Kenaikan tarif dasar listrik yang tidak menentu membuat banyak keluarga perlu meminimalisasi penggunaan listrik agar bisa menghemat biaya listrik. Mungkin banyak yang bertanya, bagaimana bisa menghemat tagihan listrik, terutama pada musim panas ketika AC harus menyala terus-menerus untuk mendinginkan ruangan.?

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar tagihan listrik menjadi lebih hemat, berikut tipsnya untuk kamu:

  1. Mode Standby

Mode standby diperkenalkan pada perangkat elektronik seperti televisi dan komputer pada abad ke-20. Alasannya untuk kenyamanan, agar kamu bisa kembali menggunakan gadget tanpa perlu restart dari awal. Namun, ini merupakan pemicu masalah energi terbuang percuma yang mungkin bagi banyak orang tidak menyadarinya. Jadi sebaiknya matikan atau cabut seluruh kontak listrik pendingin air, DVR, charger, pisau cukur elektrik, atau perangkat lainnya bila kamu tidak menggunakannya.

20 Agustus - 3

  1. Elektronik Penguras Listrik

Terdapat sejumlah alat elektronik rumah tangga yang butuh banyak energi listrik ketika digunakan, seperti kulkas, mesin cuci, pengering rambut, microwave hingga mesin cuci piring. Agar menghemat listrik, kurangi penggunaan alat ini secara keseluruhan dan hanya mengoperasikannya saat sudah terisi penuh atau sesuai kapasitas alat tersebut.

20 Agustus - 4

  1. AC

Umumnya penyebab utama meningkatnya tagihan listrik karena filter AC yang kotor atau telah usang dan freon pendingin yang menipis bila AC telah lama digunakan. Kedua faktor ini menyebabkan AC menggunakan lebih banyak energi, sehingga harus dilakukan perawatan teknisi profesional atau bila perlu menggantinya dengan AC hemat energi bila benar-benar telah usang.

20 Agustus - 5

  1. Pintu, Jendela, dan Ventilasi

Perhatikan apakah ada celah udara keluar dari pintu, jendela, maupun ventilasi karena udara yang masuk membuat proses kerja AC menjadi tidak efisien. Penyebab yang sama meski mungkin kurang signifikan, terjadi pada celah antara jendela/pintu dengan frame. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkaan busa maupun produk penahan udara.

20 Agustus - 6

  1. Alat Rumah Tangga Usang

Di masa lalu perangkat elektronik yang boros listrik bukan masalah besar karena tarif listrik masih cukup murah. Kini kamu harusnya tidak hanya peduli pada tagihan listrik, namun juga efek karbon terhadap lingkungan. Sehingga produsen kini banyak memproduksi alat elektronik yang hemat listrik. Alat elektronik yang lama pada umumnya menguras lebih banyak energi listrik dibanding model yang lebih baru. Sehingga investasi pada alat elektronik modern yang hemat listrik bisa menghemat uang dalam jangka panjang. Pastikan membeli alat elektronik yang hemat listrik dan sering ditandai dengan label Energy Star. Untuk mendapatkan alat elektronik baru yang canggih dan hemat energi, yuk kunjungi Bhinneka.Com dan dapatkan investasi barang yang bisa lebih menghemat biaya listrik kamu.

20 Agustus - 7

  1. Lampu Penerang

Tanda lain bahwa kita sedang memasuki era baru konsumsi energi ialah kini kamu memiliki beragam pilihan ketika membeli lampu penerang. Kini kamu bisa memilih menggunakan model lampu LED atau CFL yang bisa tahan lebih lama dan mengonsumsi sedikit listrik dengan nyala yang lebih terang dibanding lampu pijar.

20 Agustus - 8

  1. Manfaatkan Udara Alami

Biarkan jendela terbuka saat hari-hari yang terik, sehingga sirkulasi udara terjadi di seluruh ruangan di rumah. Udara yang mengalir secara alami ke dalam rumah membuat ruangan bisa terasa sejuk tanpa harus menghidupkan AC.

20 Agustus - 9

Itulah 7 tips yang bisa kamu coba untuk menghemat biaya listrik kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s