Fasilitas dan jaringan internet yang cepat dan merata sangat penting untuk kemajuan bangsa. Hal ini karena sekarang internet dibutuhkan di hampir semua lini kehidupan. Tidak hanya di bidang ekonomi saja, namun juga dibidang politik, pendidikan, sosial, hukum dan sebagainya. Pentingnya internet ini tentunya sangat disadari oleh pemerintah maupun swasta. Karena itu berbagai cara dilakukan oleh pemerintah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memastikan akses internet yang merata dan cepat di seluruh Indonesia.

Kesenjangan Akses Internet Antar Wilayah Butuh Pemerataan

Jika B’Nerz sering bepergian ke luar kota, terutama ke kawasan pedesaan di luar Jawa, baik itu di Indonesia bagian Timur maupun daerah-daerah lainnya, tentu B’Nerz bisa bercerita bagaimana kualitas akses internet disana. Benar, akses internet di Indonesia sama sekali belum merata, karena tidak semua daerah bisa menikmati akses internet cepat. Selain itu, biaya akses data internet di daerah juga terlampau mahal. Sama sekali tak bisa dibandingkan ketika posisi B’Nerz di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya.

Bayangkan saja, di Jakarta B’Nerz bisa mengakses internet dengan kecepatan 7 MBps (megabyte per detik). Sementara di saat yang bersamaan, jika B’Nerz berada di Papua atau kawasan Indonesia Timur lainnya, kecepatan maksimal internet yang bisa B’Nerz dapatkan hanya berkisar di 300 kilobyte perdetik. Ada jurang perbedaan yang begitu besar bukan? Belum lagi, untuk kecepatan internet yang begitu lambat biaya yang yang harus dikeluarkan untuk membayar akses internet tersebut sangat besar disana.

Dengan fakta yang ada tersebut, tentunya pemerintah harus segera turun tangan untuk pemerataan akses internet cepat di seluruh Indonesia. Program yang kemudian diluncurkan pemerintah untuk memastikan internet cepat dan merata di seluruh Indonesia adalah Proyek Palapa Ring. Proyek ini berwujud pembangunan jaringan infrastruktur pita lebar. Palapa Ring terbagi tiga area yaitu Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur.

Internet Cepat dan Merata Penting Bagi Kemajuan Bangsa

Proyek Palapa Ring yang direncanakan akan selesai pada tahun 2019 tentunya menjadi harapan besar bagi banyak orang. Dengan proyek ini, orang dari Aceh sampai Papua, dan di kepulauan-kepulauan kecil yang tersebar di seluruh Indonesia akan bisa menikmati akses internet cepat dan murah. Tentunya ini akan meningkatkan laju perekonomian masyarakat. Informasi harga, perdagangan antar pulau dan antar negara akan semakin giat. Karena internet memungkinkan terbukanya akses informasi dan jaringan untuk segala kebutuhan.

Mimpinya, tentu saja tidak akan ada lagi wilayah tertinggal. Baik secara informasi, pendidikan, ekonomi dan layanan public. Internet memainkan peranan penting untuk mendorong kemajuan bangsa di berbagai sector. Dengan kehadiran internet cepat dan akses yang terjangkau dan murah masyarakat akan semakin giat berusaha, tertantang untuk belajar dan memajukan diri dan lingkungannya. Akses pengetahuan, ketrampilan dan peluang-peluang ekonomi politik lainnya akan semakin terbuka lebar.

Jika Indonesia bisa memajukan infrastruktur dan akses internet cepat dan murah bagi semua wilayah di Indonesia, hal ini juga menjadi nilai tambah. Karena artinya, warga negara Indonesia dimana pun bisa lebih terbuka dalam bersaing, berinovasi dan memberdayakan diri. Menciptakan banyak penemuan baru yang bermanfaat, tanpa ada batas kesulitan. Karena dengan akses informasi yang luas dan mudah siapa pun dan dimanapun kita bisa melakukan perubahan dan kemajuan.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s