Sejak Microsoft meluncurkan Windows 8, banyak produsen PC dan Laptop mulai berlomba-lomba meluncurkan tablet. Hal itu karena sistem operasi ini juga didesain untuk bisa digunakan di tablet, dengan interaksi layar sentuh.

Tidak mau ketinggalan, salah satu produsen gadget asal Indonesia, yaitu Advan juga meluncurkan satu tablet Windows bernama Advan Vanbook W100. Berikut adalah spesifikasinya.

Tablet dengan Tampilan Elegan dengan Harga Terjangkau
Penampilan Tablet Advan Vanbook W100

Spesifikasi Advan Vanbook W100

Ukuran layar 9,6 inci IPS
Resolusi layar 1280 x 800 dan kerapatan 153 ppi (piksel per inci)
Kamera belakang 2 MP
Kamera depan 2 MP
Prosesor Intel Atom BayTrail quad-core 1.33 GHz dan GPU Intel HD Graphics
RAM 1 GB
Memori internal 16 GB (bisa ditambah hingga 64 GB)
Baterai 6000 mAh
Sistem operasi Windows 8.1 (bisa di-update ke Windows 10)
Fitur lainnya 3G, WLAN, Bluetooth
Harga (Mei 2016) Rp 1.999.000

Secara sekilas, spesifikasi dari Advan Vanbook W100 tidak jauh berbeda dengan tablet Android. Begitu juga dengan kisaran harga yang bisa dibilang cukup terjangkau. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membelinya, berikut adalah 5 kelebihan dan kekurangan dari Advan Vanbook W100 yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan Advan Vanbook W100

Sistem Operasi Windows 8.1 dengan Bing Search Engine
Sistem Operasi Windows 8.1 dengan Bing Search Engine
  • Harga terjangkau

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, harga Advan Vanbook W100 bisa dibilang cukup terjangkau. Dengan modal Rp 2.000.000, kamu sudah bisa mendapatkan sebuah tablet yang menjalankan sistem operasi Windows setara dengan komputer desktop maupun tablet. Apabila dibandingkan, setidaknya kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 3.000.000 untuk membeli komputer desktop maupun sebuah laptop.

  • Bisa update ke Windows 10

Salah satu keunggulan yang dimiliki tablet Windows ialah kamu memiliki jaminan lebih besar untuk pembaruan OS secara berkala. Dan Advan Vanbook W100 pun juga sudah bisa di-update ke Windows 10 yang memiliki performa lebih baik.

  • Terdapat kartu SIM untuk modem

Internet bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan utama bagi pemilik gadget. Selain bisa terhubung menggunakan jaringan Wi-Fi, Advan Vanbook W100 juga sudah dilengkapi tempat kartu SIM. Ini artinya kamu bisa memasukkan kartu SIM dan menggunakannya sebagai modem untuk bisa terhubung ke internet. Jadi kamu tidak perlu membeli modem tambahan.

  • Dukungan memori eksternal

Kapasitas memori bawaan Advan Vanbook W100 bisa dibilang sangat kecil untuk ukuran sebuah komputer, yaitu hanya 16 GB. Namun apabila masih kurang, kamu masih bisa menambahkan media penyimpanan melalui MicroSD dengan kapasitas maksimal yang bisa dibaca adalah 64 GB. Selain itu, semua pemilik Advan Vanbook W100 akan mendapatkan layanan penyimpanan online Microsoft OneDrive sebesar 1 TB secara gratis!

  • Layar dengan teknologi IPS

Advan Vanbook W100 menggunakan layar berukuran 9,6 inci dengan resolusi 1280 x 800, bisa dibilang spesifikasi yang cukup untuk menonton video. Namun yang lebih menarik adalah layar tablet ini sudah menggunakan teknologi In-Panel-Switching atau yang disingkat IPS. Teknologi ini memberikan sudut pandang yang lebih luas, sehingga saat dilihat dari sisi kanan atau kiri, gambar di layar masih bisa dilihat dengan jelas.

Kekurangan Advan Vanbook W100

  • Memori internal dan RAM Kecil

Demi bisa menekan harga, tentunya ada beberapa bagian yang perlu dikorbankan. Salah satunya adalah kapasitas memori internal dan RAM yang kecil. Advan Vanbook W100 hanya menggunakan memori internal 16 GB yang hanya tersisa sekitar 2,7 GB untuk menyimpan berkas-berkas lainnya. Begitu juga dengan ukuran RAM yang hanya 1 GB. Dengan kapasitas sebesar ini, akan menyebabkan tablet ini sangat lambat saat membuka beberapa aplikasi sekaligus. Sehingga kurang nyaman digunakan.

  • Masih menggunakan Windows 8.1

Berhubung Microsoft hanya memberikan pembaruan ke Windows 10 secara cuma-cuma hingga Juli 2016, maka kamu akan perlu mengocek uang bila ingin memperbarui OS Advan Vanbook W100 yang menggunakan versi Windows 8.1.

Prosessor Intel Quad Core yang Bertenaga dan Hemat Daya
Prosessor Intel Quad Core yang Bertenaga dan Hemat Daya
  • Belum mendukung 4G

Fitur modem yang sudah disematkan di Advan Vanbook W100 memang sangat menarik. Akan tetapi modem itu hanya bisa bekerja hingga jaringan 3,5G atau HSDPA. Jaringan ini hanya bisa bekerja hingga kecepatan 21 Mbps, sedangkan sekarang jaringan 4G sudah ada di berbagai tempat. Jadi apabila kamu ingin mendapatkan akses internet yang lebih cepat, mau tidak mau kamu harus membeli modem lagi.

  • Resolusi kamera kecil

Advan Vanbook W100 memang dilengkapi dengan kamera depan dan belakang. Akan tetapi kedua kamera tersebut memiliki resolusi yang sangat rendah, yaitu 2 MP. Jika diterjemahkan, artinya kamu akan mendapat hasil foto yang kurang bagus.

  • Bahan plastik

Masih berhubungan dengan harga, untuk bisa membuat gadget ini terjangkau, Advan Vanbook W100 dibuat dengan balutan bahan plastik. Hal ini tentunya membuat tablet ini terlihat murahan dan kurang kuat apabila terjatuh.

Kesimpulan

Dari uraian lima kelebihan dan kekurangan di atas, bisa disimpulkan bahwa Advan Vanbook W100 adalah tablet yang bisa dipertimbangkan bila kamu ingin mencari tablet Windows dengan harga terjangkau. Dengan anggaran Rp 1.999.000,- kamu sudah bisa mendapat tablet Windows yang bisa digunakan untuk mengerjakan dokumen kantor atau tugas kuliah, atau sebagai media hiburan seperti menonton video maupun mendengarkan musik. 

Ukuran Ringkas nan Elegan
Ukuran Ringkas nan Elegan

Sedangkan apabila kamu memiliki dana yang lebih, tablet Windows yang bisa menjadi alternatif adalah HP Stream 8 seharga Rp 2.099.000,-. Tablet ini memiliki kapasitas memori internal dan kamera yang sedikit lebih bagus, namun memiliki ukuran layar dan kapasitas baterai lebih kecil.  Atau bisa juga membeli Acer Iconia Tab 8W yang memiliki memori internal lebih besar, namun harus rela menggunakan tablet berukuran lebih kecil dengan daya baterai yang lebih kecil pula. Acer Iconia Tab 8W dibanderol pada harga Rp 2.099.000,-.

Namun bila kamu tidak terpaku dengan sistem operasi Windows, tapi tetap ingin mencari tablet dengan harga terjangkau. Kamu bisa membeli tablet dengan sistem operasi  Android seperti Lenovo Yoga Android Tablet yang memiliki kamera utama 8 MP serta koneksi 4G LTE, dibanderol pada harga Rp 2.899.000,-.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s