Teknologi ultra high-definition (4K) telah hadir di industri TV sejak beberapa tahun silam, setelah satu dekade lalu terjadi peralihan dari layar definisi standar dengan resolusi 480p ke definisi tinggi 720p hingga Full HD 1080p. Kini peralihan tersebut jelas akan menuju 4K dan saatnya memutuskan memilih produk TV masa depan.

TV 4K dianggap sebagai representasi dari resolusi 3840×2160 pixels untuk TV yang menawarkan jumlah pixels empat kali lebih banyak dari display 1080p. Beberapa tahun lalu TV 4K masih sangat mahal, tidak memiliki format standar untuk transmisi video dan konten 4K masih sangat sedikit. Setelah itu banyak terjadi perubahan dan TV 4K secara perlahan mulai membanjiri pasar.

Teknologi dan pasar TV 4K kini dianggap telah matang, sehingga saat ini tidak perlu ragu lagi membeli TV 4K sebagai layar lebar baru di rumah. Ada dua alasan sederhana tentang perubahan ini, yakni harga TV 4K kini semakin wajar dan konten 4K mulai banyak tersedia. Tentu saja jika masih sayang dengan HDTV 1080p yang ada jangan terburu-buru menggantinya, namun bila memang berniat mengganti TV lama saatnya mempertimbangkan 4K. Berikut merupakan kelebihan yang dimiliki TV 4k:

  1. Harga Terjangkau
    Produsen seperti Sharp bahkan telah menawarkan TV 4K ukuran besar dengan harga lebih terjangkau. Sekitar dua tahun lalu harga TV 4K 65-inci berkisar antara 4,000 hingga 6,000 USD. Penurunan harga ini juga meluas ke produsen ternama lain yang produknya di pasaran dijual lebih mahal. Produk TV andalan LG dan Samsung mungkin lebih mahal beberapa ribu dolar, namun kini konsumen bisa memperoleh layar besar yang jauh lebih lengkap dibanding model dengan harga serupa pada tahun 2014.
  2. Nikmati Lebih Banyak Konten 4K
    Sama seperti HDTV, konten resolusi asli untuk TV 4K pada awalnya cukup sulit diperoleh. Masalah ini sedikit demi sedikit mulai teratasi dan perusahaan seperti Amazon dan Netflix layak mendapat pujian. Dalam beberapa tahun terakhir perusahaan terus menambah acara TV dan film 4K pada layanan streaming video mereka, sekaligus meningkatkan berbagai konten asli terutama yang diproduksi dan didistribusikan dalam format 4K.Bila konten 4K sudah lebih mudah diperoleh melalui media streaming, kini masih sulit menemukan siaran 4K dari TV kabel atau satelit. Nantinya, TV 4K yang kamu beli telah siap bila muncul gelombang besar konten 4K di masa mendatang. Standar HDMI 2.0 yang ada di TV 4K dapat menerima sinyal 4K hingga 60 frame per detik dari sumber video manapun yang kompatibel. Ini artinya, TV 4K kamu telah siap bila box TV kabel atau player Blu-ray beralih ke 4K.
  3. Fitur HDR
    HDR menjadi fitur premium yang membuat TV 4K menjadi sangat mahal. Fitur High Dynamic Range (HDR) membuat kamu bisa memperoleh gambaran yang lebih akurat dan detil dari konten 4K. Namun HDR bukan bagian paling penting dari pengalaman 4K, sehingga membeli teknologi ini merupakan investasi yang cukup mahal. Hanya jenis TV 4K high-end yang support HDR. Media HDR juga masih terbatas karena membutuhkan lebih banyak bandwith dibanding video 4K normal, serta butuh playar Blu-ray Ultra HD baru yang juga cukup mahal seperti Samsung UBD-K8500 untuk disc dengan HDR built-in. Di masa depan fitur ini bisa jadi akan tersedia luas di berbagai TV 4K hingga yang paling murah sekalipun.
  4. Saatnya Memilih 4K
    Kini ultra high-definition telah matang dan siap diadopsi secara luas, serta bukan lagi sebagai produk mewah. Kamu akan dengan mudah bisa menemukan TV 4K dengan berbagai kisaran harga yang semakin wajar. Seiring penurunan harga, performa TV 4K juga terus meningkat dan teknologi untuk membawa konten 4K ke layar menjadi relatif standar. Bila kamu berniat memiliki TV baru yang siap menghadapi masa depan, sekarang saat yang tepat memilih TV 4K.

Ayo tunggu apa lagi, dapa TV 4K dari Sharp, Sony, LG, dan lain sebagainya dengan penawaran menarik hanya di Bhinneka.Com.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s