputer exascale yang rencananya akan digunakan pada Laboratorium Nasional Oak Ridge pada tahun 2021. Selain itu, Cray juga bekerjasama dengan Intel untuk membuat superkomputer exascale lainnya yang diberi nama Aurora.

HPE juga merupakan perusahaan superkomputer dengan skala lebih kecil dibandingkan dengan Cray. Akuisisi ini digunakan oleh HPE untuk mengembangkan teknologi dengan menggunakan teknologi dari Cray, termasuk Slingshot interconnect dan Shasta, arsitektur sistem terbaru dari superkomputer milik Cray. HPE juga bergerak di bidang olah data besar, termasuk analisa menggunakan AI. Cray merupakan perusahaan superkomputer kedua yang diakuisisi oleh HPE, setelah pada tahun 2016 lalu mereka mengakuisisi Silicon Graphics.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: