Saatnya Memilih Smartphone Berkemampuan 4G

Saat membeli smartphone baru, kamu mungkin tidak hanya dihadapkan oleh berbagai tawaran model dan fitur berbeda termasuk akan menemui berbagai singkatan yang terkadang sulit dipahami seperti CDMA, GSM, LTE, WiMAX dan berbagai singkatan lain. Agar lebih mudah, sebaiknya fokus hanya pada perbedaan dalam jaringan yang bisa kamu rasakan secara langsung yaitu 4G atau 3G.

Pengertian 4G
Penjelasan paling sederhana, G merupakan singkatan dari generation dan 4G merupakan teknologi data selular generasi keempat, yang memungkinkan ponsel dengan kemampuan 4G terhubung ke internet dengan jauh lebih cepat dari sebelumnya..

Perbedaan Antara 4G dan 3G
Perbedaan antara 3G dan 4G ialah, dengan 4G kamu akan memperoleh semua yang ditawarkan 3G dengan lebih mulus dan lebih cepat dari sebelumnya. Halaman web akan memuat lebih cepat, download konten berlangsung dalam hitungan detik dan streaming video mengalir dengan halus tanpa buffer sama sekali.

Munculnya jaringan 3G memungkinkan operator seluler menawarkan berbagai layanan baru yang menarik bagi konsumen, termasuk video call dan VoIP atau komunikasi suara melalui jaringan internet. 3G juga memungkinkan kamu menerima dan mengirim email, memperoleh peta dan petunjuk arah dari satelit navigasi, sekaligus mendownload musik dan video dengan cepat hanya melalui sebuah smartphone.

Para pakar komunikasi menganggap itu belum seberapa dan mereka memperkirakan 4G akan menjadi katalisator dari berbagai layanan baru termasuk hiburan dari layanan internet mobile yang belum terbayangkan beberapa tahun lalu.

Penyedia hiburan mobile diperkirakan turut serta memanfaatkan keunggulan ini dengan meluncurkan layanan yang lebih luas untuk streaming, download baik film atau acara televisi. Teknologi 4G membuat mereka bisa mengalirkan konten, seperti film berdurasi panjang secara utuh dalam definisi tinggi langsung keponsel 4G, hanya dalam hitungan detik atau mendownloadnya dalam hitungan menit.

Konektifitas internet mobile yang lebih cepat juga akan membawa dampak langsung terhadap kegiatan browsing pada smartphone dengan dukungan 4G, sehingga kemu tidak lagi mengalami masalah loading halaman web yang gagal meski saat berlangsung beban penggunaan puncak.

Bahkan 4G digadang akan mengubah secara radikal pengalaman bermain game mobile multiplayer, karena koneksi yang lebih cepat dapat mendukung game multiplayer online yang jauh lebih kompleks dan akan membuat judul game generasi sekarang terkesan usang.

Kecepatan 4G VS 3G
Salah satu perbedaan utama antara model 4G dan 3G ialah kecepatan yang bisa dicapai saat download file dari internet. Ponsel 3G dapat terhubung ke internet dengan kecepatan maksimum hingga 21Mbps, sedangkan ponsel 4G bisa melakukannya dengan kecepatan maksium secara teoritis mencapai 300Mbps.

Membeli Smartphone 4G
Hampir semua smartphone yang kamu beli saat ini sudah mendukung jaringan 3G dan kamu perlu meneliti kembali spesifikasinya bila menginginkan smartphone yang mendukung 4G. Meski sudah banyak smartphone terbaru kompatibel dengan 4G, namun tidak semuanya mendukung teknologi tersebut. Jadi sebelum membeli smartphone baru periksa kembali spesifikasinya untuk mengetahui smartphone tersebut mendukung 4G atau tidak dan umumnya, smartphone andalan yang kompatibel dengan 4G sangat sering diiklankan dimedia.

Nah, sudah tahukan? kira-kira kamu lebih pilih mana antara 3G dan 4G?

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: