Browsing lemot, streaming putus-putus, sinyal WiFi lemah, area tidak terjangkau, menjadi salah satu masalah menjengkelkan ketika sedang online. Beberapa trik ini bermanfaat meningkatkan sinyal WiFi dirumah.

Jangan sembunyikan router
Banyak orang menyembunyikan router mereka karena kurang sedap dipandang atau alasan lain. Namun menempatkan router dalam lemari maupun kotak penyimpanan menjadi salah satu penyebab WiFi melemah. Dinding dan pintu juga dapat menghambat kekuatan sinyal.

Pilih lokasi ditengah rumah dan tempatkan router diatas meja atau rak buku. Beberapa router dirancang menyebar sinyal wifi kebawah dan menempatkannya agak tinggi dari lantai membuat sinyal WiFi terdistribusi merata disekitar rumah.

Jauhkan dari alat rumah tangga dan objek metal
Microwave, telpon nirkabel, lampu pendar bahkan router dirumah atau apartemen tetangga bisa menggangu sinyal WiFi. Agar gangguan berkurang, tempatkan router agak jauh dari alat rumah tangga kemudian memasangnya pada channel dan frekuensi wireless yang berbeda. Kebanyakan router memiliki pilihan otomatis untuk menemukan frekuensi terbaik dilokasi kamu.

Reset secara teratur
Kedengarannya sederhana, namun masalah teknis umumnya selesai hanya dengan reset atau reboot router secara teratur. Bila kamu memiliki stop kontak dengan timer, bahkan tidak perlu repot dengan urusan tersebut. Set waktu untuk reboot router sekali dalam sehari bukan pada jam sibuk.

Update firmware
Menjalankan update firmware mungkin kegiatan menjengkelkan dan memakan waktu. Namun bila memiliki router lama, pastikan update firmware router kamu agar selalu beroperasi dengan baik dan efisien. Sebaiknya ganti router yang lama dengan yang baru setiap tujuh atau delapan tahun.

Atur antena router
Router biasanya memiliki dua antena yang bisa disesuaikan posisinya. Jika sejajar saatnya memposisikan antena tegak lurus. WiFi beroperasi paling baik bila sinyal sejajar dengan antena internal perangkat. Antena internal berposisi horisontal dilaptop dan vertikal dikomputer dekstop, serta bervariasi diperangkat mobile tergantung bagaimana kamu memegangnya. Memposisikan antena router tegak lurus satu sama lain, akan memastikan hubungan sinyal yang solid antara jaringan rumah, smartphone maupun laptop.

Lindungi jaringan dengan password
Karena kecepatan WiFi rumah tergantung pada berapa banyak orang yang menggunakannya dalam satu waktu dan kapasitas bandwith yang tersedia, membuat kamu perlu menguncinya dengan password untuk memastikan hanya orang yang berwenang bisa mengakses jaringan kamu.

Gunakan repeater
Sebagian besar router memiliki jarak jangkau sekitar 45 meter. Bila memiliki rumah besar, perangkat dan komputer dikamar terjauh dari router akan sulit terhubung pada jaringan WiFi. Cara termudah meningkatkan jangkauan dan kekuatan sinyal di area tersebut adalah dengan membeli repeater WiFi yang bisa dipasang pada setiap stop kontak, untuk meningkatkan jangkauan dan kekuatan sinyal hingga keujung rumah.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s