Belanja online merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, karena kamu akan sering memperoleh harga terbaik dan menerima barang yang kamu beli langsung didepan pintu rumah. Namun, sebaiknya belanja online tidak hanya sekedar mengincar produk dengan harga termurah, kamu juga harus pastikan barang yang kamu pesan tiba tepat waktu, memiliki kualitas yang sesuai sekaligus garansi memadai.

Berikut tips agar pengalaman berbelanja online menjadi lebih aman dan menyenangkan.

1. Pastikan berada dilingkungan komputasi yang aman.
Komputer yang kamu gunakan harus terlindungi dari software berbahaya agar informasi keuangan dan password tidak dicuri orang lain. Selain itu, gunakan koneksi yang aman sekaligus pastikan firewall komputer selalu dalam posisi aktif. Enkripsi diperlukan bila kamu menggunakan jaringan wireless, sehingga seseorang yang bersembunyi diluar rumah tidak dapat mengumpulkan informasi kamu. Selain itu, hindari transaksi keuangan bila menggunakan jaringan publik, agar terhindar dari resiko yang merugikan kamu.

2. Kenali reputasi tempat kamu belanja online
Jika kamu tahu suatu store online memiliki store fisik, berarti belanja melalui online store mereka sangat aman. Kamu bisa langsung mengunjungi store fisik terdekat untuk membantu jika ada masalah.
Bisa juga kamu bertanya kepada seseorang yang konsisten belanja di store online tertentu dan selalu mendapatkan layanan positif untuk meyakinkan diri kamu.
Bila kamu tidak bisa penuhi salah satunya, kamu bisa mengambil tindakan pencegahan dengan memeriksa latar belakang suatu online store melalui situs ulasan terpercaya.

3. Cari penawaran merchant, kupon atau kode diskon
Memanfaatkan kupon dan kode diskon dapat menghemat uang yang kamu keluarkan untuk berbelanja online atau paling tidak biaya pengiriman.

4. Hindari penawaran yang terlalu berlebihan
Store online yang selalu menjanjikan harga miring atau terlalu rendah patut dicurigai. Jika harga terlalu rendah pertimbangkan apakah pedagang menjual barang yang legal. Bila kamu pernah menerima barang sperti itu periksa apakah barang tersebut sesuai dengan pesanan atau merupakan versi pengganti yang lebih murah. Bila item yang kamu terima sesuai, pastikan kamu bisa mengembalikannya bila barang bermasalah atau rusak.

5. Hindari store online yang meminta informasi lebih dari kebutuhan transaksi
Store online biasanya hanya meminta informasi mengenai metode pembayaran, alamat pengiriman, nomor telepon dan alamat email. Mereka tidak membutuhkan informasi rekening bank, nomor SIM dan informasi pirbadi lain. Beberapa perusahaan mungkin bertanya tentang kepentingan kamu, namun ini harus selalu opsional dan kamu perlu berhati-hati memberi informasi tersebut.

6. Buat password yang unik
Kamu akan sering diminta membuat akun dengan password ketika melakukan pembelian. Pastikan kamu menggunakan password yang unik dan kuat.

7. Gunakan satu kartu kredit khusus untuk belanja online
Pertimbangkan menggunakan satu kartu kredit yang digunakan khusus untuk transaksi dan belanja online. Cara ini membuat kamu bisa menutupnya tanpa ragu jika kartu mengalami masalah, sehingga tidak akan mempengaruhi transaksi lain yang kamu lakukan.

8. Teliti syarat pengiriman
Biaya pengiriman yang dikenakan dengan harga tinggi bisa mengubah belanja murah menjadi mahal. Lihat apakah mereka menyediakan sistem pelacakan dan asuransi. Kenali jasa ekspedisi yang mereka gunakan dan kamu perlu waspada jika barang belum dikirim dalam waktu 10 hari setelah pemesanan.

Nah B’Nerz, itulah 8 point penting untuk berbelanja online, dan jika kamu ingin mendapatkan Tablet murah dengan harga hanya 100 RIBUAN, kamu bisa ikut program ExtraTHR dari Bhinneka.Com dan Daily Social. Info klik DISINI

Extra THR Social Facebook (1) copy (2)

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s