Banyak aktifitas yang kita lakukan menggunakan laptop. Baik itu dalam menyelesaikan pekerjaan, bermain game ataupun menonton video. Saat menggunakan laptop, terkadang kita merasa perangkat tersebut menjadi cepat panas. Ini tentu tidak bisa dibiarkan, karena laptop yang cepat panas bisa mempengaruhi performa dan juga umur pakainya. Sayang kan, jika laptop yang sangat bermanfaat tersebut menjadi cepat rusak. Karena itu perlu diketahui penyebab laptop cepat panas dan juga cara mengatasinya.

Penyebab Laptop Menjadi Cepat Panas

Berbagai pekerjaan menggunakan laptop kadang baru bisa diselesaikan dalam waktu beberapa jam. Bermain game dan menonton video juga sangat mengasyikkan dan membuat waktu berlalu dengan sangat cepat. Padahal, kemampuan normal laptop umumnya hanya 3 jam. Jika lebih, panas akan terasa dari perangkat tersebut. Jika dalam kondisi normal laptop bisa menjadi panas, maka ada beberapa hal yang membuat laptop menjadi lebih cepat panas dari biasanya. Adapun penyebab laptop lebih cepat panas tersebut adalah:

  1. Peletakan yang tidak tepat

Penyebab pertama laptop menjadi cepat panas adalah sebuah kebiasaan yang mungkin sering kita lakukan. Ketika menggunakan laptop terkadang kita meletakkannya di atas kasur maupun bantal. Menggunakan laptop sambil tiduran atau bermalas-malasan memang enak, sih. Tapi akibatnya sirkulasi udara pada perangkat tersebut terhambat oleh kasur ataupun bantal. Komponen-komponen dibagian dalam perangkat juga menjadi lebih cepat panas dan kotoran bisa menumpuk diberbagai tempat, seperti heatsink processor.

  1. Kipas tidak bekerja dengan baik

Kipas merupakan bagian yang sangat penting untuk mendinginkan komponen-komponen laptop. Kipas ini akan membuang hawa panas dan mendatangkan udara baru yang lebih dingin. Karena fungsi kipas begitu penting, kinerjanya juga harus maksimal. Jika kipas tidak bekerja dengan baik, bisa dipastikan sirkulasi udara tidak akan berjalan lancar dan laptoppun menjadi lebih cepat panas. Ada beberapa penyebab yang dapat menghambat kerja kipas. Diantaranya adalah tumpukan kotoran yang membuat putaran kipas menjadi lambat.

  1. Therma paste yang mengering

Penyebab lainnya dari laptop yang menjadi lebih cepat panas adalah Therma paste yang mengering. Therma paste adalah gel yang ditempatkan dibagian atas processor. Fungsinya adalah mengurangi suhu panas yang dihasilkan komponen tersebut. Seperti yang kita semua tahu kalau prosesor merupakan salah satu komponen laptop yang paling cepat panas. Pada laptop yang sudah lama usianya, Therma paste ini bisa menjadi kering. Dengan mengeringnya gel tersebut, maka kemampuan untuk meredam panas dari prosesorpun akan semakin berkurang.

Laptop yang overheat atau mengalami panas berlebih sebaiknya kita matikan saja. Tunggu sampai dingin baru kemudian digunakan lagi. Tetapi jika kebutuhan akan laptop tidak bisa menggunakan cara sederhana tersebut, maka tindakan lebih lanjut harus dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat laptop kembali berfungsi dengan normal. Jadi peningkatan suhunya bisa lebih terkendali dan tidak sampai menyebabkan kerusakan.

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

Setelah mengetahui penyebab laptop menjadi lebih cepat panas, kini kita akan mencoba membahas solusi yang bisa dilakukan. Jika laptop menjadi cepat panas karena penumpukan kotoran pada kipas ataupun heatsink, maka tindakan pembersihan adalah solusinya. Membersihkan kipas sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Jika B’Nerz dapat membuka bagian dalam laptop, maka kain halus, cotton buds ataupun kuas bisa digunakan untuk membersihkan kipas.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, penyebab lain laptop yang cepat panas adalah keringnya Thermal paste. Gejala yang terlihat adalah laptop yang sering mengalami overheat dan juga tiba-tiba blank. Itu tandanya Thermal paste sudah sangat kering atau dried out. Solusi untuk penyebab yang satu ini adalah mengganti Thermal paste tersebut.

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi laptop yang cepat panas adalah melakukan pengaturan atau setting ulang. Pengaturan LCD agar pencahayaannya menjadi minim dapat membantu mengurangi overheat. Selain itu Cooling Pad juga menjadi alat yang sangat membantu untuk mengurangi suhu panas pada laptop. Dengan Cooling Pad dan berbagai cara lain untuk mengatasi laptop yang cepat panas, maka kita bisa lebih nyaman menggunakan perangkat tersebut.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s