Bila kita mencari artikel “tips belajar fotografi” di internet akan banyak artikel yang mengulas hal tersebut. Karena begitu banyak pokok bahasan yang diulas, bagi para pemula yang baru akan mulai terkadang menjadi “down” dan mengurungkan niat untuk mempelajari fotografi lebih jauh lagi. Untuk lebih meringankan “beban” yang harus ditanggung pemula saat belajar, kita bisa mempelajari fotografi setahap demi setahap sambil berkarya agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Menentukan Target Dalam Mempelajari Fotografi

Bagi pemula, belajar terasa cukup berat karena mengikuti standar yang keliru. Karena itu, cobalah membagi kelas dalam fotografi agar terasa peningkatan level sehinggga belajar menjadi semakin terarah. Bagi B’Nerz yang belajar secara otodidak menentukan standar keberhasilan belajar sangat perlu dilakukan agar skill terus meningkat. Apabila bergabung dengan komunitas fotografi membuat B’Nerz minder, sebaiknya B’Nerz “off” dulu untuk meningkatkan semangat dan percaya diri.

Berhenti Bergantung Pada Spek Kamera & Perlengkapan Pendukung

Banyak pemula yang berhenti belajar karena fotografi dianggap sebagai hal yang mahal. Hal itu karena spek kamera yang mumpuni memiliki harga yang tinggi apalagi dilengkapi dengan asesoris secara lengkap. Untuk hal itu, B’Nerz perlu ingat banyak foto yang telah berumur puluhan tahun namun masih menjadi foto yang berkualitas dan bernilai estetis padahal pada saat pengambilan gambar spek kamera masih sangat rendah karena teknologi masa itu yang belum sehebat sekarang.

Apabila dibandingkan kamera terbaru, kamera zaman dulu mungkin akan kalah secara teknis dan mekanis.  Melihat kenyataan itu, meskipun dengan spek kamera yang biasa saja, ada kemungkinan B’Nerz akan menghasilakan gambar yang memiliki nilai tertentu sehingga akan menarik perhatian. Bagi kita yang memiliki spek kamera biasa saja, bisa lebih mengasah teknik dan perspektif agar menghasilkan gambar yagng berkualitas.

Belajar Sambil Berkarya

Kemampuan teknis kamera sangat diperlukan, namun bila kita ingin belajar menjadi fotografer, maka karya kita akan lebih diperlukan daripada kemampuan teknis. Karena itu, sebaiknya secara rutin kita membuat karya dengan melakukan hunting foto sesuai dengan kemampuan dan keinginan yang kita miliki. Setelah mendapatkan gambar yang kita inginkan, kita bisa melakukan editing sederhana dan segera pamerkan karya kita misalkan dengan media sosial.

Apabila B’Nerz masih malu-malu untuk memamerkan karya, B’Nerz bisa menggunakan akun yang disamarkan untuk memajang karya B’Nerz. Dengan cara ini, akan banyak support yang berupa pujian maupun kritik, sehingga kita dapat membuat suatu karya yang lebih baik. Selain memajang karya, B’Nerz juga bisa membandingkan hasil jepretan B’Nerz dengan foto sejenis yang telah beredar di dunia maya. Hal tersebut akan membuat proses belajar fotografi menjadi lebih cepat dan dinamis.

Memilih Genre Fotografi yang Sesuai Dengan Minat

Terkadang pada saat awal belajar, kita termotivasi karena dorongan finansial. Bahwa fotografer merupakan pekerjaan ideal yang memiliki bayaran manarik. Terlepas dari kontradiksi anggapan tersebut, dunia fotografi merupakan dunia seni yang dinamis. Karena itu, fotografer sejati pada akhirnya akan menjadi seorang seniman. Untuk meningkatkan kemampuan artistik, sebaiknya kita menentukan genre yang kita minati, agar bisa lebih cepat mengasah kemampuan fotografi yang kita miliki.

Genre fotografi sendiri sangat beragam karena dunia fotografi yang terus berkembang. Namun demikian, ada beberapa genre yang telah populer yang mungkin bisa kita ikuti. Yang antara lain seperti Wildlife Photography, Lanscape Photograpy, Photojournalism, Portaiture Photography, Street Photograpy, Food Photography, dan masih banyak lainnya. Dengan mengikuti genre tertentu, kita dapat mengasah perspektif, sehingga gambar yang kita ambil akan lebih bisa “bercerita dan bermakna”.

Tips belajar fotografi bagi pemula selain hal teknis untuk lebih mengusai kamera, juga dapat belajar dari segi artistik atau seni. Seperti halnya seni visual yang lain, fotografi juga menggunakan komposisi foto untuk menghasilkan gambar yang baik. Dengan melakukan latihan secara rutin dan belajar sambil berkarya, maka akan semakin mengasah kemampuan teknis maupun artistik yang ada. Dengan kemampuan yang semakin terasah tentu akan membuat kita semakin percaya diri.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s