Baru-baru ini terbit peraturan SE Keselamatan Nomor 015 Tahun 2018 melalui Kementerian Perhubungan yang mana berisi besaran kapasitas powerbank yang diijinkan untuk dibawa dalam penerbangan. Peraturan tersebut sempat membingungkan para calon penumpang di arenakan satuan yang tercantum adalah Watt-hour / daya per-jam (Wh) sedangkan kebanyakan powerbank yang dijual saat ini di tanah air menggunakan miliamphere (mAh). Kapasitas yang di ijinkan tidak lebih dari 100 Wh dan bila kapasitas mencapai dibawah 160Wh harus mendapatkan persetujuan dari maskapai dan diperbolehkan untuk dibawa maksimal dua unit per penumpang.

Satuan Wh yang digunakan mengacu pada standart Internasional yang mana menggunakan Wh sedangkan pasar Indonesia mencantumkan mAh, tetapi terkadang kita juga akan menemukan satuan Wh dituliskan juga tetapi dengan huruf yang lebih kecil, Lalu bagaimana bila tidak di cantumkan? Bhinneka akan memberikan sedikit tips untuk menghitung satuan mAh menjadi Wh dengan sedikit rumus.

Pada contoh diatas, pada kolom capacity tercantum dalam 2 satuan, mAh dan Wh dengan begitu Anda tidak perlu meng-convert mAh ke Wh, lalu bagaimana bila tidak mencantumkan satuan Wh, Anda dapat menghitung dengan cara sebagai berikut : Kapasitas tercantum adalah 20.000mAh, maka Anda harus meng-convert ke satuan Ah terlebih dahulu dengan membagi 1.000 :

20.000 mAh : 1.000 = 20Ah 

Hal ini dikarenakan voltage battery yang di gunakan pada laptop, kamera, powerbank dan lain sebagainya berbeda-beda dan standart mAh pun bisa berbeda-beda setiap battey, tergantung dengan voltagenya. Setelah mendapatkan satuan Ah anda harus mencari kapasitas voltagenya (standart output voltage), pada contoh diatas disebutkan voltage powerbank tersebut sebesar 5V sehingga Anda harus meng-kalikan angka Ah diatas dengan angka voltage :

Wh = 20 Ah x 5 V = 100 Wh

Artinya powerbank ini aman untuk dibawa terbang karena tidak melebihi batasan atau sama dengan 100 Wh yang ditentukan Kemenhub. Bila Anda perhatikan gambar diatas, Angka yang satuan Wh yang tertulis tidak sama dengan hitungan, karena angka yang di sebutkan adalah angka efisiensi yang dapat diberikan oleh powerbank tersebut.

Sedikit tips tambahan dari kami, pilihlah powerbank yang memang mencantumkan kapasitas lengkap sehingga Anda tidak perlu menghitung kapasitas Wh ketika akan membawanya ketika menaiki pesawat dan pilih juga dari merek ternama karena biasanya powerbank jenis ini sudah di lengkapi dengan chip pengaman voltage in/out untuk menghindari kerusakan.

Bila powerbank yang Anda miliki meragukan, segeralah ganti dengan yang pasti aman untuk menghindari kerusakan yang membahayakan Anda dan orang lain. Anda dapat mendapatkan berbagai powerbank ber-kualitas pada situs Bhinneka dan pastinya mempunyai garansi resmi yang asli bikin tenang.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s