Xiaomi Redmi Note 3 dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro merupakan duo smartphone terbaru keluaran Xiaomi. Keduanya smartphone ini menimbulkan banyak pertanyaan karena bentuk dan spesifikasinya yang sangat serupa. Tanggal diluncurkannya smartphone ini juga tidak berbeda jauh. Yang mana Xiaomi Redmi Note 3 diluncurkan pada bulan Maret 2016 dan beberapa minggu kemudian Xiaomi meluncurkan Redmi Note 3 Pro. Xiaomi Redmi Note 3 Pro memang merupakan produk kelanjutan dari Xiaomi Redmi Note 3, makanya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan.

xiaomi-redmi-note-3-pro-vs-xiaomi-redmi-note-3

Kedua smartphone ini sudah resmi dijual di Indonesia. Namun masih banyak dari calon pembeli yang belum tahu pasti apa saja perbedaan dari Xiaomi Redmi Note 3 dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Untuk itu, berikut adalah tabel perbandingan spesifikasi dari kedua smartphone.

Redmi Note 3 Pro Redmi Note 3
HARGA Kisaran harga Rp3,2 juta Kisaran harga Rp2,8
BODI 150 x 76 x 8.7 mm 150 x 76 x 8.7 mm
PROSESOR Qualcomm Snapdragon 650 Mediatek Helio X10
GPU Adreno 510 PowerVR G6200
RAM 2 GB / 3 GB 2 GB / 3 GB
STORAGE 16 GB / 32 GB 16 GB / 32 GB
LAYAR 5,5 inci, Full-HD 1080 x 1920 piksel 5,5 inci, Full-HD 1080 x 1920 piksel
KAMERA Belakang 16 MP, depan 5 MP Belakang 13 MP, depan 5 MP
BATERAI 4.000 mAh 4.000 mAh
SISTEM OPERASI MIUI Android Lollipop v5.1.1 MIUI Android Lollipop v5.0
JARINGAN Dual SIM 4G Dual SIM 4G
SENSOR Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

 

Performa

Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan prosesor octa-core MediaTek Helio X10. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 3 Pro menggunakan prosesor quad-core Snapdragon 650. Kedua prosesor tersebut bisa dibilang sama kelas. Walau MediaTek Helio X10 memiliki jumlah inti utama yang lebih banyak, tapi performa Snapdragon 650 lebih unggul.

Hal itu dibuktikan dari hasil uji coba aplikasi AnTuTu Benchmark di kedua smartphone. Yang mana Xiaomi Redmi Note 3 mendapat skor 48.882 dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro mendapat skor 75.552. Selain performa yang lebih unggul, pemakaian inti utama yang lebih kecil juga mengurangi konsumsi daya. Sehingga Xiaomi Redmi Note 3 Pro memiliki daya tahan yang lebih lama.

Kamera

Perbedaan lain adalah kamera belakang yang digunakan kedua smartphone. Yang mana

Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan kamera belakang beresolusi 13 MP. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 3 Pro menggunakan kamera belakang 16 MP dan memiliki fitur dual ISP Processing yang mampu mengurangi noise pada hasil jepretan.

Untuk merekam video, kedua perangkat sama-sama mendukung resolusi Full-HD dan 4K video. Dengan kecepatan 60fps untuk Full-HD dan 30fps untuk video 4K. Selain itu, terdapat juga fitur slow-motion yaitu video lambat yang memiliki kecepatan 120fps, tapi hanya bisa dinikmati dalam resolusi 720p.

Fitur lain yang terdapat dikedua smartphone adalah pengaturan ISO secara manual, mode Scene, dan pengaturan exposure atau kecerahan gambar secara manual. Sehingga kamu mendapatkan sensasi seperti fotografer profesional.

Layar lebih unggul, tapi bodi sama persis

Walau sama-sama menggunakan layar IPS dengan kerapatan piksel dan resolusi yang sama. Dalam penggunaannya Xiaomi Redmi Note 3 Pro memiliki tampilan layar yang lebih cerah karena memiliki fitur Sunlight Display yang akan menyesuaikan warna dan kecerahan sesuai dengan kondisi cahaya. Misalnya saat berada di bawah sinar matahari, maka layar Xiaomi Redmi Note 3 Pro akan menghasilkan warna dan kecerahan yang lebih terang.

Dari segi bodi, kedua smartphone bisa dibilang sangat identik, mulai dari bahan yang digunakan, ketebalan, berat, hingga pilihan warna yang tersedia. Jadi bila saat ini kamu menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 dan ingin beralih ke Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Maka tidak ada perubahan signifikan yang dirasakan saat memegang Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

Versi Android

Berbicara tentang sistem operasi. Semua smartphone Xiaomi hadir dengan menggunakan ROM MIUI yang dikembangkan langsung oleh Xiaomi. Namun yang beda adalah versi Android yang digunakan.

Nah Xiaomi Redmi Note 3 Pro sendiri sudah menggunakan Android Lollipop versi 5.1.1, sedangkan Xiaomi Redmi Note 3 masih menggunakan versi 5.0 atau versi awal dari Lollipop. Sehingga tidak heran bila Xiaomi Redmi Note 3 masih terdapat beberapa masalah kecil. Misalnya masalah notifikasi yang di Xiaomi Redmi Note 3. Yang mana notifikasinya tidak bisa hilang secara otomatis, sehingga sangat mengganggu dan memaksa pengguna masuk ke aplikasi terlebih dahulu untuk menghapusnya. .

Sebenarnya tidak ada perbedaan khusus dari segi fisik kedua smartphone ini, materialnya sama-sama terbuat dari metal dengan ketebalan, jenis warna, berat, dan ukuran layar  yang identik. Keduanya juga sama-sama menggunakan fitur Quick Charge.

Namun jika dilihat dari tingkat performa, Xiaomi Redmi Note 3 Pro terbukti lebih unggul dan mampu untuk menangani aktiviras berat dalam waktu yang lebih lama. Begitu juga dengan resolusi kamera yang lebih tinggi. Membuat Xiaomi Redmi Note 3 Pro menghasilkan foto yang lebih tajam.

Jadi bila kamu menginginkan performa dan kamera yang lebih bagus, tidak ada salahnya mengeluarkan dana sedikit lebih banyak untuk membeli Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Jika kamu ingin melihat referensi lainnya, coba kunjungi halaman ini: Jual HP Xiaomi

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s