Sudah berapa kali kamu mengganti gadget selama 2 tahun terakhir ini? Ingin mengganti gadget baru, namun harga gadget lama anjlok karena rusak? Tak sayangkah kamu dengan gadget yang dibeli dengan harga jutaan rupiah tersebut hanya berfungsi sebentar saja?

Gadget merupakan hal yang sangat penting karena senantiasa digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Berbagai informasi dan data seperti foto, catatan, voice note, nomor telepon penting, hingga dokumen tak jarang disimpan pada gadget. Namun, apa jadinya jika gadget tersebut rusak?

Memiliki gadget yang awet tentunya keinginan setiap orang, apalagi jika itu dibeli dengan harga yang cukup mahal. Lalu bagaimanakah cara merawat gadget agar awet, tetap mulus, dan tidak mudah rusak? Berikut merupakan tipsnya yang bisa kamu coba.

1.   Merawat Layar Gadget

screen-guard

Pada zaman sekarang ini, sebagian besar gadget yang dijual di pasaran sudah menggunakan layar sentuh atau touchscren, tentunya sangatlah harus dijaga dengan baik. Layar yang lecet dan rusak tentunya tidak enak dipandang dan membuat kesal menggunakannya karena menyulitkan ketika icon di layar tidak berfungsi saat disentuh. Pemakaian anti gores tentunya penting untuk gadget kamu agar tetap mulus seperti baru.

2.   Merawat Body Gadget

am-cleaning-products-for-tech-gadgets-designboom03

Untuk melindungi body gadget dari benturan, debu, ataupun mengurangi efek dari jatuhnya gadget, kamu bisa menggunakan casing atau pelindung gadget kamu. Selain sebagai pelindung, casing juga bisa memperindah gadget kamu dengan desain casing yang menarik. Walaupun sudah memakai pelindung gadget, namun tetaplah rajin membersihkan gadget kamu dari debu secara berkala dengan tisu basah dan kering. Jangan biarkan gadget kamu terkena air ya, karena itu akan merusak gadget kamu tentunya.

3.   Merawat Baterai Gadget

cara-merawat-baterai-awet

Gadget memang kita butuhkan setiap waktu, terkadang walaupun low battery, kita harus tetap menggunakannya karena keperluan urgent atau bahkan untuk hal yang tidak penting. Hal ini tentunya akan berakibat baterai kita ‘bocor’ dan semakin cepat habis ketika digunakan. Maka dari itu, hindari pemakaian dalam jangka waktu yang lama, kamu harus bisa mengatur penggunaan gadget. Ketika sedang mengisi baterai gadget, sebaiknya jangan mencabut gadget ketika baterainya belum terisi penuh. Sesekali matikan gadget kamu ketika sedang tidak digunakan, atau ketika kamu tidur. Jangan lupa, pemilihan alat charge berkualitas juga memengaruhi loh!

4.   Perawatan Bagian dalam Gadget

iphone-storage-full-500x270

Perawatan tidak hanya dari luar, tapi juga harus dari dalam. Hal ini pun berlaku juga untuk gadget. Gadget yang ‘lemot’ tentunya tidak kamu inginkan karena menyulitkan dalam penggunaannya. Maka dari itu, kamu harus me-manage gadget kamu dengan meng-install aplikasi sesuai kebutuhan kamu saja. Masukan headset, kabel USB atau media lainnya secara perlahan agar tidak merusak perangkat. Jangan lupa menghapus file yang tidak penting dan memindahkan file penting sebagai back up ke komputer, USB flashdrive, ataupun tempat penyimpanan file yang ada di internet seperti Drobbox, Ziddu, dan tempat penyimpanan lainnya, baik yang gratis ataupun yang berbayar.

Untuk menjaga gadget tetap awet, tentunya tips ini sulit berhasil jika dilakukan di awal-awal saja. Selamat mencoba tips di atas untuk gadget kesayangan kamu ya. Jangan lupa, bagi kamu yang ingin mendapatkan casing gadget dengan desain menarik dan alat charge berkualitas, kamu bisa mencarinnya di Bhinneka.Com. Yuk cek di sini!

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s