Muncul sebagai bagian dari perkembangan teknologi komunikasi, kini media sosial telah memegang peranan penting dalam banyak bidang. Dari yang awalnya lebih banyak dimanfaatkan untuk aktivitas personal, hingga akhirnya diberdayakan sebagai saluran informasi resmi kelembagaan.

Dengan beragam jenisnya, penggunaan media sosial memberi suasana baru dalam berkomunikasi, dan membuka banyak kemungkinan untuk dieksplorasi lebih lanjut. Operasionalnya relatif gampang, serta sangat familiar di kalangan anak muda yang sudah terbiasa berselancar di dunia maya.

Dari perspektif marketing, penggunaan media sosial bisa dilihat sebagai ancaman (threats) sekaligus peluang (opportunities). Ancaman, karena media sosial memiliki efek komunikasi massa yang besar dan seringkali sulit dibendung. Terutama mengenai citra dan reputasi korporasi yang terpapar secara publik. Apalagi melihat perilaku (behaviour) pada pengguna media sosial di Indonesia dalam data hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun lalu, yang turut ditayangkan di laman milik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas).

Data tersebut mencatat, dari total 132,7 juta pengguna internet di Tanah Air per tahun lalu, 97,4 persennya (129,2 juta orang) mengakses konten media sosial. Angka ini lebih tinggi daripada pengakses konten lainnya, yaitu hiburan (128,4 juta), berita (127,9 juta), pendidikan (124,4 juta), komersial (123,5 juta), maupun layanan publik (121,5 juta).

Atas dasar itu pula, penggunaan media sosial menjadi sumber peluang yang sangat signifikan bagi korporasi. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

Peluang Komunikasi

Media sosial bisa makin mendekatkan antara korporasi dan publik, membuat tak ada lagi jarak, baik kepada pelanggan maupun masyarakat umum. Pelanggan bisa bertanya atau melakukan percakapan terkait produk dan layanan yang sedang berlangsung, tanpa harus menggunakan cara-cara konvensional yang lebih mahal dan memakan waktu. Termasuk melakukan panggilan telepon.

Pertanyaan bisa disampaikan di timeline akun media sosial, bisa juga disampaikan lebih privat melalui pesan langsung atau Direct Message (DM). Sesederhana mengirim pesan singkat kepada kenalan lewat handphone. Tanggapan akan diberikan dalam format tanya-jawab relatif cepat, disesuaikan dengan trafik dan ketentuan setiap korporasi.

Seperti yang dilakukan Bhinneka. Selain memanfaatkan metode umum seperti telepon ke (021) 29292828,  mengirim email ke berbagai alamat resmi sesuai kepentingan, dan chat langsung dari situs, juga disiapkan jalur-jalur media sosial untuk menerima pesan dari masyarakat. Ada Facebook fan page, Twitter, Instagram, Google+, dan LINE.

Dewasa ini, media sosial sudah menjadi salah satu penghimpun informasi penting untuk membenahi diri. Ada relasi yang saling penuh manfaat antara korporasi dan masyarakat, ketika keluhan, masukan dan saran diterima serta ditangani dengan baik, serta menjadi catatan untuk terus membenahi pelayanan. Tidak melulu urusan serius, media sosial juga dapat digunakan sekadar untuk membangun keakraban dan keseruan.

Sedangkan untuk masyarakat umum, korporasi bisa menjangkau lebih banyak orang (new leads). Membuat yang belum tahu menjadi tahu, serta memunculkan ketertarikan dengan cara dan konten yang sedemikian rupa. Hal ini bisa ditindaklanjuti sebagai…

Peluang Pemasaran

Media sosial bisa diberdayakan untuk berbagai fungsi. Salah satunya adalah mempertemukan kebutuhan dan ketersediaan, dengan cara yang gampang dan efisien. Bahkan khusus untuk peluang yang satu ini, hampir semua platform sudah mengembangkan layanan pemasarannya.

Facebook salah satunya, yang sudah memiliki Facebook Shop dalam menu standar fan page-nya, yang bisa menampilkan deretan barang laiknya etalase toko. Lengkap dengan detail berupa deskripsi, jenis-jenis varian produk, harga dan diskonnya. Netizen juga bisa langsung memesan atau membeli produk di Facebook Shop, tergantung metode transaksi yang sudah diatur sebelumnya.

Untuk memudahkan pelanggan, Bhinneka juga melayani pembelian melalui Twitter, Facebook dengan DM, Facebook Shop, dan LINE. Ditambah lagi, ada beragam promo menarik spesial untuk pembelian lewat kanal-kanal tersebut.

Cobain aja…

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s