Hi bikers! Kalian pasti sudah tahu bahwa bersepeda memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Menjaga kesehatan jantung, menjaga ukuran pinggang agar ideal, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat tersebut merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bersepeda.

Bersepeda juga dapat membakar kalori sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang, 400 kalori per jam apabila dengan kecepatan 10-11 mph, hingga 700 kalori apabila di medan berat selama 1 jam. Wah cocok sekali bukan untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Di samping itu, kamu tetap harus hati-hati, bersepeda terkadang membuat kita cepat pegal dan cedera jika terjatuh karena cara bersepeda yang kurang benar. Agar bersepeda kamu lebih asik, aman, dan menyenangkan, berikut merupakan tips bersepeda yang bisa kamu ikuti:

  1. Pastikan Kondisi Sepeda Baik

Sebelum bersepeda, pastikan dulu sepeda kamu dalam keadaan yang baik, mulai dari angin pada ban, rem, dan kondisi gear sepeda kamu. Pastikan semuanya dapat berfungsi dengan baik, karena tentunya berbahaya jika kamu bersepeda dengan rem yang tidak pakem dan tidak nyaman bukan bersepeda dengan ban yang kempes.

sepeda-1

  1. Gunakan Shifter

Kebanyakan orang suka bersepeda dengan menggunakan gear tertinggi sepanjang waktu dengan maksud untuk memperoleh kecepatan semaksimal mungkin dan mengayuh dengah keras. Hal ini menyebabkan kamu cepat lelah. Cara ini tidak hanya membuat kaki kamu pegal saja, tapi juga dapat merusak otot dan persendian kamu loh. Bersepeda yang benar adalah mengusahakan kayuhan berada di kisaran 80/100 putar per menit (RPM). Turunkan gear bila kamu bersepeda di jalan menanjak. Operlah shifter sesering mungkin untuk kenyamanan kaki kamu saat mengayuh pedal.

  1. Pakailah Pelindung Kepala

Penggunaan helm tidak hanya dibutuhkan untuk pengedara motor saja, tetapi juga penting untuk pengendara sepeda. Walaupun kamu tidak akan kena tilang jika bersepeda tidak memakai helm, namun tetap gunakan ya. Karena hal itu sangatlah efektif dalam menjaga keamanan bersepeda. Agar tetap aman saat bersepeda, gunakanlah helm yang sesuai standar agar terhindar dari cedera kepala.

sepeda-3

  1. Mulai Bersepeda dengan Perlahan

Saat kamu mulai bersepeda, mulailah dengan perlahan, kemudian baru tingkatkan kecepatan. Hindari bersepeda dengan langsung mengambil jarak tempuh yang jauh atau durasi yang lama, karena otot kamu belum siap dan bisa membuat paha atau betis kamu sakit. Kamu dapat memulainya dengan bersepeda paling lama 30 menit dengan kecepatan sedang dan santai. Setelah rutin bersepeda, kamu bisa mencoba bersepeda di jalan yang menanjak.

sepeda-4

  1. Menggunakan Pakaian Bersepeda yang Nyaman

Gunakan cycling short yang halus ketika kamu bersepeda, ini dimaksudkan untuk mengindari adanya gesekan yang dapat membuat kulit iritasi.

sepeda-5

  1. Perhatikan Tempat dan Cara Bersepeda

Bersepedalah di bagian tepi jalan, jangan mengganggu pengendara lainnya. Bersepedalah dengan jarak 2-3 kaki dari bibir aspal. Jika kamu ingin menyebrang ke sisi jalan yang lain berikan tanda kepada pengendara lain dengan cara melambaikan tangan.

Jika kamu bersepeda di jalur off-road, kamu akan melewati tanah, rumput pepohonan dan pemandangan alami lainnya. Jangan gunakan sepeda non off-road, karena hal itu berbahaya dan mengadung resiko, ban kempes salah satunya. Bersepedalah di jalur yang sesuai dengan kemampuan kamu.

sepeda-6

  1. Terakhir, Jangan Lupa Membawa Air Mineral

Bersepeda akan membakar kalori dan mengeluarkan keringat yang cukup banyak, maka agar tidak kekurangan cairan jangan lupa membawa air mineral ya, jangan soda, atau minuman berwarna lainnya.

sepeda-7

Nah, bagaimana, sudah tahu kan bagaimana bersepeda yang baik dan benar. Semoga tips tersebut bermaanfaat ya, bikers. Selamat bersepeda yang asik, aman dan menyenangkan!

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s