Foto bokeh sekarang ini menjadi salah satu trending dalam dunia fotografi. Jenis foto bokeh ini merupakan foto dengan background blur sehingga menampakkan satu objek inti yang lebih menonjol dan keren. Foto bokeh bisa didapatkan dengan menggunakan teknik pengaturan lensa khusus sehingga dihasilkan background blur dengan objek utama yang jelas dan terlihat keren. Biasanya foto bokeh ini digunakan untuk memotret objek model manusia dengan tujuan menonjolkannya dalam sebuah foto.

Untuk mendapatkan foto bokeh harus dilakukan dengan teknik khusus, tidak semua fotografer bisa menghasilkan foto bokeh yang keren. Dibutuhkan banyak latihan dan trik khusus agar foto bokeh yang dihasilkan menjadi bagus. Nah, untuk B’Nerz para fotografer yang ingin belajar mengambil foto bokeh, berikut ini tips khusus untuk B’Nerz:

  1. Gunakan pengaturan aperture yang besar

Pengambilan gambar dengan efek bokeh bukan langsung dari kamera melainkan dari pengaturan lensanya. Oleh karena itu, untuk mengambil gambar dengan efek bokeh maka pastikan jika setting aperture pada lensa ada pada bukaan yang paling besar. B’Nerz bisa mengatur aperture ini sampai pengaturan aperture yang maksimal. Selain itu, B’Nerz bisa mengatur aperture menjadi mode priority kemudian pada f ubahlah menjadi paling kecil. Cara mengubahnya yaitu dengan memutar ring aperture secara berlawanan dengan jarum jam. Dengan sendirinya depth of field akan dangkal.

  1. Persempit jarak antara obyek foto dengan kamera

Untuk mendapatkan efek bokeh, maka B’Nerz perlu mempersempit jarak obyek yang akan difoto dengan kamera. Semakin dekat obyek sebuah foto dengan kamera, maka efek background yang blur akan semakin tampak jelas. Untuk percobaan B’Nerz bisa mencoba meletakkan jari telunjuk didepan sebuah benda misalnya saja botol. Kemudian pandangi jari telunjuk B’Nerz dengan mata yang fokus lalu secara perlahan dekatkan jari telunjuk ke mata. Maka background berupa botol tadi akan terlihat semakin blur. Ini konsep yang digunakan untuk mendapatkan foto bokeh sempurna.

  1. Jauhkan objek dengan background

Selain dengan mendekatkan objek dengan kamera, B’Nerz perlu menjauhkan objek yang akan difoto dengan backgroundnya. B’Nerz bisa menempatkan model B’Nerz menjauhi background yang akan dibuat blur. Dengan jarak yang semakin jauh, maka efek blur pada background akan semakin bagus. Foto bokeh yang B’Nerz inginkan bisa terlihat sangat sempurna dengan jarak yang semakin jauh.

  1. Gunakanlah focal length sampai yang terpanjang

Untuk menghasilkan bokeh yang sempurna, gunakanlah focal length yang paling panjang yang B’Nerz miliki. Dengan focal length yang terpanjang, maka objek yang akan difoto akan semakin terpisah jauh dengan backgroundnya sehingga efek bokeh yang sempurna bisa B’Nerz dapatkan. Misalnya saja B’Nerz menggunakan lensa dengan focal length 70 sampai 200 mm, maka aturlah focal lenght kamera B’Nerz pada posisi 200 untuk hasil bokeh yang sempurna. Semakin panjang focal length yang digunakan, maka hasil foto bokeh akan semakin sempurna.

  1. Gunakan lensa optik yang terbaik

Kualitas lensa juga mempengaruhi hasil foto bokeh yang sempurna. Semakin bagus optik pada lensa, maka hasil foto bokeh akan semakian sempurna. Pengaturan pada lensa ini juga harus dimaksimalkan. Misalnya saja pada lensa dengan ukuran 18 sampai 20 mm maka gunakanlah focal lenght maksimal pada f5.6. Sedangkan jika B’Nerz menggunakan lensa dengan kualitas optik 70 sampai 200 mm maka gunakanlah focal length pada f2.8. Semakin bagus lensa optik yang digunakan maka hasil foto bokeh akan semakin sempurna.

  1. Gunakan lensa prime pada saat pengambilan gambar

Jika B’Nerz mempunyai lensa prime, maka manfaatkanlah lensa prime ini untuk mengambil foto bokeh yang sempurna. Prime lens ini merupakan focal length tunggal yang tida bisa dizoom. Dengan menggunakan lensa prime ini maka focal lenght yang digunakan pasti lebih besar dengan aperture yang besar pula. Dengan demikian, B’Nerz bisa mendapatkan efek bokeh yang sempurna dan hasilnya akan jauh lebih blur dari pada tanpa menggunakan lensa prime.

Teknik pengambilan foto bokeh ini memang harus dilakukan dengan cermat. Selain itu, diperlukan berkali-kali percobaan agar hasil foto bokeh benar-benar sempurna dengan blur background yang sempurna. Tidak hanya itu, seorang fotografer profesional maupun pemula yang ingin menggunakan teknik foto bokeh ini harus mempunyai kamera dan lensa yang mendukung agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Untuk itu B’Nerz bisa cek: Kamera DSLR dan Lensa DSLR . Semoga bermanfaat ya!!

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s