Salah satu hobi yang saat ini mulai banyak digemari adalah bermain drone atau pesawat baling tanpa awak. Tidak hanya sekedar untuk diterbangkan, pesawat drone biasanya dilengkapi dengan kamera sehingga B’Nerz bisa mengambil gambar dari posisi ketinggian dan lebih luas. Terlihat simple, namun untuk menerbangkan pesawat drone membutuhkan skill khusus. Bagi para pemula, untuk sekedar menerbangkan mungkin mudah saja, namun lebih jauh lagi untuk bagaimana cara menyeimbangkannya, cara membelokkannya, B’Nerz perlu beberapa persiapan dan tentunya latihan sampai mahir mengoperasikannya.

Bagi B’Nerz, para penerbang awal yang masih belajar. Pertama kali menerbangkan drone, B’Nerz pasti akan merasa banyak khawatir. Hal tersebut adalah wajar. Beberapa kekhawatiran yang sering dirasakan adalah takut menerbangkannya terlalu tinggi, keluar dari jangkauan remote control, terbawa angin, hingga takut menabrak pohon. Setiap drone memiliki kapasitas dan batasan masing-masing, sehingga jika diterbangkan terlalu tinggi atau terlalu jauh dari jangkauan transmitter, drone justru bisa jatuh dan rusak. Untuk itu, perlu diketahui beberapa tips dan langkah menerbangkan drone bagi pemula.

Langkah Menerbangkan Drone Untuk Pemula

Yang pertama dilakukan sebelum menerbangkan drone adalah membaca buku panduannya dengan jelas. Bacalah dengan cermat dan detail apa saja fitur-fitur yang disediakan serta batasan-batasannya. Yang paling penting dari buku ini adalah untuk mengetahui fungsi dari stick kontrolnya. Bagaimana cara menaikkan, menurunkan, membelokkan dst. Setelah membaca buku panduan dengan cermat, langkah berikutnya adalah memeriksa kondisi drone. Pastikan baterai  drone dan baterai transmitter masih terisi penuh.

  1. Bawalah baterai cadangan

Untuk lebih amannya, bawalah baterai cadangan serta pastikan pelindung baling-baling (prop guards) terpasang dengan baik. Untuk B’Nerz yang baru belajar mengoperasikan drone, lebih baik lepaskan dahulu kamera mounting (jika ada). Pelajari dahulu bagaimana cara menerbangkan drone, baru setelah lancar bisa dikombinasikan dengan pengoperasian kameranya. Hal ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila drone yang sudah terpasang kamera jatuh, otomatis kamera juga ikut terbentur.

  1. Mengemudikan ditempat yang luas

Untuk menghindari benturan, pastikan B’Nerz terbangkan drone di tempat luas dan terbuka. Hal ini penting untuk memperluas penglihatan. Lebih aman lagi, carilah tempat berumput, sehingga apabila jatuh tidak mengalami kerusakan parah.  Pastikan pula saat melakukan take off, lahan tidak berdebu. Ini penting agar quadcopter tidak kemasukan debu sehingga tidak merusak motor. Selanjutnya, terbangkan drone sesuai dengan aturan. Kementerian Perhubungan telah memberikan aturan-aturan terkait menerbangkan drone.

  1. Terbangkan ditempat yang sepi

Pastikan ketika B’Nerz terbangkan drone tidak mengganggu dan merugikan orang lain. Oleh sebab itu, jika mintalah izin sebelum menerbangkan drone di satu wilayah tertentu dengan hati-hati. Nah, setelah semua persiapan selesai, B’Nerz bisa mulai  menerbangkannya. Pertama, nyalakan drone baik di quadcopter dan transmitternya. Setelah keduanya siap, biasanya hingga lampu transmitter berkedip-kedip. Lalu tekan ke depan troller hingga baling-baling bergerak, setelah itu angkat drone secara perlahan. Jangan terlalu tinggi. Untuk masa pembelajaran, cukup naik turunkan drone secara perlahan dulu.

  1. Berlatihlah menggerakkan ke kanan dan kiri

Setelah dirasa cukup menguasai, baru bisa dilanjutkan dengan gerakan ke kiri, kanan, maju atau mundur. Perlahan saja, jangan langsung cepat. Lakukan ini beberapa kali hingga mahir. Langkah yang paling sulit adalah Hovering atau mengambang di udara. Hal ini tentu tidak mudah bagi penerbang pemula. Untuk mempertahankan posisi drone di ketinggian tertentu tanpa bergerak adalah cukup susah. Namun, bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan, yang paling penting selanjutnya adalah menerbangkan dengan perasaan.

Layaknya mengendarai motor atau mobil, perkiraan-perkiraan sangat penting agar drone terbang dengan stabil. Gunakan perasaan untuk memperkirakan terbangnya drone melalui transmitter yang B’Nerz pegang. Itulah beberapa langkah untuk menerbangkan drone bagi pemula. Menerbangkan drone memang sangat asik jika dijadikan hobi. Untuk menguasainya sebenarnya cukup dengan lebih sering berlatih, lama-lama kelamaan juga akan terbiasa. Dalam berlatih, jangan terlalu takut juga untuk menerbangkan di luar ruangan, karena hal itu akan memberikan banyak hal baru buat B’Nerz. Selamat bermain.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s