Membersihkan kendaraan dengan tepat dan efisien bisa menghemat waktu dan tenaga, sekaligus bisa membuat kendaraan selalu terlihat seperti baru. Jika kamu membersihkannya sembarangan bisa memakan waktu lebih lama dan berisiko merusak atau menggores permukaan cat, serta membuat body kendaraan menjadi mudah karat.

Kendaraan modern umumnya mengalami proses pengecatan dalam dua tahap dengan finishing clear-coat, sehingga lapisan cat terlihat lebih bagus dan tahan lebih lama dibanding pernis akrilik atau enamel yang digunakan pada mobil lama. Namun finishing clear-coat sensitif terhadap abrasi dan bahan kimia. Bila lapisan ini hilang, lapisan cat bawahnya akan cepat rusak.

Nah berikut adalah tips mencuci mobil secara efisien dan aman bagi mobil Anda:

– Tidak membersihkan debu pada body kendaraan dengan lap kering; partikel kecil dari debu dan pasir pada permukaan bisa menggores cat kendaraan.
– Tidak mencuci kendaraan dibawah panas terik matahari; air dingin bisa membuat body mobil terkontraksi, sehingga bisa menyebabkan lapisan atas cat kendaraan rusak.
– Pastikan jendela dan sunroof ditutup sebelum mencuci mobil; semprot dengan ringan dan singkat sekitar tepi jendela, sunroof dan tutup dek belakang, kemudian periksa apakah terlihat ada kebocoran.
– Sebelum mencuci mobil semprot semua bagian untuk menyingkirkan debu pada permukaan; kemudian bersihkan dan lap semua bagian permukaan eksterior seperti kaca jendela dan sunroof, bemper, spion, pelek dan ban.
– Gunakan air dari selang bukan dari ember, untuk membasahi dan membilas mobil; ember terbatas dalam menampung air dan ketika kamu membilas kain atau spon, kotoran yang ditransfer ke air kembali ke kain.
– Gunakan spon, kain lembut (handuk bekas atau kaos bekas) atau lap berbahan katun; sikat gigi bekas dan cotton bud bermanfaat membersihkan sela-sela yang sempit.
– Untuk menghindari goresan, ikuti kontur permukaan bukan lap secara memutar; bilas lap sesering mungkin untuk menyingkirkan lemak dan partikel debu dan tekan dengan lembut. Menekannya dengan keras hanya akan menggores dan merusak cat.
– Pakai pembersih lembut; gunakan produk pencuci mobil komersil, bukan sabun pencuci piring atau deterjen, karena dapat menghilangkan lapisan pelindung cat kendaraan.

Bhinneka.com menyediakan berbagai kebutuhan untuk membersihkan dan mencuci kendaraan kamu.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s