Anda mungkin tidak menyadari bahwa Solid State Drive ataulebih dikenal dengan singkatan SSD saat ini makin merajai pasar storage karena mempunyai daya tahan yang tinggi dan harganya mulai terjangkau pada beberapa tahun ini. Hal ini mengakibatkan penjualan Hard disk semakin menurun dan beberapa tahun kedepan harga hard disk akan lebih mahal dari SSD.

Pada kuartal pertama di tahun 2019 menunjukkan bahwa permintaan hard disk pada ukuran 3.5″ dan 2.5″ semakin menurun turun secara signifikan, Hard disk dengan ukuran tersebut biasanya ditemukan pada perangkat laptop, berita ini didapat dari artikel Trendfocus. Penjualan pada hard disk di ukuran lainnya masih menunjukkan angka yang tidak jauh berbeda. Saat ini pro dan kontra harga berbanding dengan kapasitas masih banyak diperdebatkan antara hard disk dan SSD tetapi soal kecepatan sebuah SSD akan lebih cepat 99% dibandingkan hard disk menurut Intel.

Data : Trendfocus

Dari data diatas, dapat dilihat bahwa pada kuartal pertama 2019, 24,5 juta disk yang dikirim keluar yang kira-kira empat juta kurang dari kuartal terakhir 2018. Jumlah perangkat 2,5 inci (sering digunakan dalam laptop) telah menurun sebesar 6 juta unit menjadi 37 juta. Hal ini disebabkan banyaknya produsen laptop mulai menggunakan SSD baik itu ukuran 2.5″ dan M2 SSD karena mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap goncangan, lebih ringan, tidak menimbulkan panas dan system secara keseluruhan meningkat tinggi dibandingkan menggunakan hard disk.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s