Baru-baru ini, USB Promoter Group mengumumkan spesifikasi awal dari standar baru, USB 4. Standar ini terbilang menarik, karena menawarkan kecepatan bahkan hingga dua kali lipat dari “USB 3.2 Gen 2×2”, dengan basis yang berbeda dari USB sebelumnya tetapi tetap menawarkan backward compatibility. USB 4 ini menggunakan basis Thunderbolt 3, di mana Intel memang baru saja memberikan akses ke teknologi tersebut ke USB Promoter Group.

Standar baru tersebut disebut bisa menawarkan dua lane data dengan menggunakan kabel USB Type C yang ada saat ini. Karena itu, kecepatan yang bisa ditawarkan pun meningkat, menjadi sekitar 40 Gbps. Selain kecepatan yang meningkat, USB 4 ini juga mengusung kapabilitas berbagi jalur antara data dengan display, seperti yang ditawarkan Thunderbolt 3. USB 4 ini nantinya juga bisa digunakan untuk display out, kemungkinan besar sesuai dengan standar Display Port.

USB Promoter Group menjanjikan USB 4 ini menawarkan backward compatibility yang berarti adalah pengguna USB dengan standar lama masih bisa memasang perangkat mereka, baik secara langsung ataupun melalui konverter, ke port yang sudah mendukung USB 4. Backward compatibility akan ditawarkan untuk Thunderbolt 3, USB 3.0/3.1/3.2, dan bahkan hingga USB 2.0. Spesifikasi final dari USB 4 baru akan diumumkan beberapa waktu ke depan dan Puluhan perusahaan yang tergabung ke USB Promoter Group disebut masih mendiskusikan spesifikasi akhir dari USB 4 tersebut. Kemungkinan besar, pengumuman akan diberikan di USB Developer Day 2019, di Quartal kedua tahun 2019.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s