Tidak dapat dipungkiri bahwa youtube semakin bukan tempat yang ramah untuk anak bahkan dengan menggunakan filter sekalipun. Berbagai konten video yang berada di youtube seperti tidak terkendali lagi, berbagai video yang berkedok keluaraga atau anak tetapi memuat konten yang tidak layak dilihat untuk anak sama sekali. Menurut BuzzFeed, platform ini berencana untuk mengambil pendekatan yang lebih langsung  dengan merilis versi baru dari aplikasi Anak yang hanya menampilkan video dan saluran yang dipilih oleh tim kurator YouTube.

Saat ini youtube mencoba untuk membersihkan situs web mereka dan telah menarik ratusan ribu video dan berbagai komentar yang mengeksploitasi anak yang dilakukan oleh predator anak. Pembersihan ini masihmenggunakan algoritma oleh youtube dan masih menampilkan dan merekomendasi berbagai teori konspirasi termasuk Bumi datar dan pendaratan di bulan palsu kepada anak-anak, maka upaya pembersihannya masih belum terlalu berhasil. Pembersihan yang dilakukan oleh  Kurated dapat meyakinkan orang tua bahwa anak-anak mereka tidak akan menemukan sesuatu yang tidak pantas.

YouTube masih akan  memberi orang tua kebebasan untuk memilih, meskipun report BuzzFeed mengatakan mereka akan dapat beralih antara versi standar aplikasi dengan video yang direkomendasikan secara algoritme dan versi yang dikurasi. Platform itu tidak membenarkan atau membantah laporan itu, tetapi sumber-sumber publikasi mengatakan versi aplikasi dalam daftar putih bisa tersedia dalam beberapa minggu mendatang.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s