Bagi B’Nerz pengguna smartphone pastilah paham, ada beberapa jenis  yang baterainya tahan lama dan ada yang tidak. Tentunya akan sangat mengganggu saat B’Nerz lagi butuh smartphone untuk melakukan sesuatu tapi baterai malah ngedrop dan harus sering-sering ngecharge.

Buat B’Nerz yang ingin durasi baterai smartphone lebih tahan lama, ada beberapa hal yang bisa B’Nerz lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meredupkan Cahaya layar

Dalam banyak smartphone, B’Nerz pasti menemukan pengaturan cahaya yang fungsinya mengatur terang dan redup tampilan pada layar. Biasanya terdapat pada setting atau shortcut di atas layar yang bisa diakses dengan cara swipe kebawah bagian ujung atas layar sehingga muncul pengaturan ini.

  1. Matikan beberapa koneksi yang tidak digunakan

Dengan cara mematikan beberapa fitur pada shortcut tadi, kamu bisa menghemat konsumsi baterai untuk fitur tersebut. Misalnya bluetooth. Fitur bluetooth ini sudah jarang digunakan karena file bisa dikirim melalui aplikasi chat seperti WhatsApp atau Line. Selain itu, mematikan fitur wifi juga berdampak pada pengurangan jumlah konsumsi daya baterai. Banyak dari kamu yang menggunakan paket data dari pada koneksi wifi. Hidupkan wifi jika berada di hotspot area saja.

  1. Nyalakan fitur synchronize hanya jika diperlukan

Ini adalah salah satu fitur yang memerlukan tenaga cukup banyak. Fitur “sync” membutuhkan update data dengan cara mengakses berbagai server pada aplikasi yang B’Nerz miliki, seperti Google Maps, kontak media sosial, dan lain sebagainya. Dengan menyalakan di waktu tertentu, kamu bisa menghemat baterai sehingga durasi baterai kamu lebih tahan lama. Proses download dari server ketika sync berjalan tentu memakan daya baterai yang lumayan banyak. Jika kamu mengaktifkan setiap saat, dikhawatirkan baterai kamu akan berkurang tanpa kamu sadari.

  1. Tidak sering membuka smartphone

Dengan kata lain B’Nerz mengunci smartphone menjadi mode layar gelap. Membuka kunci (unlock) hanya jika akan melakukan aktivitas penting seperti chat atau mencari informasi penting. Selebihnya, biarkan smartphone kamu beristirahat dengan tenang untuk menghemat baterai. Meng-unlock smartphone artinya menyalakan cahaya pada layar. Tentu ini mengkonsumsi daya baterai kamu.

  1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan

Beberapa aplikasi tidak hanya mengkonsumsi RAM, tapi juga baterai. Kamu bisa menon aktifkan aplikasi dengan tingkat konsumsi baterai tinggi seperti Maps atau game untuk menjaga supaya baterai kamu tetap tahan lama dan bisa digunakan pada saat ugent saja.

  1. Menggunakan alat bantu powerbank

Langkah terakhir untuk menjaga smartphone kamu tetap terisi baterainya adalah dengan selalu menyiapkan powerbank. Powerbank ini menjadi alat bantu penyelamat dikala kamu kehabisan daya baterai di tempat yang kamu tidak bisa menemukan colokan listrik. Ada baiknya setelah bepergian selama seharian (misal kerja), charge smartphone kamu hingga penuh, lakukan ini di malam hari. Jika sebelum tidur smartphone kamu sudah terisi penuh, segera matikan setelah tidak ada lagi aktivitas yang dirasa penting. Ini juga untuk mengistirahatkan baterai dan menjaga supaya smartphone tidak melulu diforsir kerja RAMnya.

Itulah 6 tips bagaimana cara menghemat baterai smartphone. Langkah mudah tersebut sering terabaikan mengingat kesibukan user yang berbeda. Sering melakukan charging setelah hampir benar-benar kosong juga kelalaian yang membawa petaka. Untuk mengisi baterai hingga hampir penuh tentu diperlukan waktu yang tidak singkat.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s