Apakah kamu mengalami kesulitan ketika mencari berkas atau suatu benda di meja kamu? Apakah teman-teman kantor kamu sering mengeluh tentang meja kerja kamu yang berantakan? Apakah kamu tipe orang yang sulit menjaga meja kerja tetap bersih dan rapi?

Tisu, berkas, sisa bungkus makanan, debu, alat tulis yang berserakan di meja, itulah gambaran meja kerja yang termasuk dalam golongan meja kerja yang berantakan. Mungkin bagi sebagian orang terutama pria, meja kerja yang rapi dan bersih terdengar hal yang biasa dan tidak diharuskan, namun ini adalah hal yang penting. Mengapa? Karena pribadi kamu bisa tergambar dari meja kerja kamu. Tentunya kamu tidak mau dikatakan orang yang berantakan dan tidak rapi oleh teman kantor atau atasan kamu.

Aktivitas bekerja tentunya akan lebih efektif jika berkas dan barang-barang seperti pulpen, stabilo, post-it, gunting, atau alat tulis lainnnya diletakkan pada tempatnya. Jadi ketika kamu terburu-buru, berkas atau barang lainnya mudah kamu temukan, tidak mudah hilang, dan juga tidak akan mengganggu kamu saat terburu-buru mengangkat telepon. Selain itu, meja kerja yang bersih juga secara tidak langsung bisa membangkitkan semangat kamu dalam bekerja.

Ada 5 tips untuk menjaga meja kerja kamu agar tetap bersih dan rapi. Berikut tipsnya:

  1. Pemilihan Meja Kerja

Untuk kamu yang memiliki pekerjaan yang ringan seperti membutuhkan laptop saja, tidak perlu menggunakan meja yang terlalu besar. Namun jika kamu seorang designer ataupun arsitek, gunakanlah meja yang besar untuk memudahkan kamu dalam bekerja.

Modern-Office-Room-Design-in-Minimalist

  1. Mengatur Berkas dan Alat Tulis

Jangan biarkan kertas/file berserakan di meja kamu, letakkan berkas tersebut di laci atau box file untuk memudahkan kamu dalam mencari dan meminimalkan kehilangan benda/barang kamu. Kamu juga bisa mengarsipkan file tersebut jika perlu. Untuk alat tulis, sediakan tempat alat tulis di meja kamu agar alat tulis kamu tidak mudah hilang. Namun jangan disediakan saja, setelah gunakan kamu harus menaruh kembali berkas dan barang-barang kamu pada tempatnya.

4-layer-kayu-desktop-yang-kulit-file-dokumen-kantor-alat-tulis-rak-berkas-tray-berdiri-dengan

  1. Buanglah Sampah Segera

Ketika asik bekerja, membuang sampah kertas atau makanan merupakan hal yang malas untuk dilakukan bagi sebagian orang. Tak jarang sampah pun menumpuk dan berserakan di meja kantor. Hal ini harus dihindari, buanglah sampah pada tempatnya dengan segera. Jika tempat sampah cukup jauh dari meja kamu, kamu juga bisa menyediakan tempat sampah kecil di bawah meja kamu untuk mempermudah jangkauan kamu membuang sampah pada tempatnya.

Perfect-Office-Space-Design-Presenting-Small-Office-Ideas-with-White-Desk-Next-to-Black-Trashbin-Also-Cabinets-in-the-Wall

  1. Mulailah Membersihkan dan Merapikan Segera

Untuk mendapatkan meja kerja yang bersih dan rapi, mulailah saat kamu selesai membaca artikel ini. Jangan tunggu minggu besok, lusa, atau minggu depan. Jangan menunggu hari tertentu untuk sekadar mengelap meja. Kamu bisa melakukannya setiap hari hanya 5 menit. Mulailah katakan tidak pada meja yang berantakan dari sekarang!

office-cleaning

  1. Letakkan Benda Favorite Kamu

Menaruh benda kesukaan kamu di meja akan memengaruhi emotional atau mood kamu, sehingga kamu bisa lebih betah berlama-lama di meja kerja kamu. Kamu bisa menaruh foto keluarga, teman, pasangan, atau menaruh pajangan, bunga, dan benda favorite kamu lainnya.

homeoffice-960x500

Jadikan hari kerja kamu lebih bersemangat dan menyenangkan dengan meja kerja yang bersih dan rapi. Anggap meja kerjamu sebagai rumah yang kamu tempati selama bekerja. Bersih dan rapi itu indah loh, karena kebersihan itu bagian dari iman bukan. Jadi tunggu apa lagi, yuk ikuti tips di atas sekarang!

 

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s