Bulan Agustus adalah bulan yang dipenuhi dengan nuansa Merah-Putih dan kamu sudah pasti tahu penyebabnya apa. Di bulan ini kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 tahun. Dan pada saat memasuki bulan Agustus, kita sudah melihat banyaknya orang yang berjualan Bendera Merah-Putih beserta atribut perayaan Kemerdekaan RI lainnya, serta mempersiapkan berbagai perlombaan/pertandingan di lingkungan rumah, bahkan di kantor. Kira-kira kegiatan apa saja nih yang bisa kamu lakukan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan negara kita?

Di sini kami tidak hanya membahas satu atau dua kegiatan yang bisa kamu lakukan dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI, tapi kami ingin mengajak kamu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang juga bisa membawa dampak positif bagi lingkungan di sekitar kamu, baik itu di lingkungan rumah, kampus/sekolah, maupun di lingkungan kantor. Berikut 7 kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI:

  1. Upacara Bendera 17 Agustus

Mungkin kamu yang masih bersekolah atau yang bekerja di instansi-instansi pemerintahan masih sering mengikuti Upacara Bendera yang biasanya diadakan setiap hari Senin. Namun, bagi kamu yang sudah tidak sekolah lagi atau bekerja di perusahaan swasta, pastinya kamu sudah jarang, atau bahkan tidak pernah lagi mengikuti Upacara Bendera. Tidak ada salahnya kali ini kamu mengikuti Upacara Bendera 17 Agustus yang hanya diadakan setahun sekali. Yang berstatus masih mahasiswa, kamu bisa mengikuti Upacara Bendera 17 Agustus ini di kampus kamu. Sedangkan kamu yang seorang karyawan(i) swasta, jika ada Upacara Bendera 17 Agustus di sekitar lingkungan rumah kamu, yuk ikuti upacaranya. Jika tidak menemukan Upacara Bendera sama sekali, jangan khawatir, kamu hanya perlu standby di depan televisi sekitar pukul 07.00 dan saksikan siaran langsung Upacara Pengibaran Sang Saka Merah-Putih di Istana Negara. Sementara mengikuti upacara tersebut, sebaiknya kamu betul-betul menghayati saat pengibaran Bendera Merah-Putih dan tidak ada salahnya kamu turut menyanyikan lagu kebangsaan kita, “Indonesia Raya”.

Pengibaran Sang Saka Merah-Putih di Istana Negara
Pengibaran Sang Saka Merah-Putih di Istana Negara
  1. Ikutan Lomba 17-an

Merayakan 17 Agustus ini sangat tepat bagi kamu untuk mengikuti perlombaan dan pertandingan yang diadakan di lingkungan sekitar rumah, sekolah/kampus, ataupun di kantor kamu. Kamu tinggal memilih perlombaan/pertandingan mana yang kamu anggap  seru dan memberi tantangan bagi kamu. Dengan mengikuti pertandingan/perlombaan 17-an ini, kamu tidak perlu memiliki keterampilan khusus, kamu hanya perlu memiliki kepercayaan diri dan kegigihan untuk mencapai goal kamu di setiap perlombaan/pertandingan. Kamu pun tidak perlu memenangkan setiap perlombaan/pertandingan yang kamu ikuti karena melalui kegiatan ini kamu bisa menghilangkan stres dan bersenang-senang dengan orang-orang di sekitar kamu.

Lomba Panjat Pinang
Lomba Panjat Pinang
  1. Bersilaturahmi

Tidak hanya moment hari raya keagamaan saja kamu bisa bersilaturahmi dengan keluarga, teman-teman ataupun tetangga kamu. Pada saat 17-an ini juga bisa kamu jadikan sebagai moment untuk bertemu, saling kenal lebih baik lagi dan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang tersebut. Ketika mengikuti perlombaan/pertandingan di lingkungan rumah, sekolah/kampus, maupun kantor, kamu bisa bersilaturahmi dengan mereka.

Silaturahmi

  1. Berpartisipasi dalam Kegiatan Sosial

Begitu banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memaknai Kemerdekaan RI yang sudah kita raih sejak 71 tahun lalu, salah satunya adalah berpartisipasi dalam kegiatan sosial di lingkungan rumah, sekolah/kampus ataupun kantor kamu. Kegiatan Sosial yang bisa kamu ikuti adalah kerja bakti, yang biasanya kegiatan ini diadakan di lingkungan rumah ataupun sekolah/kampus. Selain itu, kamu juga bisa memberikan usulan di kantor kamu agar mengadakan kegiatan bakti sosial, seperti mengunjungi perkampungan di sekitar lingkungan kantor kamu dan membagikan sembako, atau mengumpulkan sumbangan untuk membersihkan perkampungan tersebut atau bahkan kamu bisa menjadi volunteer untuk mengajar anak-anak jalanan. Kegiatan-kegiatan sosial ini tentunya tidak hanya kamu lakukan di 17-an ini saja, yuk lakukan kegiatan ini di sepanjang tahun dan rasakan dampak positif bagi banyak orang lain di luar sana.

Kerja Bakti
Kerja Bakti di Sekolah
  1. Mengunjungi Tempat Bersejarah

Berhubung 17 Agustus adalah hari libur nasional, mari kita mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di daerah masing-masing. Dengan mengunjungi tempat bersejarah seperti museum, bisa memberikan dampak positif bagi kamu sendiri. Misalnya, kamu bisa menambah wawasan kamu tentang sejarah bangsa kita dan tentunya kamu bisa lebih memahami makna kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa Indonesia. Saat melakukan kegiatan ini, pastikan kamu menggunakan pakaian yang nyaman, jangan lupa bawa kamera dan bekal secukupnya agar jalan-jalan kamu menjadi lebih seru.

Museum Nasional Indonesia
Museum Nasional Indonesia
  1. Nonton Film Patriotisme

Kamu juga bisa mengisi hari libur 17 Agustus kali ini dengan menonton film-film yang bertemakan patriotisme atau pahlawan. Film tentang tokoh-tokoh pahlawan Indonesia yang bisa kamu tonton seperti film yang bercerita mengenai Soekarno, Jenderal Soediman, Guru Bangsa: Tjokroaminoto, Soegija, dan masih banyak lagi. Atau kamu juga bisa menonton film bertema peperangan, yaitu Merah Putih, Battle of Surabaya, dan lain sebagainya. Dijamin film-film tersebut tidak kalah serunya dengan film-film action buatan Amerika/Eropa. Kamu akan lebih menghargai Kemerdekaan Indonesia dan sikap patriotisme kamu bisa timbul, sehingga mungkin nanti ada di antara kamu yang terinspirasi menjadi anggota militer.

Film "Soekarno"
Film “Soekarno”
  1. Berprestasi seperti tokoh-tokoh yang lahir pada 17 Agustus

Kamu tahu enggak siapa saja tokoh-tokoh Indonesia yang lahir tepat pada tanggal 17 Agustus? Dahlan Iskan (Menteri BUMN ke-7), Rusdi Kirana (CEO Lion Air Group), Primus Yustisio (Aktor Indonesia & Politkus), Cinta Laura Kiehl (Aktris Indonesia), Qory Sandioriva (Puteri Indonesia 2009), Doyok (Pelawak) dan masih banyak lagi. Mereka adalah orang-orang yang sukses di bidangnya masing-masing. Mereka adalah orang-orang yang kamu bisa jadikan panutan untuk lebih berprestasi di sekolah/kampus ataupun di kantor. Kamu bisa lihat kemampuan Dahlan Iskan yang awalnya memimpin salah satu media besar di Indonesia, yaitu Jawa Pos. Kemudian beliau diangkat menjadi Direktur Utama PLN dan akhirnya menjadi seorang Menteri BUMN ke-7 Indonesia. Selain itu, ada Cinta Laura Kiehl yang merupakan seorang aktris dan model asal Indonesia yang bisa menunjukkan prestasinya dalam berakting di film internasional berjudul “After The Dark” dan Cinta masih tetap bisa berprestasi dalam pendidikannya juga. Satu lagi tokoh yang berprestasi, yaitu Qory Sandioriva, seorang model dan Puteri Indonesia 2009. Selain cantik, Qory juga wanita yang sangat pintar. Bagi kamu yang lahir pada tanggal 17 Agustus, ayo tunjukkan prestasimu kepada Indonesia. Yang tidak lahir di tanggal ini juga jangan mau ketinggalan ya..

Tokoh-tokoh yang Lahir pada Tanggal 17 Agustus
Tokoh-tokoh yang Lahir pada Tanggal 17 Agustus

Semoga 7 kegiatan di atas bisa berdampak positif bagi kamu sendiri, bagi orang-orang di sekitar kamu dan tentunya bagi bangsa Indonesia. Nah.., sekarang giliran kamu memilih kegiatan mana saja yang ingin kamu lakukan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Rapublik Indonesia tercinta. Jangan lupa mengajak keluarga atau teman-teman kamu untuk melakukan keseruan ini bersama-sama.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s