Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan berita bahwa disinyalir beberapa server perusahaan besar di US di susupi dengan chip spionase yang tertanam di dalam motherboard server. Sebagian besar vendor komputer beserta komponen mayoritasmenunjuk kepada perusahaan di Tiongkok sebagai basis produksi karena vendor biasanya hanya melakukan riset saja dan menyerahkan basis produksinya ke ODM (Original Design Manufacturer) seperti Foxconn yang berlokasi di Tiongkok.

Produksi di Tiongkok biasanya dianggap lebih hemat sehingga biaya yang dibutuhkan lebih terjangkau dibandingkan yang dilakukan di Amerika Serikat. Namun produksi tersebuttidak lepas dari masalah.  Beberapa waktu yang lalu, Amazon melakukan internal audit ke perusahaan Elemental Technology yang baru diakuisisi oleh Amazon.  Dalam pemeriksaan ditemukan bahwa salah satu motherboard yang ada di server yang digunakan memiliki chip yang diduga digunakan oleh pemerintah Tiongkok untuk aksi spionase.

Bloombergmenampilkan berita dari bentuk chip yang ditemukan memiliki ukuran tidak lebih besar dari sebutir beras dan tid ada dalam rancangan original dari produsen motherboard yang memproduksinya. Bloomberg melaporkan bahwa sudah ada setidaknya 30 perusahaan besar yang berpotensi berdampak masalah ini. Termasuk di antaranya perusahaan besar sekelas Apple dan Bank yang mempercayakan pembuatan motherboard ke perusahaan yang sama. Belum diketahui secara lengkap metode spionase yang dilakukan.

 

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s