Andrew Ahn selaku Produk Manager dari Google Play, mengatakan saat ini mereka telah menghapus aplikasi yang ter-identifikasi mengandung malware dan peretas keamanan system operasi Android. Jumlah yang di take down tidaklah main-main, selama 2017 kemarin, Google membuang lebih dari 700.000 aplikasi yang berarti naik sekitar 70 persen dari tahun 2016 sebanyak 400.000 an aplikasi.

Pembersihan ini berlangsung sangat cepat berkat mesin pencari Google sudah dapat meng-identifikasi dan langsung melakukan penghapusan dengan akurasi hingga 99 persen sebelum pengguna melakukan download aplikasi yang di sinyalir mengandung malware tersebut.

“Google Play berkomitmen untuk menyediakan pengalaman aman bagi  pengguna Android untuk menemukan dan menggunakan aplikasi. Selama bertahun-tahun, Google Play ber-komitmen menjadi tempat yang terpercaya dan aman. Tahun lalu kami memiliki lebih dari separuh probabilitas pengguna memasang aplikasi yang buruk, melindungi orang dan perangkat mereka dari bahaya, dan membuat Google Play menjadi tempat yang lebih menantang bagi mereka yang berusaha menyalahgunakan ekosistem aplikasi untuk keuntungan mereka sendiri.”

Selain pemusnahan massal aplikasi yang mengandung malware, Google juga membuang sekitar 100.000 developer account sehingga mereka tidak dapat melakukan hal tersebut lagi. 250.000 aplikasi copycat juga tidak luput dari pemusnahan masaal tersebut, biasanya aplikasi copycat tersebut menggunakan nama yang kurang lebih sama dengan icon yang sama dengan aplikasi yang sebenarnya.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s