Qualcomm Snapdragon 1000 untuk Saingi Intel Core M/Y Series

Sebagaimana telah kita ketahui sebelumnya, Qualcomm dan Microsoft dikabarkan telah bekerjasama dalam menghadirkan SoC khusus yang diperuntukan untuk perangkat Always Connected PC, berupa perangkat laptop dan 2-in-1 yang hadir menggunakan operasi sistem Windows 10 on ARM. Perangkat tersebut menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa serta mendukung aplikasi UWP dan aplikasi x86 biasa layaknya laptop biasa.

Setelah merilis Snapdragon 850 belum lama ini yang merupakan SoC khusus untuk perangkat Always Connected PC, Qualcomm dikabakan tengah menyiapkan SoC lainnya yang lebih besar yakni Snapdragon 1000. SoC tersebut kabarnya akan mendukung penggunaan socket. Apabila informasi ini benar, maka SoC ini akan menjadi SoC ARM pertama yang hadirkan socket yang tidak disolder.

Menurut informasi yang sadur dari WinFuture, Qualcomm telah menghadirkan perangkat reference Snapdragon 1000 yang sekarang sedang diuji developer yang dipadankan dengan RAM hingga 16GB LPDDR4X, serta dukungan storage 128GB dengan menggunakan UFS 2.1.

Snapdragon 1000 ini juga akan menjadi SoC dengan ukuran terbesar, yaitu 20mm x 15mm, lebih besar dibandingkan SoC ARM rata-rata yang berkisar 12.4mm x 12.4mm. Dengan ukurannya yang besar tersebut berdampak kepada peningkatan TDP menjadi 12W.

Walaupun belum diketahui jenis CPU apa yang akan dipakai, namun banyak analis mempercayai bahwa SoC ini akan menggunakan CPU dengan arsitektur “Falkor”, yang sebelumnya hanya hadir di server. Sehingga diprediksi kalau Snapdragon 1000 akan bersaing ketat dengan Intel Core M/Y series.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: