WhatsApp saat ini telah menjadi salah satu aplikasi yang paling mudah bagi para pengguna tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan spam atau kabar palsu (hoax). Tentunya, untuk menanggulangi hal ini, WhatsApp telah mencoba beberapa fitur, termasuk fitur yang bisa mendeteksi apakah sebuah pesan adalah pesan palsu atau spam. Dilaporkan oleh WABetaInfo, WhatsApp versi beta tengah menguji coba satu lagi fitur baru untuk bisa mengenali apakah sebuah pesan yang telah di-forward seseorang adalah berita palsu atau bukan.

Caranya adalah dengan memberikan informasi terkait pesan yang telah di-forward tersebut, di mana penggun bisa melihat apakah pesan sudah terkirim, terbaca, atau berapa kali sudah di-forward. Dengan mengetahui berapa banyak sebuah pesan sudah di-forward pada informasi ini, pengguna bisa lebih cermat apakah sebuah pesan itu memang palsu atau bukan. Jika sudah di-forward beberapa kali dalam jumlah banyak, bisa jadi pesan tersebut belum dibuktikan kebenarannya dan pengguna hanya asal mengirimkan atau mem-forward kembali pesan tersebut tanpa dicek ulang lebih dulu.

Misalnya, jika sebuah pesan ternyata sudah dikirim sebanyak 100 kali atau lebih, pengguna bisa lebih curiga dan perlu mengecek apakah pesan yang dikirim tersebut benar atau salah. Sebelum ini, WhatsApp sendiri telah mencoba beberapa fitur untuk menanggulangi pesan atau berita palsu, seperti memberi label apakah sebuah pesan itu berupa pesan baru atau hanya sekedar “forward” dari pengguna lain, hingga melimitasi berapa banyak pesan yang bisa di-forward atau broadcast.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s