Saat ini, online shopping atau aktivitas belanja online makin tidak asing bagi para netizen Indonesia. Jumlahnya pun mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan, seiring dengan bertambahnya pengguna internet di Tanah Air.

Sebagai perbandingan, survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta jiwa pada 2014. Dari angka tersebut, 11 persen melakukan aktivitas jual-beli online. Sedangkan dari hasil survei APJII pada tahun 2016, jumlah pengguna internet melonjak jadi 132,7 juta jiwa, dan yang mengakses konten jual-beli online mencapai 62 persen di antaranya.

Terjadinya peningkatan ini tentu dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya adalah harga yang bersaing, serta promo-promo yang diberikan dalam berbagai format. Untuk itu, mari kenali dan pahami setiap bentuk promo yang dihadirkan agar bisa dimanfaatkan lebih maksimal.

Berikut adalah beberapa bentuk promo belanja online yang sering kita temui.

  • Diskon Biasa (Potongan Harga Reguler)

Promo ini berupa diskon seperti pada umumnya, yakni pengurangan harga jual. Misalnya ada satu produk seharga Rp 100.000, dijual hanya Rp 90.000. Konsumen bisa memanfaatkan potongan harga sebesar Rp 10.000, atau 10 persen dari harga jual awal. Di halaman produk masing-masing, konsumen bisa melihat harga awal dan harga diskonnya.

Lazimnya, promo jenis ini diselenggarakan sendiri oleh online shop atau toko online, Marketplace, atau bentuk-bentuk e-commerce lainnya tanpa bekerja sama dengan pihak-pihak lain.

  • Diskon Tematik (Potongan Harga Khusus)

Agak berbeda dengan diskon biasa, diskon tematik dihadirkan para perusahaan e-commerce dalam bentuk kode tertentu (kerap disebut e-coupon atau kupon elektronik) dan memiliki masa berlaku. Sama-sama memberikan potongan harga, tapi konsumen harus memasukkan kode tersebut saat ingin melakukan pembayaran. Dengan demikian, konsumen berpeluang untuk mendapatkan diskon dobel sesuai ketentuan yang berlaku (misalnya: harga minimal, kuantitas minimal-maksimal, maksimal diskon, dan sebagainya). Dari potongan harga reguler, ditambah lagi e-coupon. Jadi, harus jeli ya.

  • Diskon Metode Pembayaran (Potongan Harga Khusus)

Apabila diskon biasa dan diskon tematik bisa dinikmati semua konsumen, diskon khusus ini hanya berlaku untuk konsumen yang menggunakan metode pembayaran tertentu.

Seperti diketahui bersama, ada berbagai cara pembayaran yang bisa digunakan saat berbelanja online;

  • Transfer ke rekening bank
  • Pembayaran transaksi e-commerce di mesin ATM
  • Tunai di tempat/Cash on Delivery (COD)
  • Pembayaran dengan kartu kredit
  • Pembayaran dengan internet banking/kartu debit
  • Pembayaran melalui jaringan gerai swalayan/Kantor Pos
  • Pembayaran dengan uang elektronik
  • Cicilan dengan kartu kredit
  • Cicilan tanpa kartu kredit

Diskon ini bisa berbentuk kode e-coupon yang harus dimasukkan secara manual, maupun berupa potongan otomatis yang muncul di detail harga setelah konsumen memilih cara pembayaran. Konsumen pun diberi keleluasaan untuk memilih metode pembayaran dengan diskon paling menguntungkan.

  • Cicilan 0% untuk Kartu Kredit

Fasilitas ini termasuk dalam promo, karena konsumen bisa melakukan pembayaran berkala tanpa tambahan bunga.

Pada dasarnya, setiap merek kartu kredit memang menyediakan fitur cicilan secara manual, alias melakukan pembelian terlebih dahulu kemudian meminta dijadikan cicilan ke penerbit kartu. Akan tetapi ada bunga yang dibebankan.

Promo ini sangat bermanfaat, terutama untuk pembelian produk dengan harga relatif tinggi.

belanja online

  • Cashback dari Cicilan

Nah, sesuai namanya, promo ini bisa dibilang berupa potongan harga yang diberikan belakangan, tergantung sistem yang berlaku. Syarat standarnya, barang harus dibeli secara cicilan kartu kredit dengan bunga 0%.

Ada toko online yang memberikan nilai cashback langsung di halaman pembayaran, sehingga konsumen mencicil harga barang yang sudah dikurangi potongan. Ada pula yang menerapkan cashback berupa gratis cicilan 1 bulan. Misalnya dari cicilan 12 bulan, konsumen hanya mencicil selama 11 bulan. Kembali lagi, perbedaan ini disesuaikan dengan ketentuan masing-masing toko.

  • Gratis Ongkos Kirim

Belanja online tentu tidak bisa dilepaskan dari ekspedisi atau pengiriman barang. Hal ini justru menjadi salah satu alasan makin banyak masyarakat yang lebih memilih berbelanja online, dibanding datang ke toko dan melakukan transaksi seperti biasa. Dengan promo gratis ongkos kirim, konsumen mendapat keuntungan hanya perlu membayar harga barang. Apalagi jika harganya juga sudah dikenakan diskon.

belanja online gratis ongkir

Hanya saja, konsumen perlu memerhatikan ketentuan yang berlaku. Ada gratis ongkos kirim yang bersifat total, ada pula gratis ongkos kirim sampai nominal tertentu. Walau bagaimana pun juga, produk-produk tertentu seperti barang elektronik, benda cair, atau yang memiliki bobot tertentu harus mendapatkan penanganan khusus saat pengiriman.

  • Point Reward

Banyak perusahaan e-commerce di Indonesia yang memberlakukan reward berupa poin kepada para konsumennya. Untuk setiap aktivitas yang dilakukan, mulai login sampai transaksi jual-beli, konsumen bisa mengumpulkan poin yang nantinya dapat ditukar menjadi potongan harga saat belanja.

  • Bonus Produk

Promo ini memungkinkan konsumen mendapatkan barang tertentu secara gratis, apabila membeli produk-produk khusus.

Barang yang diberikan bisa berupa komplementer atau melengkapi pemakaian produk yang dibeli, bisa juga berupa hadiah yang tidak berhubungan dengan produk yang dibeli.

Inilah beberapa bentuk promo belanja online yang sering kita temui, dan bisa menambah serunya berbelanja lewat internet.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s