Pada Consumer Electronic Show 2019 awal Januari, Intel memamerkan produk selain prosesor, yaitu Intel Optane Memory H10. Perangkat tersebut bisa dikatakan sebagai SSD dengan Optane Memory terintegrasi di dalamnya. Intel Optane Memory H10 merupakan media penyimpanan yang hadir dengan form factor M.2 2280.

Media penyimpanan ini dirancang dengan terbagi menjadi dua bagian, di antaranya bagian pertama adalah Intel Optane Memory dan bagian kedua adalah SSD QLC 3D NAND yang tentu saja bisa digunakan sebagaimana sebuah storage penyimpanan data. Kombinasi antara kedua teknologi tersebut diyakini oleh Intel dapat memberikan inovasi dalam menghadirkan sebuah notebook lebih tipis tanpa harus mengorbankan performanya.

Intel Optane Memory H10 ini sebenarnya merupakan dua buah perangkat yang berbeda yang disatukan dalam satu PCB. Dengan memiliki kontroler yang terpisah, interface PCIe x4 yang digunakan ini memiliki jalur terpisah untuk bagian Optane Memory dan SSD. Masing-masing bagian akan menggunakan interface PCIe x2. Mengenai performanya, Intel Optane Memory H10 ini menawarkan performa sequential Read mencapai 2400 MB/s dan 1800 MB/s untuk Write. Ketahanan Intel Optane Memory H10 mencapai hingga 300 TBW.

Intel menyediakan 3 varian kapasitas yang berbeda untuk perangkat barunya ini. Ketiga varian kapasitas tersebut di antaranya 16 GB/256 GB, 32 GB/512 GB, dan 32 GB/1 TB. Kehadiran opsi kapasitas 1 TB pada Intel Optane Memory H10 tentu saja ini berkat penggunaan chip NAND QLC. Intel Optane Memory H10 dapat diaplikasikan di beberapa sistem PC yang mendukung beragam kebutuhan, mulai dari Office Productivity, Content Creator dan Mainstream Gaming.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s