Cloud storage saat ini semakin mendunia, berbagai layanan cloud semakin banyak ditawarkan saat ini, mulai dari berbayar hingga gratis dengan kapasitas tertentu. Keunggulan dari cloud storage ini adalah Anda dapat melihat data dimana saja selama terhubung dengan jaringan internet, melalui notebook/laptop, smartphone, tablet dan perangkat apa saja. Google Drive merupakan salah satu contoh layanan cloud publik yang populer digunakan dan kini Google memperkenalkan satu lagi sistem layanan cloud yang berbayar untuk penggunanya bernama Google One.

Secara general, Google One tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan Google Drive, di mana One merupakan layanan cloud untuk penyimpanan data para penggunanya, yang membedakannya, Drive menawrkan untuk penyimpanan data gratis hingga kapasitas 15 GB dan kemudian berbayar untuk kapasitas lebih besar, One menawarkan penyimpanan data berbayar sejak awal dan memiliki variasi atau opsi layanan yang lebih beragam, tentunya dengan kapasitas lebih besar juga.

Berdasarkan rilis resmi dari pihak Google, One akan memiliki variasi besar kapasitas mulai dari 100GB hingga 30TB yang bisa dipilih oleh penggunanya. Semua besar kapasitas ini disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna Google, mulai dari kebutuhan penyimpanan data foto hingga data email. Google Drive akan jadi layanan cloud publik yang sama sekali gratis tanpa dipungut biaya selama penggunanya adalah pengguna Google, dan akan memiliki batas storage 15GB.

Jadi, semua pelanggan Drive yang berbayar, otomatis akan masuk dalam program Google One. Layanan ini sendiri akan dimulai di wilayah Amerika Serikat lebih dulu, sebelum akhirnya akan ekspansi ke global. Untuk perkiraan harga layanan cloud ini sendiriakan berkisar mulai di angka USD 1,99 untuk kapasitas 100GB seperti gambar diatas.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s