Google dan CyArk berkerjasama merekam situs bersejarah dalam bentuk 3D

Google Arts & Culture bekerja sama dengan  CyArk yang merupakan firma pelestarian digital untuk melakukan proyek digitalisasi situs warisan dunia yang terancam punah akibat bencana alam, proses normal seperti erosi angin, dan tangan manusia menjadi penyebab kerusakan yang terjadi pada  sebagian besar situs warisan yang berharga dan karya budaya di seluruh dunia.

CyArk berupaya mendokumentasikan dan melestarikan situs-situs ke dalam bentuk digital. Google ikut memberi uluran tangan dengan membantu mempublikasikan koleksi digitalisasi dari CyArk  dalam bentuk 3D dan VR. Orang-orang dapat menikmati tur dari situs-situs yang tersebar di 25 lokasi di 18 negara dengan menggunakan perangkat VR untuk komputer atau smartphone.

CyArk didirikan oleh Ben Kacyra, penemu pemindai laser 3D pertama di dunia. Perusahaan ini telah mempertahankan beberapa situs ikonik di seluruh dunia, yang beberapa diantaranya telah rusak dan hancur. Salah satu contohnya adalah Bagan, Myanmar karena terjadi gempa di tahun 2016. Namun CyArk sebelumnya telah berhasil mendokumentasikan situs tersebut melalui pemindaian dan pemetaan 3D.

Google Arts & Culture akan menjadi sumber definitif bagi berbagai wisata situs sejarah arkeologi dan budaya. Tur digital ini bisa dibilang salah satu cara terbaik untuk melestarikan sejarah, budaya, dan arsitektur kuno bagi generasi berikutnya. Dengan teknologi ini juga tentunya memungkinkan orang-orang untuk menikmati perjalanan tur tanpa harus merogoh kocek dalam dengan perjalanan keliling dunia dan tentunya juga bisa dijadikan media promosi yang baik untuk situs-situs wisata dunia.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: