Barbel atau dumbbell merupakan salah satu alat olahraga yang murah, fleksibel dan mudah digunakan yang membuat kamu bisa melakukan berbagai latihan untuk meningkatkan kesehatan. Barbel bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, membakar kalori, membangun otot atau meningkatkan daya tahan otot. Tentu saja ini tergantung pada bobot barbel, rutinitas, jumlah pengulangan dan kecepatan saat kamu menggunakannya.

Barbel memiliki bobot kecil dan bebentuk seperti huruf I Romawi. Kamu bisa membeli barbel dengan berat yang berbeda mulai dari yang ringan berbobot 2KG, untuk digunakan selama olahraga aerobik atau saat menggunakan treadmill maupun sepeda statis. Barbel berbobot lebih berat memungkinkan kamu membentuk otot tubuh. Berikut manfaat yang bisa kamu peroleh dari olahraga menggunakan barbel.

Memperkuat Otot
Kamu bisa memperkuat otot menggunakan barbel berbobot lebih berat untuk meningkatkan masa otot dan membantu membakar lebih banyak kalori. Center for Disease Control merekomendasikan kombinasi latihan ketahanan dengan latihan kardio untuk membentuk tubuh dengan barbel atau sekedar memperkuat otot.

Kesehatan Jantung
Menggunakan barbel bisa meningkatkan denyut jantung dan bermanfaat membuat jantung lebih sehat. Pemula bisa memulai latihan dengan kecepatan santai untuk meningkatkan stamina kardio dengan barbel berbobot paling ringan selama 30 menit atau lebih. Kemudian meningkat dengan melakukannya sambil aerobik yang bermanfaat memperkuat jantung dan berbagai manfaat kesehatan lain.

Berat Badan
Olahraga aerobik sambil menggunakan barbel mampu membakar kalori lebih banyak karena membuat denyut jantung meningkat. Melakukan aerobik untuk menurunkan berat badan bermanfaat mengurangi resiko penyakit seperti diabetes, penyakit jantung koroner, stroke, nyeri punggung dan tekanan darah tinggi. Jenis latihan penurunan berat badan selain membakar kalori, juga bermanfaat meningkatkan kekuatan otot, daya tahan otot dan kekuatan jantung.

Daya Tahan Otot
Jika aktif berolahraga, kamu bisa menggunakan barbel untuk meningkatkan daya tahan otot atau meningkatkan kemampuan kamu dalam menggunakan otot seperti saat bermain tenis maupun voli. Olahraga dengan barbel lebih sedikit mengandalkan berat badan dan pengulangan dalam setiap latihan membuat daya tahan otot lebih kuat dibanding melakukan olahraga binaraga.

Kepadatan Tulang
Latihan angkat beban membantu meningkatkan kepadatan tulang sehingga mengurangi resiko patah tulang. Barbel merupakan cara ideal meningkatkan kesehatan tulang para manula, karena bisa melakukannya sambil duduk atau berbaring sekaligus bisa memilih bobot yang sesuai dengan kemampuan.

Nah, sekian 5 manfaat barbel.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s