Bagi yang belum begitu mengenal merk ini, Himax adalah perusahaan gadget asal Cina yang berpusat di Indonesia, memposisikan dirinya sebagai produsen smartphone berspesifikasi tinggi, berkualitas premium, namun dengan harga yang terjangkau, mirip seperti Xiaomi. Dengan moto “High Quality Premium Gadget with Maximum Features”, smartphone Himax adalah merk yang harus kamu perhatikan jika memiliki budget terbatas namun ingin performa lebih.

Dengan sejumlah produk yang sudah mendapat respon positif di Indonesia seperti Polymer X dan Pure III, Himax ingin melanjutkan kesuksesannya dengan Himax Pure S, smartphone yang dicanangkan sebagai ‘smartphone tertipis di dunia”.

Tipisnya Smartphone HIMAX Pure S
Tipisnya Smartphone HIMAX Pure S

Spesifikasi Himax Pure S

Ukuran layar 5 inci, Super AMOLED
Resolusi layar 1920 x 1080 dan kerapatan 441 ppi (piksel per inci)
Kamera belakang 13 MP f/2.0 dengan Sensor CMOS, LED Flash, dan Auto Focus
Kamera depan 5 MP
Prosesor MediaTek MT6592, CPU Octa-Core 1.7 GHz Cortex A7, dan GPU Mali – 450 MP4
RAM RAM 2 GB
Memori internal 16 GB (tidak bisa ditambah memori eksternal)
Baterai Li-Ion 2300 mAh, tidak bisa dilepas
Versi Android OS Android v4.4.2 (Kitkat), Amigo 4.2.5
Harga (Mei 2016) Rp 3.899.000

Berikut adalah 5 alasan mengapa kamu harus membeli (dan tidak membeli) Himax Pure S.

Keunggulan Himax Pure S

HIMAX Pure S
HIMAX Pure S

 

  1. Desain Premium, Tampil Profesional

Jika sudah melihat bodi Himax Pure S yang berdimensi 145.1 mm x 70.2 mm x 5.5 mm, berat 133 gram, tidak mengherankan bila ia dijuluki sebagai salah satu smartphone tertipis di dunia, mengungguli iPhone 6S yang memiliki ketebalan 7.1 mm. Dengan konsep unibodi yang dibalut bahan Magnesium Alloy berlapis kaca, serta pinggiran layar yang tipis, kata premium-lah yang sesuai untuk desain Himax Pure S.

  1. Layar Super AMOLED, Kaya Warna

Himax Pure S memiliki layar berukuran 5 inci dengan teknologi Super AMOLED beresolusi 1920 x 1080 atau Full HD, dengan kerapatan pixel 441 ppi (pixel per inch). Dengan layar Super AMOLED, kamu sudah pasti akan dimanjakan dengan kekayaan dan keakuratan warna yang ditampilkan di layar.

  1. Kamera 13 MP Berteknologi Sony IMX135

Himax Pure S dilengkapi dengan kamera belakang 13 megapixel ber-aperture 2.0 serta memiliki Sensor CMOS, LED Flash, dan Auto Focus. Untuk kategori smartphone terjangkau, gambar dan video yang dihasilkan oleh kameranya sangat jernih dan detil karena adanya teknologi Image Processing SONY IMX135. Kamera depan 5 megapixel juga menghasilkan foto selfie yang memuaskan.

HIMAX Kamera 13 MP
HIMAX Kamera 13 MP
  1. Prosesor Octa-Core yang buas

Himax Pure S ditenagai oleh chipset MediaTek MT6592 dengan Prosesor Octa-Core 1.7 GHz Cortex A7, GPU Mali – 450 MP4, dan RAM 2 GB. Spesifikasi ini sudah menjamin kelancaran ketika browsing, menggunakan media sosial, bermain game, dan menonton video. Kamu juga tidak perlu khawatir lemot jika membuka beberapa aplikasi sekaligus.

  1. Antarmuka OS Amigo 4.2.5

Dengan dibekali antarmuka OS Amigo 4.2.5 di atas OS Android Kitkat 4.4.2, Himax Pure S memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan. Antarmuka Amigo OS menampilkan semua aplikasi di halaman homescreen layaknya iPhone. Amigo OS juga memiliki aplikasi System Manager yang berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan Himax Pure S dengan fitur cache cleaner, app manager, power saving, dan traffic monitor.

Kelemahan Himax Pure S

HIMAX Pure S: Tampak Depan & Tampak Belakang
HIMAX Pure S: Tampak Depan & Tampak Belakang

 

  1. Bodi kaca cantik tapi licin

Masalah yang pasti ditemukan pada setiap smartphone berbodi kaca, yaitu licin ketika digenggam. Kamu juga semakin dipersulit ketika menggenggam dikarenakan bodi Himax Pure S yang super tipis. Untuk menanggulangi ini, kamu bisa memberi casing pada Himax Pure S, tetapi dengan resiko menutupi kepremiuman bodi yang menjadi nilai jual smartphone ini.

  1. OS Android masih Kitkat 4.4.2

Saat dimana standar OS smartphone Android terkini adalah v.5.0 Lollipop, Himax Pure S masih dibekali OS Android Kitkat 4.4.2, sehingga memberikan impresi ‘ketinggalan zaman’ di smartphone ini. Sangat berbanding terbalik dengan desain bodinya yang sangat modern.

  1. Tidak bisa menambah memori dan mengganti baterai

Untuk membuat bodi Himax Pure S menjadi super tipis, pasti ada yang harus dikorbankan. Bila memilih smartphone ini, kamu sudah harus puas dengan memori internal 16 GB serta kapasitas baterai 2300 mAh, dimana dua-duanya termasuk kecil. Slot untuk menambah memori eksternal serta mengganti baterai tidak disediakan di Himax Pure S.

  1. Tidak mendukung Dual SIM, dan belum 4G LTE

Sayangnya Himax Pure S tidak menyediakan slot untuk Dual SIM, sehingga kamu hanya bisa menggunakan satu kartu SIM saja. Keterbatasan ini ditambah dengan jaringan operator yang belum bisa mendukung 4G LTE, jadi hanya bisa sampai 3G saja.

  1. Banyak pilihan lain yang lebih canggih

Dengan harganya, spesifikasi dan fitur Himax Pure S bukanlah yang terbaik. Ada beberapa opsi lain yang lebih oke dan bahkan lebih murah.

Misalnya, OnePlus X yang dibekali OS Android Lollipop 5.1.1, prosesor Qualcomm Snapdragon 801 quad-core 2,3 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 330, RAM 3 GB, memori internal 16 GB (bisa ditambahkan Micro SD hingga 128 GB), baterai berkapasitas 2.525 mAh, serta fitur Dual-SIM. Harganya ada di sekitar Rp 3.400.000.

Kemudian Oppo F1 yang berspesifikasi OS Android Lollipop 5.1, prosesor Qualcomm Snapdragon 616 quad-core 1,7 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 405, RAM 3 GB, memori internal 16 GB (bisa ditambahkan Micro SD hingga 128 GB), baterai berkapasitas 2.500 mAh, fitur Dual-SIM dan mendukung 4G LTE. Harganya ada di sekitar Rp 3.499.000.

Ketiga ada Xiaomi Mi 4i dengan spesifikasi OS Android Lollipop 5.0 prosesor Qualcomm Snapdragon 615 octa-core 1.7 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 405, RAM 2 GB, memori internal 32 GB, baterai berkapasitas 3.120 mAh, fitur Dual-SIM, dan mendukung 4G LTE. Harganya sedang didiskon menjadi sekitar Rp 2.575.000.

Kesimpulan

HIMAX-Pure-S-6

Dengan bodi kaca dan ketipisan hanya 5.5 mm, Himax Pure S akan cocok bagi kamu yang mengidamkan smartphone premium dan elegan. Layar Super AMOLED dengan kerapatan 441 ppi akan memanjakan pengalaman menatap layar dengan warna yang kaya.

Namun untuk desain premiumnya, Himax Pure S harus mengorbankan fitur penambahan memori eksternal padahal memori internalnya tergolong kecil dengan 16 GB. Selain baterainya yang tidak bisa dilepas, Himax Pure S juga tidak mendukung jaringan 4G LTE.

Himax Pure S termasuk lebih mahal dibanding smartphone dengan spesifikasi yang sejenis atau bahkan lebih baik di kelasnya. Namun jika kamu tertarik untuk memiliki smartphone yang dijuluki sebagai yang tertipis di dunia ini, kamu bisa memilikinya dengan harga Rp 3.899.000 di Bhinneka.Com.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

6 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s