Siapa tidak tahu Whatsapp? Saat ini hampir semua orang yang menggunakan smartphone menggunakan aplikasi pesan digital Whatsapp. Bahkan, saat ini kehadiran Whatsapp sudah mulai menggantikan posisi SMS (Sort Messeging Service) sebagai layanan pesan utama sebuah ponsel. Whatsapp tidak hanya sekedar layanan pesan digital, namun juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti mengirim gambar, suara, video bahkan dapat digunakan untuk panggilan. Tidak Cuma untuk satu orang, Whatsapp juga bisa digunakan untuk kamu dan teman-temanmu dengan membuat grup obrolan.

Meskipun digunakan hampir semua orang, tidak semua fitur di dalam Whatsapp yang digunakan secara maksimal. Beberapa orang bahkan tidak mengetahui adanya fitur-fitur tersebut. Padahal, fitur-fitur ini sangat bermanfaat dan membantu proses komunikasi di dalamnya. Diantara fitur-fitur yang jarang diketahui orang ini dapat berguna untuk menjaga privasi, mengatur penggunaan data, penyimpanan media, bahkan untuk memback up percakapan sebelumnya. Untuk mengetahui fitur-fitur layanan pesan milik Facebook ini sebenarnya cukup mudah. B’Nerz tinggal mengeksplorasi beberapa menu pilihan yang tersedia.

Fitur-fitur Yang Jarang Diketahui Dalam Whatsapp

Berikut ini telah kami rangkumkan untuk kamu beberapa fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi WhatssApp dan jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Diantaranya adalah:

  1. Menghilangkan Keterangan “Last Seen” dan “Centang Read Biru”

Secara otomatis, Whatsapp memberikan keterangan kapan terakhir pengguna membuka aplikasi ini (Last Seen) untuk mengetahui apakah seseorang sedang aktif atau tidak. Selain itu, yang paling terlihat adalah ketika seorang mengirim pesan. Whatsapp memberikan keterangan apakah pesan tersebut sudah sampai atau belum bahkan sudah dibaca atau belum (dua centang biru). Dua fitur ini memang sangat membantu dalam hal komunikasi.

Sayangnya, terkadang seseorang butuh privasi tersendiri. Untuk itu, Whatsapp juga memberikan fitur untuk tidak mengaktifkan dua hal tersebut. Untuk menghilangkan keterangan terakhir dilihat “last seen”, kamu bisa membuka menu Setting. Setelah itu, pilihlah tab ‘Account’ selanjutnya masuk dan pilih ‘Privacy’. Kemudian pilih ‘Last Seen’. Secara otomatis, akan muncul pop-up pilihan. B’Nerz lalu bisa pilih siapa saja yang bisa melihat keterangan ‘last seen’.

Baik itu ‘Everybody’ atau semua orang, ‘My Contact’ untuk teman di kontak saja, atau ‘Nobody’ agar tidak dilihat siapapun. Sementara untuk menghilangkan centang biru ‘Read’, berada dipilihan yang sama dengan menghilangkan ‘last seen’, yaitu ‘Setting’ lalu ‘Account’ kemudian ‘Privacy’ setelah itu berada di pilihan paling bawah. Lalu non aktifkan tab Read Receipts.

  1. Menyimpan dan Backup Percakapan

Whatsapp menyediakan fitur backup dan penyimpanan pesan. Hal ini akan menjadi penting ketika kamu ingin pindah ponsel atau Hanphone, sehingga kamu harus menginstal ulang dan login Whatsapp di ponsel barumu itu. Jika kamu tidak mengaktifkan fitur backup, otomatis semua percakapan akan hilang. Namun, jika sudah diaktifkan, secara berkala Whatsapp akan menyimpan seluruh percakapan di email lalu bisa ditampilkan kembali pada perangkat baru.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Pilihlah menu ‘Setting’ lalu ‘Chat’ kemudian ‘Chat Backup’. Disana kamu bisa mengaktifkan fitur ini dan melakukan penyimpanan secara otomatis dengan hanya login akun Gmail. Maka secara otomatis, percakapan kamu akan disimpan di Google Drive.

  1. Menonaktifkan Fitur Download Media Otomatis

Fitur Whatsapp yang ini sangat penting bagi handphone yang memiliki sedikit ruang penyimpanan. Settingan bawaan dari Whatsapp adalah secara otomatis akan mendownload semua media yang dikirimkan kepada kamu baik itu gambar maupun video. Terkadang, kita tidak sadar terhadap hal ini, namun ketika membuka galeri, ternyata dipenuhi dengan gambar dari Whatsapp. Untuk menonaktifkan download otomatis ini, cukup masuk ke menu ‘Setting’, lalu pilih ‘Data Usage’.

Nah, di dalamnya kamu pilih ‘Media Auto Download’ yang mengatur otomatisasi download media. Terdapat tiga tab di dalamnya, yaitu ‘When Using Mobile Data’, ‘When Connected on Wi-Fi’ dan ‘When Roaming’. B’Nerz bisa pilih salah satu tab tersebut sesuai dengan kebutuhan.

  1. Menebalkan dan Memiringkan Huruf

Nah, inilah yang memang tidak disediakan secara langsung oleh Whatsapp. B’Nerz harus memasukkan beberapa kode tambahan untuk membuat huruf ketika menulis pesan dalam Whatsapp menjadi miring atau tebal. Untuk memiringkan huruf, gunakan ‘underscore’ atau (_) diantara kata yang ingin dimiringkan. Seperti contoh _kata_. Sedangkan untuk menebalkan huruf menggunakan tanda bintang  (*) seperti *kata*. Ada satu fitur lagi yang hampir sama yaitu untuk mencoret kata (strike through). Caranya yaitu dengan memberikan tanda (~) diantara kata yang diinginkan seperti ~kata~.

Itulah beberapa fitur yang jarang diketahui dan digunakan oleh banyak pengguna Whatsapp. Setelah mengetahuinya, kamu bisa mulai mencoba untuk menggunakannya. Fitur yang jarang diketahui ini juga bisa kamu informasikan kepada teman dan sahabat, terutama yang membutuhkan privasi lebih atau orang yang ingin pindah ponsel atau yang suka dengan beberapa variasi huruf.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s