Salah satu tren smartphone Android tahun ini selain menggunakan sensor sidik jari adalah kapasitas baterai yang sangat besar. Dibanding kapasitas rata-rata yang hanya sekitar 2.000 sampai 3.000 mAh, kali ini sudah semakin banyak smartphone yang dibekali baterai berkapasitas 4.000 hingga 5.000 mAh.

Kapasitas baterai raksasa ini juga terdapat dalam Lenovo Vibe P1, sebuah smartphone yang akan kami bahas kali ini memiliki kapasitas baterai besar, yaitu 5.000 mAh. Untuk lebih jelasnya berikut adalah tabel perbandingan spesifikasi dari Lenovo Vibe P1.

LENOVO VIBE P1 ASUS ZENFONE MAX XIAOMI REDMI NOTE 3
HARGA (selaku bulan Juni 2016) Rp3,9 juta Rp2,6 juta Rp2,6 juta
BODI 152.9 x 75.6 x 9.9 mm dan berat 189 g 156 x 77.5 x 10.6 mm dan berat 202 g 150 x 76 x 8.7 mm dan berat 164 g
PROSESOR Qualcomm Snapdragon 615 quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.1 GHz Cortex-A53 Qualcomm Snapdragon 410 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 Qualcomm Snapdragon 650 quad-core 1.4 GHz cortex-A53 & dual-core 1.8 GHz Cortex-A72
GPU Adreno 405 Adreno 306 Adreno 510
RAM 2 GB 2 GB 2/3 GB
STORAGE 32 GB, tanpa memori eksternal 16 GB, dukungan MicroSD sampai 64 GB 8/16 GB, dukungan MicroSD sampai 64 GB
LAYAR 5,5 Inci, 1920 x 1080 piksel 5,5 Inci, 1280 x 720 piksel 5,5 inci, 1280 x 720 piksel
KAMERA Belakang 13 MP, depan 5 MP Belakang 13 MP, depan 5 MP Belakang 16 MP, depan 5 MP
BATERAI 5.000 mAh, tidak bisa dilepas 5.000 mAh, tidak bisa dilepas 4.000 mAh, tidak bisa dilepas
SISTEM OPERASI Android 5.1.1 Lollipop, (bisa di-update ke 6.0.1 Marshmallow) Android 5.0 Lollipop Android 5.0 Lollipop
JARINGAN Dual-SIM 4G LTE Dual-SIM 4G LTE Dual-SIM 4G LTE
SENSOR Fingerprint, accelerometer, proximity Fingerprint, accelerometer, proximity Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Bodi Berbahan Metal

Seperti smartphone Android kebanyakan, Lenovo Vibe P1 sudah menggunakan bodi berbahan metal yang membuat smartphone ini terlihat lebih solid dan berkualitas. Namun tidak seluruh bagian dari bodi menggunakan bahan metal. Di bagian belakang, tepatnya di sisi atas terdapat bagian dari bahan plastik yang bisa dilepas untuk mengakses slot micro SD dan dual-SIM. Selain itu, pada bagian depan Lenovo Vibe P1 seluruhnya menggunakan bahan plastik yang dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 3.

Membahas tentang desain, bagian belakang Lenovo Vibe P1 dibuat melengkung sehingga lebih mudah untuk digenggam, mengingat dimensi smartphone ini cukup bongsor. Namun desain melengkung dan bahan metal yang digunakan membuat smartphone ini sangat licin. Bahkan saat dipegang menggunakan dua tangan. Akan lebih buruk lagi, bila kamu memiliki telapak tangan yang cepat berkeringat. Hal itu karena bagian belakang smartphone ini tidak memiliki tekstur atau pola sama sekali untuk mempererat genggamanmu.

Tombol Power dan Volume yang terletak sejajar di sisi kanan membuat smartphone sangat mudah digunakan, baik menggunakan tangan kiri maupun tangan kanan. Kemudian di sisi kiri hanya terdapat sebuah tombol Switch khusus yang digunakan untuk mengaktifkan mode hemat daya. Lalu di bagian sisi atas hanya terdapat sebuah lubang Audio Jack.

Lubang charger yang berada di bagian sisi bawah diapit oleh dua lubang, yang berfungsi sebagai speaker dan microphone. Kedua lubang tersebut memiliki diameter yang bisa dibilang cukup besar dibandingkan smartphone kebanyakan. Hal ini membuat suara yang dihasilkan lebih keras. Namun, di saat yang bersamaan, posisi lubang speaker dan diameter yang besar membuatnya sangat mudah tertutup oleh tangan saat memegang smartphone ini secara horizontal, sehingga suaranya menjadi sangat kecil.

Bagian depan dari Lenovo Vibe P1 terbagi menjadi tiga bagian. Yaitu bagian atas yang terdiri dari lubang speaker saat menelepon dan kamera depan yang berada di pojok kanan atas. Lalu di bagian tengah terbentang layar IPS berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full-HD 1920 x 1080 piksel dan kemampuan multi-touch yang mampu membaca hingga 10 sentuhan jari. Sebuah ukuran dan tingkat resolusi yang cukup lega untuk ukuran smartphone dan membuat pengalaman menonton video yang semakin asik.

Terakhir adalah bagian bawah yang menjadi rumah bagi tombol fisik Home yang dilengkapi dengan sensor sidik jari, serta dua buah tombol kapasitif. Kamu bisa menambahkan semua sidik jari yang kamu miliki ke dalam sistem, sehingga tidak hanya berpatokan dengan sidik jari di jempol maupun telunjuk tangan kamu. Akan tetapi, desain tombol Home yang berbentuk persegi panjang membuat sensor sidik jari sedikit susah untuk mengenali posisi sidik jari tangan.

Performa Yang Mumpuni Untuk Berbagai Aplikasi

Lenovo Vibe P1 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 614 dengan empat inti utama berkecepatan masing-masing 1,5GHz yang ditemani dengan RAM 2 GB—namun RAM yang tersisa hanya 1 GB. Di atas kertas, spesifikasi ini bisa dibilang sudah cukup untuk aktifitas sehari-hari, seperti bermain game, chatting, menonton video, dan mengakses media sosial.

Untuk melakukan pengujian yang lebih mendalam, kami melakukan uji coba dengan memainkan sejumlah game kelas berat, seperti VainGlory, Real Racing 3, dan Stormfall yang dapat diunduh secara cuma-cuma di Google Play Store.

Secara keseluruhan, ketiga game tersebut berjalan lancar di Lenovo Vibe P1 dan kami tidak mengalami lag sama sekali. Bahkan saat beralih dari satu game ke game yang lain maupun antar aplikasi, smartphone ini tidak mengalami kendala sama sekali.

Namun bukan berarti performa smartphone ini tidak mengalami kekurangan. Salah satu hal yang menjadi kekurangan adalah performa dari GPU Adreno 405 yang digunakan smartphone ini. Karena dalam game Real Racing 3, garis-garis yang muncul sangat tidak rata. Begitu juga dengan FPS yang sangat rendah membuat seolah-olah terjadi lag saat memainkan Real Racing 3.

Pengujian berikutnya adalah menggunakan AnTuTu, sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk menguji patokan performa dari sebuah smartphone. Skor keseluruhan Lenovo Vibe P1 adalah 34.831 dan jika dilihat di bagian Ranking dalam aplikasi AnTuTu,smartphone ini berada di peringkat ke-27 berada jauh di bawah Xiaomi Redmi Note 3 yang bertengger di posisi ke-20. Dengan menggunakan Geekbench 3, didapati skor single-core adalah 642 dan multi-core adalah 2435.

Kapasitas Baterai Besar dengan Konsumsi Yang Cepat

Nilai jual utama dari smartphone ini adalah kapasitas baterai yang sangat besar, yaitu 5.000 mAh. Kapasitas yang besar juga bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone lain melalui kabel OTG. Selain itu Lenovo Vibe P1 juga dilengkapi dengan kemampuan Fast Charging, yang disebut Rocket Charging oleh Lenovo.

omsiv3l

Dengan teknologi ini, Lenovo mengklaim bahwa dengan melakukan charging selama 10 menit saja mampu memberikan daya ke smartphone ini untuk 10 jam ke depan. Dalam pengujian yang kami lakukan, kecepatan Lenovo Vibe P1 untuk daya baterai dari kondisi 50 persen ke 100 persen memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Selama melakukan uji coba kurang lebih satu minggu, baterai Lenovo Vibe P1 bertahan rata-rata hingga satu hari lebih, tergantung pemakaian. Sedikit hal yang menjadi kendala adalah smartphone ini tetap mengonsumsi daya yang cukup besar saat berada di kondisi terkunci dan terhubung dengan Wi-Fi. Begitu juga saat digunakan untuk bermain game maupun menonton video, konsumsi daya digunakan bisa dibilang cukup cepat.

Untuk menghemat pemakaian daya, Lenovo Vibe P1 memiliki sebuah tombol Switch yang didedikasikan untuk menghemat daya. Jika diaktifkan, Lenovo Vibe P1 akan masuk ke mode Ultimate Power Saver dan juga tampilan antarmuka yang berubah. Dalam mode ini, kamu hanya akan bisa menggunakan beberapa aplikasi saja, seperti SMS, Contact, dan Dialer.

Fitur ini sangat bermanfaat bila tingkat baterai Lenovo Vibe P1 sudah sangat minim. Akan tetapi yang menjadi kejanggalan adalah mengapa smartphone yang memiliki kapasitas baterai besar, malah memerlukan sebuah mode khusus untuk menghemat daya.

Kesimpulan

Smartphone ini resmi diluncurkan pada Oktober 2015 lalu dan baru masuk ke Indonesia pada awal tahun 2016. Secara keseluruhan Lenovo Vibe P1 merupakan smartphone yang cocok bagi kamu yang ingin smartphone dengan layar lebar, memiliki daya tahan baterai tahan lama, dan performa yang mumpuni. Ketiga kriteria tersebut sangat sesuai dengan karakteristik smartphone yang dibanderol dengan harga Rp3,9 juta ini. Lihat juga: Harga Smartphone Lenovo

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s