Hewlett-Packard (HP) akhirnya berhasil merebut tahta laptop tertipis di dunia yang selama ini dipegang MacBook Air. Lewat Spectre 13, vendor Amerika Serikat ini tidak hanya memamerkan sebuah konsep desain super tipis, tetapi juga spesifikasi dan fitur kelas jawara.

Seperti sudah menjadi takdir, jika laptop super tipis dihadirkan dengan spesifikasi yang kurang bertenaga. Maklum, laptop jenis ini memang dihadirkan hanya sekedar mendukung mobilitas pengguna, tak mengherankan jika spesifikasinya dipangkas sana-sini. Tapi tidak begitu dengan HP Spectre 13 yang memiliki desain super tipis tetapi juga didukung dengan spesifikasi premium yang membuat produktivitas penggunanya tak terhambat dengan keterbatasan dapur pacu.

Desain Super Tipis, Mewah, dan Futuristik

HP Spectre 13 memang sepertinya dihadirkan untuk menarik perhatian. Ya, tidak cuma mengedepankan ketipisannya yang fantastis, laptop ini memiliki banyak elemen yang membuat seluruh mata tertuju padanya. Contohnya, pada logo terbaru HP yang berwarna keemasan, di mana kontras dengan warna abu-abu yang membalut seluruh permukaan laptop. Begitu eye-catching!

HP-Spectre-13-Bhinneka.jpg

Untuk materialnya, HP Spectre 13 menggunakan material alumunium di panel atas, sementara bagian bawahnya mengusung carbon fiber yang durabilitasnya begitu terasa ketika disentuh. Pada bagian belakang, terlihat sudut metal berwarna keemasan yang meliputi seluruh bagian engsel dan sudut bar senada dengan logo HP yang terpampang di bagian depan.

Perpaduan warna gelap dan keemasan yang meliputi seluruh panel depan dan setiap sudut desain HP Spectre tentunya memberikan efek kontras yang menambah kesan elegan sekaligus futuristik. Sayangnya, pada bagian keemasan yang dimiliki laptop ini terkesan glossy sehingga akan meninggalkan bekas sidik jari yang cukup mengganggu setelah disentuh.

HP mengklaim laptop Spectre 13 sebagai laptop tertipis di dunia. Hal ini tidak berlebihan mengingat ketebalan laptop ini hanya 10,4 milimeter alias ukurannya setipis baterai AAA. MacBook Air dengan ketebalan 13,2 milimeter yang selama ini disebut-sebut sebagai laptop tertipis di dunia tampaknya harus rela tahtanya direbut oleh jagoan terbaru HP ini.

hp-spectre-2016-01

Sekalipun desainnya sangat tipis, HP Spectre 13 ternyata memiliki banyak slot untuk mendukung konektivitas yang memadai, seperti tiga slot USB C yang dua di antaranya mendukung ThunderBolt dan audiojack. Dengan begitu, pengguna tetap bisa terkoneksi dengan berbagai perangkat atau aksesoris ketika sedang mengisi ulang baterai.

Layar Full HD + Built-in Speaker Bang & Olufsen = Multimedia Berkelas!

Dengan layar IPS seluas 13,3 inci, HP Spectre 13 bisa menampilkan gambar yang tajam yang bisa dilihat dari sudut manapun dengan resolusi full HD. Untuk melindungi kecemerlangan layarnya dari berbagai goresan yang tidak diinginkan, HP memberikan perlindungan Corning Gorilla Glass yang terkenal mujarab dalam melindungi berbagai permukaan layar berbasis kaca.

hp-spectre-13-3_hinge-detail-1024x575

Demi mewujudkan penggunaan yang mengesankan bagi penggunanya, tidak cuma spesifikasi layarnya saja yang handal, HP Spectre 13 juga diperkuat dengan fitur audio dari Bang & Olufsen pada built-in speaker yang berada di kedua sisi keyboard. Dengan perpaduan layar cemerlang dan kualitas audio yang brilian seperti ini, tentunya HP Spectre 13 menjanjikan sebuah pengalaman sinematik layaknya menonton di bioskop ketika digunakan untuk memutar film. Sungguh sebuah pengalaman multimedia yang berkelas!

Performa Premium Sebanding Desain

Sekedar informasi, HP Spectre 13 memiliki beberapa tipe yang spesifikasinya berbeda-beda, namun khusus tipe v022TU yang kami tampilkan saat ini ditenagai chipset Intel Core i7-6500U berkecepatan 2,5 GHz, RAM 8 GB, dan 512 GB SSD pada memori internalnya, serta berjalan di OS Windows 10. Dukungan hardware premium yang dibenamkan ini tampaknya HP ingin menegaskan bahwa laptop ini bukan sekedar tampil mengedepankan desain.

Dengan spesifikasi yang diusungnya, tidak terbantahkan lagi jika performa HP Spectre 13 bisa diandalkan untuk banyak hal, mulai dari multitasting, editing, hingga gaming kelas berat. Sangat jarang terjadi laptop super tipis bisa memiliki performa segahar ini, di mana kebanyakan menggunakan chipset berbasis Intel Core M demi efisiensi daya namun memiliki performa yang lebih lambat. Untuk detilnya, kamu bisa melihat screen shot dari beberapa benchmark yang dilakukan tim Bhinneka.com ini:

SC-Novabench-1.jpg

Apakah dengan penggunaan chipset Intel Core i7 di balik desainnya yang super tipis akan membuat HP Spectre 13 boros baterai? Ternyata tidak. Karena selama penggunaan normal, baterai bisa bertahan lebih dari 8 jam. Jadi banyak hal yang bisa dilakukan dengan laptop ini dalam satu pengisian ulang baterai saja. Bahkan dalam pengujian yang dilakukan, baterai laptop ini habis setelah kami menyaksikan 4 judul film dengan durasi rata-rata 2 jam secara nonstop.

Kesimpulan

Harus diakui, HP dengan produk Spectre 13 telah menyegarkan kembali pasar laptop yang selama ini monoton dari sisi desain. Untungnya, laptop ini juga tidak sekedar hadir dengan mengedepankan desain saja, tetapi juga spesifikasi yang terbilang high-end. Jadi, bisa dikatakan bahwa ini adalah laptop yang memberikan mobilitas dan produktivitas tanpa batas bagi pengguannya dan menjadi bukti bahwa teknologi dan keindahan bisa menyatu dengan sempurna.

Yang menggembirakan, HP Spectre 13 kini telah tersedia di Indonesia  melalui penawaran ekslusif Bhinneka.com yang bisa langsung dibeli di sini.

Jangan lupa, review HP Spectre juga telah kami hadirkan dalam produksi video. Yuk, langsung meluncur ke video di bawah ini:

Spesifikasi HP Spectre 13 (VO22TU):

– Layar 13,3 inci Full HD (1920 x 1080 piksel), 166 ppi, Corning Gorilla Glass
– Dimensi 325 x 229 x 10,4 mm, bobot 1,16 kg
– Prosesor Intel Core i7-65000U 2,5 GHz
– RAM 8 GB LPDDR3
– Mainboard Intel Skylake-U Premium PCH
– Keyboard chiclet, backlight
– Storage 512 GB SSD
– Konektivitas 1 USB 3.0 / 3.1 Gen1, 2 USB 3.1 Gen2, 2 Thunderbolt, 2 DisplayPort, Audio Connections: 3.5 mm Headset
– Mendukung jaringan 802.11 a/b/g/n/ac (a/b/g/n/ac), Bluetooth 4.2
– Baterai 38 Wh Lithium-Ion, 4 cells
– Webcam HP TrueVision HD Camera
– Speaker 4x Bang & Olufsen
– OS Windows 10

(Reviewer: Chawir)

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s